Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Sebelum Investasi, Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Reksadana

1 min read

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Reksadana

Meskipun terkenal sebagai salah satu platform investasi yang praktis dan mudah, Reksadana memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Apabila anda adalah calon investor di Reksadana maka amatilah terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Reksadana. Penting untuk mengetahuinya agar anda terhindar dari resiko kesalahan dan dapat lancar berinvestasi. Berikut ulasannya.

Kelebihan Dari Investasi Reksadana

Menjadi salah satu platform investasi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, tentu saja Reksadana memiliki begitu banyak kelebihan. Tidak salah apabila kemudian banyak dari investor yang memilih platform Reksadana sebagai tempat pertama melakukan atau belajar investasi. Saat berinvestasi di Reksadana anda akan merasa lebih praktis dan aman karena berada di pengawasan OJK.

Keamanan dari berinvestasi di Reksadana tidak perlu diragukan lagi, pengelolaan investasi Reksadana dilakukan oleh orang – orang berpengalaman dan profesional. Apabila anda menggunakan platform ini akan ada pihak Manajer Investasi yang menjadi pihak pengelola dari investasimu. Namun perlu diketahui bahwa ada kelebihan dan kekurangan Reksadana untuk Manajer Investasi Reksadana.

Salah satu kelebihannya adalah membuat potensi return untuk investasi anda semakin tinggi. Dengan bantuan dari Manajer Investasi, analisis saham akan dilakukan dengan detail dan teliti. Oleh sebab itu, pencapaian return akan lebih berpotensi daripada dilakukan sendiri terlebih apabila belum memiliki pengalaman. Resiko buruk yang dapat terjadi pada investasi anda akan berkurang.

Kelebihan selanjutnya dari Reksadana ini adalah nominal dari memulai investasi terbilang cukup kecil. Hanya dengan 10 ribu hingga 100 ribu saja anda sudah bisa membuka rekening investasi saham. Nominal kecil ini membuat banyak kalangan dapat belajar mengenai saham. Berbeda apabila anda melakukan investasi saham sendiri yang tentunya harus menyesuaikan harga saham per lot nya.

Kekurangan Dari Investasi Di Reksadana

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Reksadana

Memiliki kelebihan yang cukup banyak, Reksadana juga mempunyai kekurangan yang perlu untuk diketahui para calon investornya. Kekurangan dari Reksadana yang pertama adalah adanya resiko. Akan selalu ada resiko saat melakukan investasi jenis apapun. Pada reksadana, resiko akan disesuaikan dengan jenis jenis reksadana. Ada yang memiliki resiko paling tinggi dan ada yang cenderung stabil.

Resiko paling tinggi dari berbagai jenis Reksadana adalah jenis Reksadana Saham. Jenis tersebut memiliki resiko yang tinggi dengan keuntungan yang tinggi pula. Bagi anda yang memiliki watak cenderung sebagai investor agresif maka jenis tersebut akan cocok bagi anda. Tak hanya itu, kelebihan dan kekurangan Reksadana ini perlu untuk diamati kembali.

Kekurangan dari Reksadana adalah adanya biaya tambahan yang harus anda tanggung. Biasanya biaya tambahan ini digunakan untuk membayar biaya Manajer Investasi yang telah mengelola investasi. Fee ini juga akan dialokasikan untuk membayar biaya penyimpanan hingga operasional yang lainnya. Anda bisa mendapatkan data pengeluaran biaya melalui laporan Reksadana.

Hal yang menjadi kekurangan dari berinvestasi di Reksadana adalah resiko salah dalam memilih Manajer Investasi. Anda dibebaskan dalam memilih Manajer Investasi, oleh sebab itu anda harus pintar – pintar memilih Manajer Investasi yang menghasilkan return yang konsisten meningkat serta mengawasi track recordnya dalam menangani investor sebelumnya.

Apabila tidak maka anda akan mendapatkan Manajer Investasi yang bisa saja tidak bertanggung jawab mengenai investasi anda. Ada beberapa Manajer Investasi yang mungkin kinerjanya tidak sesuai dengan ekspektasi anda. Oleh sebab itu, pastikan bahwa anda telah mengetahui kelebihan dan kekurangan Reksadana khususnya untuk Manajer Investasi.

Itulah beberapa hal mengenai kelebihan dan kekurangan dari berinvestasi di Reksadana. Sebagai seorang calon investor di Reksadana, penting untuk dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan platform atau tempat anda berinvestasi. Dengan begitu proses investasi anda akan berjalan lancar dan terhindar dari resiko. Disisi lain, selain berinvestasi akan lebih baik memiliki tabungan.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.