Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Prospek Kerja Alumni Agribisnis, Penghasilan Termasuk Tinggi Lho

3 min read

prospek kerja alumni agribisnis

Sebelum membahas tentang prospek kerja alumni Agribisnis, alangkah baiknya anda mengetahui tentang jurusan satu ini. Agribisnis merupakan sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana cara memajukan bidang pertanian baik secara teknik, sosial maupun ekonomi.

Tentunya program studi ini sangat cocok bagi orang Indonesia, dimana negara kita ini merupakan salah satu negara agraris terbesar di dunia.

Memang agribisnis bukanlah jurusan yang populer di tengah para lulusan SMA di Indonesia. Terbukti dengan passing grade jurusan ini yang tidak terlalu tinggi setiap tahunnya. Banyak orang yang beralasan bahwa urusan pertanian sudah ketinggalan jaman dan sekarang eranya sudah modern. Jika anda termasuk orang dengan pikiran demikian, buanglah pikiran negatif tersebut karena nyatanya lulusan agribisnis memiliki masa depan cerah.

Bekerja dibidang pertanian tidaklah salah, setiap tahunnya kebutuhan akan pangan di negara kita terus bertambah. Jika tidak ada petani siapa lagi yang akan menyuplai kebutuhan pangan kita. Seorang lulusan agribisnis bisa memanfaatkan kebutuhan pangan ini menjadi peluang usaha untuk memperkaya dirinya. Hal itu dikarenakan alumni jurusan ini dibekali bagaimana cara melakukan bisnis di bidang pertanian dan peternakan.

Prospek Kerja Agribisnis

Dengan memanfaatkan kebutuhan pangan yang terus meningkat di seluruh dunia, tentunya prospek kerja agribisnis sebenarnya sangat bagus. Prospek kerjanya juga sebenarnya cukup luas dan ada banyak pekerjaan untuk dimasuki alumni jurusan ini. Bagi anda yang penasaran tentang apa saja pekerjaan yang menjadi prospek kerja agribisnis dengan penghasilan tinggi, berikut akan saya ulas di artikel dibawah ini.

Wirausahawan

Sesuai dengan nama jurusan ini yang ada bisnisnya, prospek kerja terbesar alumni agribisnis adalah menjadi seorang wirausahawan. Bisnis di bidang pertanian prospeknya sangat bagus, tidak akan mungkin ada hari manusia tidak membutuhkan komoditas pertanian. Saat sedang pandemi covid-19 misalnya, banyak sektor lain mengalami kesulitan tetapi untuk pertanian masih sama seperti biasa.

Para pedagang beras dan sayur tetap menjual dagangannya seperti biasa. Bahkan saat ini salah satu sektor agribisnis, yaitu tanaman hias justru sedang banyak diminati orang selama pandemi Covid-19. Hal ini membuktikan bahwa bisnis di bidang pertanian termasuk tahan banting dan tidak akan ada habisnya.

Peluang berbisnis di bidang pertanian ini tidak hanya menjual komoditas pertanian saja. Anda bisa melakukan bisnis dengan menyediakan kebutuhan petani, misalnya saja alat-alat pertanian, pupuk, media tanam dan lain sebagainya. Untuk lebih eksklusif bisa juga dengan menjual media tanam untuk tanaman hias, alat-alat pertanian hidroponik atau jika ingin menyasar kalangan atas bisa dengan menjual pot keramik untuk tanaman hias berharga mahal.

Menjual komoditas pertanian juga tetap sangat menguntungkan, anda bisa membeli hasil panen petani yang relatif murah dan kemudian menjualnya ke masyarakat. Dengan ilmu yang didapatkan selama kuliah seharusnya alumni agribisnis juga memiliki inovasi untuk mengalahkan pesaingnya yang sekolahnya rendah. Misalnya saja dengan memanfaatkan internet, saat ini sudah banyak pedagang buah yang menjual buahnya di internet dan hasilnya juga cukup diterima masyarakat.

Tentunya peluang penghasilan perbulan yang bisa anda hasilkan dari berbisnis ini bisa sangat besar, tergantung tingkat kesuksesannya. Jika hanya untuk mendapatkan keuntungan 10 juta rupiah saya rasa itu sangat mudah untuk dilakukan. Nominal 10 juta per bulan ini sudah lebih baik daripada mayoritas gaji pekerja kantoran di Indonesia.

Dosen

Bagi yang tidak ingin menjadi wirausaha, anda bisa juga menjadi dosen untuk mengajarkan tentang ilmu yang anda dapatkan ke para generasi muda indonesia. Alumni agribisnis selain mengajar di jurusan agribisnis, bisa juga mengajar di jurusan pertanian. Untuk menjadi dosen tentunya kamu harus melanjutkan pendidikan S2 dan memiliki IPK diatas 3.

Masalah biaya mungkin menjadi kendala ketika ingin melanjutkan studi S2 ini. Tenang, asalkan selama anda kuliah S1 nilai anda bagus dan mencolok di kelas maka biasanya pihak kampus akan memberikan beasiswa S2 dan anda akan ditawarkan untuk menjadi dosen di kampus tempat anda menimba ilmu.

Saat ini pekerjaan dosen selain dianggap terhormat juga memiliki penghasilan yang lumayan besar. Seorang dosen muda di Universitas Negeri bisa mendapatkan penghasilan diatas 10 juta rupiah per bulannya. Itupun masih bisa bertambah lagi apabila mendapatkan proyek yang berhubungan dengan ilmu yang dibidanginya.

PNS

Beberapa lowongan pekerjaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terbuka untuk anda yang lulus dari jurusan agribisnis. Prospek kerja menjadi PNS tentu terbilang cukup bagus di Indonesia, penghasilan perbulannya pun dinilai cukup. Selain itu, jaminan sosial, kesehatan dan hari tua yang dimiliki PNS dinilai menjadi daya tarik tersendiri.

Beberapa lowongan PNS yang bisa dimasuki oleh alumni agribisnis diantaranya di Dinas Pertanian Daerah dan Kementerian Pertanian. Kedua instansi tersebut sudah pasti menyediakan lowongan bagi yang anda yang lulus dari jurusan ini. Untuk gaji perbulan seorang PNS yang baru masuk di Kementerian Pertanian sekitar 10 juta rupiah per bulan.

Pegawai Swasta

Saat ini banyak juga perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertanian, contohnya saja perusahaan bioteknologi. Tentunya perusahaan-perusahaan swasta ini membutuhkan alumni agribisnis untuk bisa mengembangkan usahanya. Anda bisa memilih bekerja di perusahaan swasta yang bonafit untuk karir yang lebih baik.

Salah satu contoh perusahaan swasta yang bisa anda lamar adalah Sampoerna Agro Group, Astra Agro Lestari Group, PT Golden Agri Resources dan masih banyak lagi lainnya. Untuk penghasilan perbulannya, apabila anda berhasil masuk ke perusahaan skala besar biasanya anda akan membawa pulang sekitar 5-15 jutaan setiap bulannya.

LSM

Ada banyak LSM yang bergerak di bidang pertanian, bekerja di LSM ini juga tergolong mulia. Salah satu sebab pertanian Indonesia kurang begitu maju dibandingkan negara tetangga adalah karena kurang pahamnya petani terhadap teknologi. Nah, pekerja LSM menjadi salah satu yang mencoba mengajari petani untuk memanfaatkan teknologi untuk kepentingan pertanian mereka.

Bekerja di LSM ini soal penghasilannya jangan disepelekan, apalagi bila lembaga tersebut berafiliasi dengan luar negeri. Biasanya standar gaji yang diberikan menggunakan dollar, sehingga jika dirupiahkan nominalnya cukup besar. Pekerja LSM yang berafiliasi dengan lembaga di luar negeri biasanya mendapatkan penghasilan perbulannya lebih dari 5 juta rupiah.

Peneliti

Ilmu pengetahuan yang ada di dunia selalu berkembang karena adanya peran peneliti. Begitu Pula dengan ilmu pertanian, setiap harinya para peneliti selalu berusaha mencoba meningkatkan produktivitas tanaman pertanian. Salah satu prospek kerja alumni Agribisnis adalah dengan bekerja menjadi seorang peneliti, misalnya saja di LIPI.

Di lembaga ini, anda bisa meneliti bagaimana cara membuat hasil pertanian menjadi meningkat. Anda bisa mencoba membuat sebuah bibit tanaman unggul baru yang memiliki panen lebih cepat atau lebih tahan terhadap hama dan penyakit. Menjadi peneliti berarti anda turut serta memajukan peradaban dunia. Soal penghasilannya pun, peneliti mendapatkan gaji yang relatif besar apalagi jika penelitian anda bisa berguna bagi masyarakat.

Itulah beberapa prospek kerja alumni agribisnis dengan penghasilan yang relatif cukup tinggi. Ada banyak pekerjaan lain yang bisa dimasuki lulusan jurusan ini yang membuat sangat jarang alumni agribisnis yang menganggur.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.