Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi yang Menjanjikan, Masa Depan Cerah

3 min read

prospek kerja lulusan akuntansi

Akuntansi merupakan sebuah bidang studi yang mempelajari tentang metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Fungsi laporan keuangan ini tentu sangat penting sekali dalam sebuah perusahaan dan berkaitan erat dengan proses pengambilan keputusan yang ada disana. Oleh sebab itu, prospek kerja lulusan akuntansi sangat luas karena banyak sekali perusahaan yang membutuhkannya, baik itu perusahaan besar maupun kecil.

Mengapa Memilih Jurusan Akuntansi ?

Sejak dulu jurusan ini banyak diminati oleh para calon mahasiswa di Indonesia, jurusan ini menjadi yang kedua untuk urusan jumlah peminatnya di SBMPTN. Bukan tanpa alasan mengapa jurusan ini banyak peminatnya, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anda memilih jurusan akuntansi untuk studi anda.

  1. Setiap perusahaan di berbagai sektor membutuhkan seorang staf akuntansi sehingga prospek kerja jurusan ini sangat menjanjikan. Seorang lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai sektor sehingga lowongan kerja yang bisa dilamar sangat banyak.
  2. Jenjang karir yang dimiliki alumni jurusan ini, khususnya untuk bagian keuangan sangat menjanjikan. Banyak alumni jurusan ini yang memiliki penghasilan besar, sehingga kehidupan finansialnya cukup terjaga.
  3. Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha, kuliah di akuntansi bisa menjadi pilihan yang tepat karena anda menjadi bisa untuk menyusun keuangan usaha anda dengan baik.
  4. Bagi yang tidak ingin menjadi seorang staff di perusahaan, selain menjadi pengusaha lulusan akuntan juga bisa mendirikan kantor akuntan publik ataupun kantor konsultan pajak.

Prospek Kerja Akuntansi

Setelah melihat alasan mengapa memilih jurusan akuntansi di atas, maka kita jadi mengetahui bahwa jurusan ini memiliki prospek yang cukup bagus. Bahkan meskipun sebenarnya jurusan ini masuk ke dalam rumpun sosial, banyak siswa yang berasal dari jurusan IPA berminat untuk memasukinya. Hal ini tentunya tak bisa dilepaskan dari prospek kerja jurusan ini yang menjanjikan.

Berikut ini akan saya ulas beberapa prospek kerja yang bisa diikuti lulusan Akuntansi ketika sudah lulus nanti.

Akuntan Publik

Prospek kerja lulusan akuntansi yang pertama adalah akuntan publik, merupakan seorang akuntan independen yang tugasnya menganalisis laporan keuangan suatu perusahaan atau proyek yang di tugaskannya. Akuntan publik tidak terikat pada perusahaan, ia mendapatkan upah berdasarkan beban kerja yang dikerjakannya.

Biasanya seorang akuntan publik akan melakukan audit laporan keuangan, pemeriksaan operasional perusahaan, audit laporan pajak dan konsultasi kebijakan keuangan.

Tentunya seorang akuntan publik tugasnya memberikan opini netral sebagai pembanding yang dilakukan auditor internal yang ada di sebuah perusahaan.

Untuk menjadi seorang akuntan publik, selain menjadi lulusan jurusan akuntansi juga harus memiliki sertifikat CPA (Certified Public Accountant). Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, akan dilakukan ujian tentang pengetahuan umum yang diperlukan oleh seorang akuntan publik.

Ujian CPA ini memiliki tiga tingkatan, yaitu dasar, profesional dan profesional. Untuk soal penghasilan yang bisa didapatkan seorang akuntan publik, biasanya sekitar 4 hingga 8 juta per bulan untuk fresh graduate dan sekitar 8 hingga 12 juta rupiah per bulan untuk yang sudah senior.

Auditor Internal

Setiap perusahaan pasti membutuhkan seseorang untuk menjadi auditor internalnya, tugasnya untuk mengaudit laporan keuangan yang ada di dalam perusahaan. Auditor internal bertugas untuk memastikan seluruh manajemen di perusahaan tidak melakukan penyimpangan yang dapat membuat kerugian.

Selain membutuhkan ketekunan untuk mengaudit seluruh laporan keuangan di perusahaan, pekerjaan ini juga membutuhkan kejujuran tinggi. Hal itu dikarenakan seringkali manajemen yang ketahuan menyimpang, akan menggoda anda dengan sejumlah uang agar tidak membuka penyimpangan yang dilakukannya.

Prospek kerja pekerjaan satu ini sangat bagus dan memiliki penghasilan yang lumayan, apalagi bila bekerja di perusahaan besar. Biasanya untuk perusahaan skala menengah, akan menawarkan insentif gaji sekitar 7 hingga 10 juta per bulannya. Jika beruntung dan mendapatkan perusahaan besar maupun asing, seorang yang bekerja sebagai auditor internal dapat mendapatkan gaji diatas 10 juta rupiah per bulannya.

Perencana Keuangan

Jumlah kalangan menengah keatas di Indonesia setiap tahunnya semakin meningkat, sebabnya perekonomian di negara kita terus berkembang dengan baik. Meningkatnya kesejahteraan masyarakat ini ternyata memberikan sebuah peluang kerja bagi seorang lulusan akuntansi.

Pekerjaan tersebut adalah seorang perencana keuangan yang tugasnya memberikan saran bagi seseorang untuk mengelola keuangan yang dimilikinya agar bisa berkembang lebih baik.

Apabila anda berminat untuk mengambil prospek kerja ini, setelah lulus sebagai sarjana akuntansi, anda perlu mengambil sertifikasi perencana keuangan yang disebut dengan CFP (Certified financial Planner). Nanti anda akan di uji pengetahuan tentang ilmu yang berkaitan dengan pekerjaan anda ini, misalnya saja tentang perencanaan keuangan, perencanaan investasi, manajemen resiko investasi, perpajakan dan lain sebagainya.

Orang yang bekerja sebagai perencana keuangan tentunya tidak akan mendapatkan gaji bulanan, penghasilan yang didapatnya tergantung jumlah jasa yang diberikan.

Biasanya sebuah firma perencanaan keuangan ini akan memberikan tarif antara 5,5 juta hingga 60 juta rupiah per tahun untuk 1 orang clientnya. Ada juga yang memberikan tarif dengan hitungan jam, biasanya untuk tarif per jam ini dari 250 ribu hingga 3 juta rupiah per jamnya.

Penghasilan yang bisa didapatkan seorang yang bekerja di bidang ini sangatlah besar apabila memiliki banyak client yang dikelola keuangannya.

Bekerja di OJK dan BI

Prospek kerja lulusan akuntansi lainnya yang tak kalah menarik adalah bekerja di instansi pemerintah yang bonafid seperti OJK dan BI. Jika anda bekerja di instansi tersebut, selain gaji tinggi anda juga akan mendapatkan status sosial yang bagus di masyarakat. Tentunya itu sesuai dengan ketatnya seleksi dan persaingan untuk memasuki kedua instansi tersebut.

Agar bisa masuk ke dalam kedua instansi tersebut, selain masalah nilai yang bagus anda juga sebaiknya meningkatkan kemampuan inggris anda. Mempelajari hard skill dan soft skill yang relevan juga bisa menjadi salah satu nilai plus ketika anda melamar pekerjaan disana. Kedua instansi milik pemerintah ini menawarkan gaji yang menggiurkan bagi para sarjana akuntansi, biasanya sekitar 16 juta rupiah per bulannya.

PNS

Lulusan akuntansi dapat bekerja di berbagai bidang kerja, termasuk salah satunya menjadi Pegawai Negeri Sipil. Semua instansi di pemerintahan pasti membutuhkan staff yang bertugas untuk mengatur keuangan di instansi tersebut. Kita bisa melihat setiap ada lowongan CPNS, pasti selalu banyak tersedia untuk lulusan akuntansi.

Menjadi PNS bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin kerja nyaman dan mendapatkan pensiun di waktu tua. Penghasilannya pun sebenarnya tidak buruk juga, sekitar 3 juta hingga 7 juta per bulan dan belum termasuk tunjangan.

Tunjangan yang didapatkan seorang PNS juga lumayan banyak seperti tunjangan prestasi, kinerja, keluarga, anak, makan dan lain sebagainya. Jika gaji dan tunjangan ditambahkan, penghasilan seorang PNS bisa mencapai lebih dari 10 juta rupiah.

Itulah beberapa prospek kerja lulusan akuntansi yang cukup menjanjikan untuk anda coba. Sebenarnya masih banyak lagi prospek kerja jurusan ini yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *