Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Hotel dan Hostel : Pengertian dan Perbedaan Keduanya Adalah

3 min read

perbedaan hotel dan hostel adalah

Bisniskuy.com – Kegiatan travelling saat ini memang sudah sangat diminati oleh masyarakat terutama kaum millennial. Tiket pesawat murah dan berbagai promo wisata menjadikan kegiatan travelling jadi semakin mudah. Salah satu hal yang paling sering diperhitungkan ketika akan bepergian adalah penginapan. Hostel adalah salah satu solusi bagi orang-orang yang bepergian dengan budget terbatas.

Orang seringkali menyebut hotel dan hostel adalah hal yang sama karena keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tempat menginap, tetapi kedua jenis penginapan tersebut ternyata berbeda. Ada beberapa perbedaan yang mencolok antara keduanya.

Pengertian Hotel

Hotel dan hostel keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tempat menginap sementara. Ditinjau dari KBBI, hotel adalah bangunan dengan kamar yang berjumlah banyak dan disewakan untuk menginap dan makan bagi orang yang sedang dalam perjalanan.

Dari pengertian tersebut, dapat diartikan bahwa hotel tidak hanya sebagai tempat menginap tetapi juga sebagai tempat makan. Bahkan beberapa hotel menyediakan fasilitas lain seperti kolam renang atau pusat kebugaran.

Pengertian Hostel

Dilihat dari KBBI, pengertian hostel adalah tempat untuk menginap dengan biaya yang murah. Biaya yang murah juga sepadan dengan fasilitas yang diberikan. Biasanya hostel hanya menyediakan fasilitas menginap yang dasar seperti kasur, almari, kamar mandi, dan pendingin ruangan.

Perbedaan Hostel dan Hotel

Setelah mengetahui pengertian keduanya, Anda bisa menilai perbedaan antara hotel dan hostel. Perbedaan tersebut meliputi:

  1. Fasilitas Kamar

Perbedaan paling mendasar antara hotel dan hostel adalah fasilitas yang dapat diterima oleh konsumen. Fasilitas kamar yang diberikan di hotel tentu lebih lengkap dibandingkan dengan fasilitas kamar di hostel.

Pada umumnya, hotel menyediakan kamar dengan berbagai fasilitas seperti bed dengan berbagai ukuran, pendingin ruangan cabinet, almari, meja, kursi, toilet dengan peralatan lengkap, hingga toiletries berupa sabun, sampo, handuk, dan sandal.

Sedangkan fasilitas kamar di hostel hanya sebatas bed, meja, kursi, almari, pendingin ruangan, dan toilet. Bahkan beberapa hostel dengan harga yang rendah, memiliki fasilitas yang lebih terbatas yaitu bed, almari, dan kipas angina dengan toilet yang digunakan bersama dengan pengguna lainnya.

  1. Fasilitas Umum

Selain fasilitas kamar, fasilitas umum yang bisa dinikmati oleh pengguna hotel dan hostel juga berbeda. Fasilitas umum di hotel meliputi kolam renang, restoran, bar, hingga pusat kebugaran. Beberapa hotel juga terhubung dengan mall melalui jalan khusus, umumnya hotel dengan fasilitas ini adalah hotel yang terafiliasi dengan mall.

Fasilitas umum di hostel juga lebih terbatas dibandingkan hotel. Beberapa hostel hanya memiliki roof top, kolam renang kecil, atau mini bar sebagai fasilitas umum. Tentu fasilitas-fasilitas ini sangat tergantung dari harga hostel yang Anda pesan.

Baik hotel maupun hostel, terkadang memberikan fasilitas sarapan yang bisa didapat. Sarapan yang disediakan juga berbeda dimana hotel memberikan sarapan yang dipersiapkan oleh chef dengan berbagai pilihan makanan sedangkan hostel terkadang menyediakan sandwich dengan teh atau kopi.

  1. Tarif

Perbedaan fasilitas yang diberikan di hotel dan hostel tentu memengaruhi perbedaan tarif keduanya. Hotel tentu mematok harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan tarif hostel. Setiap hotel dan hostel juga menetapkan tarif yang berbeda, tergantung fasilitas yang diberikan. Hotel terkadang juga menerapkan pajak diluar tarif yang dibebankan sedangkan hostel tidak.

Tarif hotel yang lebih tinggi dibandingkan hostel juga disebabkan karena hotel memiliki banyak staf yang bekerja sedangkan hostel memiliki staf yang lebih terbatas. Hotel memiliki staf mulai dari security, front liner, bellboy, jasa valet parking, chef, dan cleaning service, sedangkan staf yang bekerja di hostel umumnya hanya cleaning service dan front liner.

  1. Jenis Kamar

Hotel dan hostel masing-masing memiliki jenis kamar yang berbeda. Hotel biasanya memiliki kamar dengan tipe Standard, Superior, Deluxe, Junior Suite, dan Suite.

  1. Tipe kamar Standard adalah jenis kamar dengan fasilitas paling dasar. Jenis fasilitas yang diberikan bergantung dari tingkat bintang hotel tersebut.
  2. Kamar Superior bisa dibilang memiliki fasilitas yang sedikit lebih baik dibandingkan Standard. Biasanya kamar jenis ini memiliki ukuran kamar yang lebih besar dan pemandangan yang lebih baik dibandingkan kamar Standard.
  3. Tipe kamar Deluxe memiliki fasilitas yang berbeda-beda setiap hotel. Beberapa hotel memberikan fasilitas yang lebih baik dibandingkan kamar Superior, tetapi beberapa hotel lainnya memberikan fasilitas yang lebih bawah dibandingkan kamar Superior. Anda bisa menanyakan hal ini langsung ke staf hotel atau melihat harga dari kamar tersebut.
  4. Salah satu fasilitas yang paling menonjol dari tipe Junior Suite adalah ukurannya yang lebih besar dan terdapat ruang tamu. Penempatan ruang tamu masih berada di dalam ruangan yang sama dengan ruang tidur dan hanya dipisahkan dengan sekat.
  5. Tipe Suite bisa dikatakan sebagai tipe kamar paling tinggi di beberapa hotel. Kamar dengan tipe ini juga memiliki ruang tamu tetapi terletak di ruangan yang berbeda dengan kamar tidur sehingga tipe kamar Suite memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Jika hotel memiliki banyak tipe kamar, hostel hanya memiliki beberapa tipe kamar saja. Tipe yang paling sering tersedia di hostel adalah sebagai berikut:

  1. Private Room

Sesuai namanya, Private Room merupakan tipe kamar yang hanya dihuni oleh satu konsumen saja. Fasilitas yang tersedia hanya bed, meja, kursi, dan pendingin ruangan. Private Room umumnya memiliki 2 jenis yaitu private bathroom dan sharing bathroom.

Private room dengan private bathroom berarti kamar mandi terletak di dalam ruangan, sedangkan sharing bathroom berarti konsumen harus menggunakan kamar mandi yang terletak di ruangan dan berbagi dengan konsumen lain.

  1. Dorm

Kamar tipe dorm adalah jenis kamar yang cukup populer di kalangan backpacker. Orang-orang yang sedang budget travelling lebih senang menggunakan kamar dengan tipe ini karena harganya yang sangat terjangkau.

Pada kamar jenis ini, biasanya dalam satu ruangan terdapat lebih dari 4 bed dengan bentuk bunk bed atau tempat tidur tingkat. Beberapa hostel bahkan meletakkan 8-10 bed dalam 1 ruangan yang sama. Konsumen biasanya akan diberikan 1 loker dan 1 bed dengan sharing bathroom.

Meskipun tipe dorm memiliki fasilitas yang sangat terbatas, tetapi kamar dengan tipe ini cukup diminati. Selain karena harganya yang terjangkau, orang-orang memilih kamar jenis ini karena tidak menghabiskan banyak waktu di dalam hostel dan memilih untuk bepergian ke beberapa tempat wisata di luar.

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih kamar jenis ini adalah keamanan. Terkadang hostel tidak memisahkan konsumen menurut jenis kelamin sehingga bisa saja Anda berada di ruangan yang sama dengan konsumen berbeda jenis kelamin. Kalau Anda merasa terganggu dengan hal ini, pastikan Anda memilih dorm dengan jenis female only atau male only.

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, Anda bisa memilih baik hotel maupun hostel yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dengan pertimbangan fasilitas serta tarif yang dipatok. Hotel bisa Anda pilih kalau Anda menginginkan tempat yang lebih private dan leluasa untuk beristirahat, sedangkan hostel cocok untuk Anda yang hobi bepergian dan sedang menghemat pengeluaran.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *