Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan

3 min read

prospek kerja lulusan ilmu komunikasi

Prospek kerja lulusan ilmu komunikasi lumayan cukup menjanjikan, bagaimanapun juga komunikasi dibutuhkan dalam berbagai bidang yang dilakukan oleh manusia. Manusia sebagai makhluk sosial di dalam kesehariannya tidak pernah lepas dengan yang namanya komunikasi. Oleh karena itu studi tentang komunikasi ini menjadi salah satu hal yang penting, di dalamnya terangkum semua teori yang dapat diaplikasikan ke dalam berbagai bidang.

Lalu, apa saja prospek kerja ilmu komunikasi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Ilmu Komunikasi ?

Ilmu komunikasi merupakan sebuah ilmu yang sangat luas, di dalamnya dipelajari bagaimana cara manusia berkomunikasi dan berinteraksi baik itu secara verbal ataupun non verbal. Jadi di dalam studinya, mahasiswa tidak hanya belajar bagaimana cara berbicara tetapi ada banyak komunikasi yang dipelajari disini, seperti komunikasi intrapersonal (dengan diri sendiri), komunikasi interpersonal (dengan orang lain), komunikasi kelompok, organisasi hingga massa.

Banyak ilmu lain yang menjadi turunan dari komunikasi, sebut saja jurnalistik, hubungan masyarakat, advertising, desain komunikasi visual, komunikasi pemasaran dan masih banyak lainnya. Pada program studi ini, mahasiswa akan dilatih untuk bisa menyampaikan pesan yang efektif dan dapat mencapai sasaran yang ditujunya.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Prospek kerja untuk para lulusan ilmu komunikasi ini sangat beraneka ragam, apalagi saat ini komunikasi merupakan bagian yang sangat penting di dalam masyarakat kita.

Berbagai macam media baik yang konvensional seperti televisi, radio, koran dan majalah ataupun media online berkembang dengan sangat cepat. Seorang lulusan ilmu komunikasi berpeluang besar bekerja dalam berbagai media tersebut, tidak hanya itu peluang untuk bekerja di bidang lain juga sangat besar.

Berikut ini akan saya rangkum beberapa prospek kerja lulusan ilmu komunikasi yang perlu anda ketahui.

Blogger

Blogger mungkin dulunya seringkali dianggap sebagai sebuah hobi, tetapi saat ini pekerjaan tersebut tidak bisa dianggap remeh. Banyak blogger yang memiliki penghasilan mencapai puluhan juta rupiah sebulan dan bahkan lebih. Lulusan ilmu komunikasi karena telah mempelajari bagaimana cara menyampaikan informasi yang masuk ke para pembacanya, maka ia berpeluang besar menjadi sebuah blogger yang baik. Dengan ilmu yang dipelajarinya di kampus, seharusnya ia bisa membuat tulisan-tulisannya menjadi viral sehingga blognya menjadi banyak dikunjungi orang.

Salah satu blogger yang menarik untuk dicoba adalah menjadi travel blogger. Selain mendapatkan uang dari tulisannya, ia juga dapat liburan sambil menikmati berbagai macam objek wisata yang ada.

Dengan kemampuan menulis dan mencari informasi yang dimiliki lulusan ilmu komunikasi, maka prospek kerja baginya di sektor ini untuk sukses sangatlah besar. Dengan mempunyai blog tentang travelling yang berpengunjung banyak.

Ia juga bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari promosi iklan ataupun bekerja sama dengan travel untuk membuat sebuah paket wisata.

Presenter

Bagi anda seorang lulusan ilmu komunikasi, menjadi presenter bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus. Bekerja sebagai presenter merupakan sebuah pekerjaan yang menyenangkan, anda akan membawakan acara atau event baik skala besar maupun kecil.

Apalagi jika nama anda sudah terkenal dan bisa masuk dalam televisi, tentunya pundi-pundi uang yang didapatkan jumlahnya cukup besar. Menjadi seorang presenter televisi yang terkenal merupakan salah satu prospek kerja ilmu komunikasi yang di didambakan.

Banyak sekali presenter televisi terkenal yang memiliki penghasilan cukup besar, sebut saja Najwa Shihab, Feni Rose, Andy Noya dan lain sebagainya.

Wartawan

Seorang wartawan tugasnya adalah menulis dan melaporkan berita tentang suatu kejadian yang diliputnya. Pekerjaan satu ini tidaklah mudah, karena dibutuhkan sebuah keberanian dan komitmen dalam menyajikan sebuah berita yang sesuai fakta di lapangan. Banyak wartawan yang mendapatkan ancaman dari berbagai pihak, untuk tidak menyampaikan sebuah fakta yang lihatnya.

Menjadi seorang wartawan tidak hanya perlu memiliki ilmu untuk menyampaikan informasi yang baik, tetapi juga keberanian untuk menyajikan informasi ketika mendapatkan ancaman-ancaman. Selain itu, menjadi wartawan memiliki jam kerja yang cukup padat dan seringkali ketika akhir pekan dan hari libur pun masih harus bekerja.

Walau begitu, peluang kerja satu ini juga tidak bisa disepelekan karena dari sisi finansial cukup bagus serta dianggap orang sebagai salah satu pekerjaan tersohor.

Fotografer

Menjadi fotografer tidaklah hanya memotret gambar saja, akan tetapi ia harus merancang, merencanakan dan mempersiapkan proses foto. Foto yang dihasilkannya harus bisa mengkomunikasikan maksud dari pembuatan foto tersebut. Pekerjaan ini juga bisa dimasuki oleh seorang yang menjadi lulusan Ilmu Komunikasi, dengan kemampuan yang anda miliki maka anda bisa menghasilkan foto-foto yang sesuai tujuan pembuatannya. Misalnya saja foto untuk keperluan periklanan harus seperti apa agar bisa menarik para viewernya untuk membeli produk yang diiklankan.

Editor

Editor merupakan pekerjaan yang banyak diminati orang, tugasnya adalah untuk mencari, memperbaiki dan mempublikasikan sebuah naskah. Pekerjaan ini memiliki banyak sekali lowongannya, anda bisa menjadi editor sebuah buku, majalah, koran, film dan masih banyak lagi.

Pekerjaan ini memiliki penghasilan yang lumayan bagus, apalagi jika anda bisa menjadi sebuah editor di dalam media yang cukup terkenal. Tentunya penghasilan puluhan juta perbulan bagi seorang editor media besar bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan.

Public Relation

Public relation merupakan sebuah pekerjaan yang menghubungkan masyarakat dengan instansi yang mempekerjakannya. Tugas pekerjaan ini adalah membawa perusahaannya dikenal secara publik dan memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat. Banyak perusahaan yang mempekerjakan seseorang untuk menjadi bagian public relationnya, mereka biasanya akan mengurusi pernyataan pers baik melalui media konvensional maupun internet.

Periklanan

Agar sebuah produk dapat dikenal oleh masyarakat luas, maka ia perlu dipromosikan melalui iklan. Menjadi orang yang bekerja di bagian periklanan merupakan prospek kerja besar bagi lulusan ilmu komunikasi. Hal ini karena ilmu yang dimilikinya dapat membuat kelancaran promosi sebuah produk. Seorang lulusan ilmu komunikasi harusnya dapat membuat sebuah iklan yang baik sehingga produk yang dipromosikannya menjadi dikenal baik oleh masyarakat luas.

Youtuber

Menjadi youtuber saat ini menjadi sebuah pekerjaan yang banyak digandrungi oleh masyarakat luas. Perkembangan dunia online menjadi pundi-pundi uang yang masuk kepada youtuber menjadi semakin besar. Banyak orang yang menginginkan pekerjaan ini dikarenakan pemasukannya yang berasal dari Google Adsense ataupun dari mengiklankan sebuah produk di videonya.

Seharusnya seorang lulusan ilmu komunikasi dapat menjadi seorang youtuber yang sukses. Hal ini dikarenakan ia telah dibekali dengan kemampuan bicara dan menyampaikan informasi yang tepat semasa studinya. Seharusnya ia dapat membuat sebuah konten video kreatif yang membuat penontoonnya tertarik untuk memviralkannya.

Penyiar Radio

Hingga saat ini radio masih menjadi sebuah media massa yang banyak didengarkan oleh orang. Menjadi seorang penyiar radio menjadi prospek kerja yang bagus bagi seorang lulusan ilmu komunikasi. Hal itu dikarenakan dalam pekerjaan ini dibutuhkan bagaimana cara berbicara dan menginformasikan sesuatu dengan baik. Tentunya hal tersebut seharusnya sudah dikuasai secara fasih oleh para lulusan jurusan ini bukan?

0
Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *