Sal
Pebisnis Keren
Seorang enterpreneur yang suka belajar hal baru tentang bisnis dan teknologi. Menulis blog adalah hobinya sejak lama
2 min read

Penting, Inilah Tanda-tanda Menstruasi yang Tidak Boleh Dianggap Enteng

Posted in Kesehatan

Menstruasi adalah kodrat dari setiap perempuan. Menstruasi atau yang disebut juga haid adalah siklus yang pasti dialami oleh perempuan dalam kurun waktu tertentu. Siklus ini kadang bisa tepat waktu, kadang juga bisa lebih cepat atau lebih lambat. Menstruasi juga tergantung dari kondisi hormon, akibatnya tidak semua perempuan dapat memprediksi kapan menstruasi akan datang.

Padahal, setiap perempuan harus bersiap-siap membawa perlengkapan-pembalut misalnya, ketika jadwal menstruasi akan segera tiba. Jika abai, maka bisa-bisa darah mens keluar ketika berada di kampus, ataupun tempat umum. Pada saat itulah perempuan harus menggunakan pembalut agar tidak tembus terkena rok/celana yang digunakan.

Tanda-tanda Menstruasi yang Harus Diperhatikan

Melihat pentingnya mengenali tanda tanda menstruasi, maka penting bagi perempuan untuk mengenali kapan menstruasi akan terjadi pada dirinya. Selain mencatat jadwal menstruasi secara rutin dengan menggunakan apps, tanda-tanda menstruasi akan kami jelaskan pada artikel berikut ini.

Premenstrual syndrome, atau yang dikenal dengan singkatan PMS adalah gejala yang dialami oleh perempuan ketika akan haid. Gejala ini berbeda-beda dari setiap perempuan. Ada gejala yang relatif ringan, tetapi ada juga yang mengalami gejala yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala ini dapat muncul kurang lebih seminggu sebelum menstruasi.

1. Mengalami Kram Perut

Gejala yang umum dialami oleh perempuan menjelang menstruasi adalah kram perut. Kram perut terjadi beberapa hari sebelum menstruasi sampai beberapa hari setelah menstruasi datang. Rasa sakit yang diakibatkan dari kram perut ini bervariasi, ada yang ringan dan ada juga yang cukup menganggu sampai tidak dapat beraktivitas dengan baik.

Kram ini terjadi karena adanya kontraksi pada bagian rahim saat meluruhkan dinding rahim.

2. Munculnya Jerawat

Jerawat yang muncul bisa jadi merupakan tanda bahwa perempuan akan segera mengalami menstruasi. Jerawat yang berkaitan dengan menstruasi biasanya muncul pada daerah dagu dan rahang, tetapi tidak menutup kemungkinan muncul juga di tempat lain.

Jerawat ini muncul karena perubahan hormon saat siklus menstruasi yang akhirnya merangsang produksi minyak berlebih. Anda tidak perlu khawatir tentang jerawat ini karena nanti akan hilang dengan sendirinya saat menstruasi berakhir.

3. Payudara Terasa Bengkak dan Nyeri

Tanda tanda menstruasi yang ketiga adalah payudara yang terasa nyeri ketika dipegang. Perasaan nyeri ini datang beberapa hari sebelum menstruasi datang. Tidak semua orang mengalami nyeri ini, ada yang bahkan tidak merasakan nyeri sama sekali.

4. Merasa Pusing

Pusing atau sakit kepala ringan juga bisa menjadi tanda akan datangnya menstruasi yang tidak lama lagi. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon estrogen yang mengganggu hormon serotonin di otak.

Demikian beberapa tanda menstruasi yang perlu diketahui oleh para perempuan. Apakah anda juga mengalami hal tersebut? atau mungkin ada gejala yang lain? bisa dishare juga disini ya.