Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Pentingnya User Interface dalam Aplikasi Berbasis Web

1 min read

User Interface adalah salah satu komponen yang penting dalam membangun aplikasi, khususnya aplikasi berbasis web. Hal ini semakin penting melihat fungsi web saat ini sebagai media pendukung utama dalam proses bisnis sebuah perusahaan.

Apapun jenis usaha yang dijalankan, orang akan melihat kita dari website yang kita miliki. Jika website kita terlihat profesional, memiliki user interface yang bagus, serta user experience yang memuaskan, maka orang akan lebih percaya terhadap layanan yang kita berikan.

Sebaliknya, jika web kita pas-pasan, tidak memiliki user interface yang baik, maka jangan harap akan closing, melihat web kita yang berantakan maka orang akan malas untuk melihat lebih jauh, apalagi membeli layanan atau barang yang kita jual.

Komponen User Interface

User Interface memiliki beberapa komponen sehingga dapat dikatakan bahwa web kita memilki user interface yang baik. Komponen tersebut beberapa di antaranya adalah:

Konsisten

Konsisten disini berarti setiap elemen yang ada di web bersifat seragam satu sama lain. Contohnya adalah ketika ada font A di halaman tertentu di suatu paragraf, maka di halaman lain juga harus memiliki font yang sama. Jangan sampai sama-sama text paragraf tetapi memiliki font yang berbeda-beda. Ketidak konsistenan akan membuat web kita berantakan.

Konsisten tidak hanya dalam bentuk font saja, dari sisi warna pun harus konsisten. Jika brand kita dominan warna biru, sebaiknya juga dominan dengan warna biru yang senada.

Mudah Diakses

Komponen kedua agar user interface semakin baik adalah memastikan bahwa website mudah diakses. Mudah diakses di sini ada beragam sisi yang harus kita pastikan. Sebagai contoh, pengguna/pelanggan mengakses kita dari beragam device dengan ukuran layar yang berbeda.

Kita harus memastikan bahwa web kita dapat diakses dengan baik darimanapun web tersebut diakses. Ada pengguna yang menggunakan iPhone, ada yang Android dengan ukuran layar yang berbeda-beda pula. Tampilan web kita harus dapat dilihat dan memiliki fungsionalitas yang sama apapun device nya.

Selain itu, kecepatan akses juga penting. Jangan sampai website kita lambat ketika diakses. Menurut penelitian, ketika web diakses mencapai 3 detik belum terbuka, itu saja sudah membuat orang malas untuk membuka bahkan menutup halaman yang sedang loading tersebut.

Apabila web anda mengalami masalah loading lama, mungkin anda harus menggunakan VPS untuk mempercepat loading website anda. Menggunakan VPS memang sedikit lebih mahal daripada menggunakan shared hosting biasa. Namun, biaya yang anda keluarkan tersebut akan sepadan dengan performa yang anda dapatkan.

Konten dan Navigasi yang Jelas

Faktor selanjutnya untuk meningkatkan user interface yang baik adalah dengan menggunakan konten yang tepat. Jangan memberikan informasi dalam bentuk konten yang sangat panjang sehingga membuat orang malas membacanya.

Melainkan, anda harus kreatif, misalnya membagi konten tersebut ke beberapa sub menu. Sehingga dengan cara ini maka orang akan lebih mudah memahami. Gunakan juga video dan gambar untuk memperjelas konten tersebut.

Perhatikan pula navigasi pada suatu website. Navigasi harus tersedia dan menggambarkan isi dari web tersebut. Beberapa menu navigasi yang lazim ada adalah About atau Tentang Kami, Kontak, dan menu lain terkait dengan perusahaan atau produk yang ditawarkan.

Demikian adalah beberapa penjelasan tentang bagaimana meningkatkan user interface yang baik untuk web yang anda kelola di perusahaan. Semoga dari penjelasan ini dapat meningkatkan kemampuan kita dan bermanfaat unutk yang membacanya. Terima kasih.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.