Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Penjelasan Jenis Reksadana dan Tempat Investasi nya

1 min read

investasi reksadana

Dalam mengelola keuangan, kita mengenal bahwa investasi sangat penting untuk masa depan kita secara finansial. Salah satu bentuk investasi yang dari hari ke hari makin dikenal banyak orang adalah Reksadana.

Reksadana adalah salah satu bentuk investasi dimana investasi ini mengumpulkan dana dari masyarakan untuk kemudian ditempatkan dalam portofolio efek oleh pihak yang berpengalaman dalam mengelola investas – manajer investasi.

Mungkin anda bertanya-tanya, apa itu portofolio efek, dan apa itu manager investasi. Portofolio efek adalah adalah kumpulan efek seperti surat berharga, obligasi, saham, deposito. Sedangkan manager investasi adalah pihak yang mengelola portofolio tersebut. Misalkan kita naik grab car, maka manajer investasi adalah sopir nya. Manajer investasi ini bertugas untuk mengelola dana yang kita miliki pada sektor reksadana yang tertentu sesuai keinginan kita, atau kita bisa menyerahkan sepenuhnya ke manajer investasi. Pemilik dana, atau investor akan tentunya akan memberikan biaya jasa ke manajer investasi tersebut karena telah mengelola dana yang dimilikinya.

Setiap manajer investasi memiliki dokumen penting yang dinamakan dokumen prospektus. Di dalam prospektus ini dijelaskan semua hal penting terkait kebijakan investasi reksadana seperti legalitas, pihak terkait, bank kustodian, dan lain sebagainya.

Jika anda ingin menginvestasikan uang ke reksadana, maka wajib hukumnya untuk membaca prospektus yang dimiliki oleh manajer investasi.

Jenis Jenis Reksadana

Sebelum anda berinvestasi di reksadana, penting sekali untuk mengetahui macam-macam jenis reksadana yang tersedia. Berikut ini adalah jenis-jenis reksadana yang harus kalian ketahui:

Reksadana Pasar Uang

Jenis Reksadana yang pertama adalah reksadana pasar uang. Reksadana jenis ini mengalokasikan seluruh dana dari investornya secara 100% ke pasar uang seperti deposito, obligasi yang masa jatuh tempo nya kurang dari setahun, ataupun Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Reksadana Pasar Uang cocok untuk investasi jangka pendek yang kurang dari 1 tahun.

Reksadana Dana Pendapatan Tetap

Pendapatan tetap adalah reksadana yang memilki alokasi minimum 80% pada sektor obligasi. Reksadana ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu menengah yaitu 1-3 tahun.

Reksadana Campuran

Reksadanana campuran mengalokasikan dana maksimal 79% untuk masing-masing instrumen pasar uang, obligasi, atau saham. Reksadana jenis ini cocok untuk investasi jangka menengah sampai jangka panjang, yaitu 3-5 tahun.

Reksadana Saham

Reksadana saham memiliki alokasi minimum 80% pada instrumen saham. Reksadana jenis saham ini memiliki pertumbuhan yang sangat agresif dan cocok untuk investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun.

Tempat Investasi Reksadana

Setelah anda mengetahui tentang reksadana, selanjutnya anda harus mengetahui dimana tempat investasi reksadana yang bagus. Salah satu tempat untuk investasi reksadana adalah reksadana BCA.

Reksadana BCA merupakan produk investasi reksadana yang dikembangkan oleh Bank BCA melalui manajer investasi. Dalam hal ini BCA berperan sebagai agen penjual reksadana.

Jenis jenis produk reksadana sama seperti produk investasi reksadana lainnya, yaitu:

  1. Reksadana Pasar Uang
  2. Reksadana Terproteksi
  3. Reksadana Pendapatan Tetap
  4. Reksadana Campuran
  5. Reksadana Saham

Lalu apa saja keuntungan yang diperoleh ketika menggunakan reksadana BCA? Keuntungan yang diperoleh adalah anda akan mendapatkan pengelolaan yang profesional dipantau setiap hari oleh manajer investasi. Selain itu, manajer investasi di reksadana BCA juga akan melakukan diversifikasi portofolio. Hal ini akan meminimalisir resiko yang terjadi.

Keuntungan lain dari reksadana BCA adalah adanya transparansi. Investor akan mengetahui komposisi, resiko, dan biaya aset yang dimiliki.

Bagaimana? tertarik untuk berinvestasi di reksadana BCA? Jika iya, anda dapat segera mengunjungi kantor cabang bank BCA terdekat untuk melakukan registrasi, ataupun bertanya-tanya lebih detail tentang reksadana BCA.

Untuk melakukan pendaftaran, pastikan anda membawa dokumen seperti KTP dan NPWP.

Demikian ulasan singkat tentang reksadana BCA, semoga bermanfaat.

 

Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *