Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Retail : Pengertian Adalah, Jenis, Peran dan Fungsinya

3 min read

pengertian retail

Bisniskuy.com – Di era globalisasi saat ini, bisnis retail merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Secara garis besar pengertian retail adalah sebuah bisnis yang menjual berbagai produk, jasa, atau keduanya kepada konsumen akhir dan memiliki tujuan untuk memenuhi keperluan konsumsi pribadi maupun bersama.

Artikel berikut ini akan membahas lebih lengkap tentang pengertian retail atau eceran, fungsi dan peranannya, serta jenis-jenis dari retail. Berikut ulasan lengkapnya.

Apa Itu Retail?

Retail adalah suatu kegiatan atau aktivitas penjualan produk, baik yang berupa barang maupun jasa dan dilakukan secara eceran atau satuan langsung kepada konsumen akhir yang nantinya digunakan untuk kebutuhan pribadi atau kebutuhan rumah dan bukan untuk dijual kembali.

Seorang retailer akan mendapatkan keuntungan dari potongan harga produk yang dibelinya dalam skala besar dan dijual secara eceran atau satuan.

Pengertian Retail Menurut Para Ahli

  1. Kotler

Menurut Kolter, pengertian retail adalah penjualan eceran yang meliputi semua kegiatan yang melibatkan penjualan barang atau jasa ke konsumen untuk digunakan secara pribadi, bukan untuk bisnis.

  1. Gilbert

Gilbert menuturkan bahwa retail merupakan semua jenis bisnis yang secara langsung mengarahkan kemampuan pemasaran agar dapat memuaskan konsumen dengan berdasarkan organiasi penjualan produk sebagai inti dari distribusi.

  1. Berman dan Evans

Pengertian retail merupakan sebuah usaha bisnis untuk memasarkan atau menjual barang dan jasa ke konsumen yang digunakan nantinya digunakan untuk keperluan pribadi atau keperluan rumah tangga.

Jenis-jenis Retail

Secara umum usaha retail dibedakan menjadi lima jenis. Berikut penjelasannya:

Berdasarkan Kepemilikan

  • Independent Retail Film

Retail jenis ini yaitu pengecer yang berjalan secara mandiri dan tanpa adanya penggabungan. Contohnya yaitu; warung, ruko, toko kelontong, dan lain sebagainya.

  • Waralaba

Waralaba merupakan sistem pemasaran atau penjualan produk dimana sebuah perusahaan lain (franchisor) memberikan hak ke perusahaan lain atau perorangan (franchisee) untuk menjalankan sistem usaha tertentu dengan cara yang telah ditentukan, selama waktu tertentu yang telah disepakati bersama.

Baca juga : 14+ Ide Bisnis Franchise Minuman Menjanjikan

  • Corporat Chain

Retail jenis ini yaitu suatu kelompok usaha yang saling berkaitan satu sama lain dan berada dalam naungan manajemen yang sama yang dimiliki oleh beberapa pemegang saham. Contohnya yaitu; Departement Store, Pasar Swalayan, Superstore, dan Spacialty Store.

Berdasarkan Produk yang Dijual/Ditawarkan

Product Retailing

  • Toserba

Toserba atau yang biasa dikenal dengan nama department store merupakan perusahaan retail yang memiliki jumlah pekerja setidaknya 25 orang dan menjual produk berupa pakaian dan peralatan rumah tangga sebanyak 20% dari total produk yang dijual.

  • Speciality Store

Merupakan jenis retail yang fokus untuk menjual jenis produk tertentu. Misalnya saja toko komputer, toko mainan anak-anak, toko peralatan mendaki gunung.

  • Food and Drug Retailer (Retail Makanan dan Obat-obatan)

Merupakan jenis retail yang menjual produk berupa makanan atau minuman dan berbagai jenis obat-obatan dalam skala besar dengan harga yang murah.

  • Catalog Showroom

Merupakan jenis retail yang menjual berbagai produk merek lokal dengan harga yang relatif murah, dan memiliki area berjualan relatif kecil.

Service Retailing

  • Rented Goods Service

Merupakan salah satu jenis retail yang menyewakan produk kepada konsumen, hak kepemilikan dari produk tersebut tetap dimiliki oleh retailer. Misalnya penyewaan mobil, apartemen, dan lain sebagainya.

  • Owned Goods Service

Merupakan jenis retail yang menyediakan jasa perwatan dan perbaikan barang. Misalnya jasa perbaikan motor, komputer, dan lain sebagainya. Atau mislanya jasa perawatan taman, dry cleaning, cuci mobil, dll.

  • Non Goods Service

Non goods service adalah retail perorangan yang menjual atau menyediakan jasa tidak berbentuk fisik. Misalnya supir, baby sister, tour guide, dll.

Non Store Retailing

  • Telephone & Media Retailer

Retail ini merupakan jenis retail yang menggunakan telepon sebagai media kontrak kerja, dan menggunakan radio, surat kabar sebagai media untuk memberikan informasi kepada konsumen.

  • Mail Order

Mail order adalah salah satu jenis retail yang cara menawarkan produk-produknya melalui pos surat.

  • Vending Machines

Vending Machines adalah sebuah alat yang digunakan untuk menjual suatu produk tertentu. Misalnya mesin penjual minuman yang banyak terdapat di hotel, kantor, dan pasar swalayan.

  • Direct Selling

Sedikit berbeda dengan jenis retail yang lainnya, retail jenis ini menggunakan metode direct selling yaitu metode penjualan yang dilakukan oleh retailer secara langsung atau tatap ke konsumen tertentu.

  • Electronic Shopping

Electronic shopping merupakan metode penjualan dengan memanfaatkan perangkat TV, komputer, dan jaringan internet sebagai media untuk melakukan promosi.

Berdasarkan Penetapan Harga Jual

Masing-masing retailer/pengecer memiliki hak untuk menawarkan harga yang beragam, mulai dari yang harga rendah hingga tinggi. Setiap retailer atau pengecer bebas untuk menentukan harga jual dari produk yang ditawarkannya.

Beberapa retailer menawarkan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan retailer lainnya namun memiliki pelayanan khusus yang menarik. Salah satu contoh yang menetapkan strategi pemasaran seperti ini yaitu Specialty dan Departement Store

Akan tetapi, terdapat beberapa retailer yang memilih untuk menjual produk dengan harga yang sama dengan ada yang di pasaran atau bahkan lebih murah. Umumnya Discount Stoe menerapkan metode pemasaran seperti ini, yaitu menjual berbagai barang keperluan rumah tangga dengan harga diskon.

Berdasarkan Lokasi Perusahaan

  • Strip Develoment (Mal Strip)

Merupakan retailer yang berjualan di lokasi bagunan dengan lahan komersial yang sedang dikembangkan, dan akses menuju lokasi bangunan tersebut sangat mudah dijangkau.

  • Shopping Center (Pusat Perbelanjaan)

Merupakan jenis retail yang lokasi berdagangnya tergabung dalam satu bangunan atau komplek.

  • Downtown Central Business Distrcts

Merupakan retailer yang berjualan kawasan di pusat bisnis dan komersial yang ada di suatu kota. Kawasan tersebut bisanya disebut dengan istilah distrik keuangan atau kawasan finansial.

Peran dari Usaha Retail/Eceran

  1. Menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan jumlah yang kecil
  2. Memudahkan para konsumen untuk melihat dan memilih barang
  3. Menjaga harga jual agar tetap stabil, karena bertujuan untuk memuaskan para konsumen
  4. Berperan serta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar
  5. Dengan adanya usaha retail akan memungkinkan adanya produksi barang secara massal

Fungsi Usaha Retail/Eceran

  1. Membeli barang dari produsen atau distributor dalam jumlah yang banyak, kemudian menyimpannya lalu menjualnya secara eceran ke konsumen
  2. Memudahkan konsumen untuk memilih produk atau barang yang diinginkan
  3. Memberikan informasi terkait produk yang dijual kepada konsumen
  4. Memindahkan hak kepemilikan barang dari pengecer ke konsumen akhir
  5. Memudahkan konsumen dalam membeli suatu poduk, karena lokasi toko yang mudah dijangkau
  6. Turut serta menangani keluhan pelanggan, karena berinteraksi langsung dengan konsumen
  7. Memberikan fasilitas sewa atau kredit

Bisa disimpulkan, bahwa pengertian retailer atau pengecer bisa menjual produk yang berupa barang ataupun jasa dengan satuan yang lebih kecil atau eceran. Dan barang tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan pasar saat ini.

0
Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *