Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Kewirausahaan: Pengertian, Teori, Karakteristik, Tujuan, dan Contoh

3 min read

pengertian kewirausahaan adalah

Bisniskuy.com – Mungkin Anda seringkali mendengar istilah kewirausahaan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah Anda apa yang dimaksud pengertian kewirausahaan? Untuk mengetahui tentang kewirausahaan sebaiknya Anda paham beberapa hal tentang wirausaha, di antaranya pengertian kewirausahaan, tujuan, karakteristik, contoh, dan lain sebagainya.

Pengertian Kewirausahaan

Wira dan usaha merupakan dua kata yang membentuk istilah kewirausahaan. Wira memiliki arti pahlawan, gagah berani, berbudi luhur, teladan, pejuang. Sedangkan usaha memiliki arti yakni bekerja, melakukan perbuatan atau berbuat untuk menghasilkan sesuatu sesuai tujuan. Wirausaha adalah orang yang berusaha dan memiliki bakat untuk menciptakan produk bermanfaat dan memasarkannya.

Jika dilihat secara umum kewirausahaan adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang dalam menciptakan suatu hal yang baru dan dapat bermanfaat untuk orang lain. Produk baru yang diciptakan tersebut akan berhasil apabila produknya kreatif dan memberi nilai tambah. Pengertian kewirausahaan juga dapat didefinisikan sebagai sikap mental seseorang yang kreatif dalam menciptakan suatu hal.

Menurut Wikipedia kewirausahaan memiliki arti  sebuah proses untuk mengidentifikasi, mewujudkan, dan mengembangkan visi maupun misi dalam kehidupan. Kewirausahaan juga dapat dikatakan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menciptakan produk yang bermanfaat dan tentunya memiliki nilai jual. Sedangkan seseorang yang memiliki kemampuan tersebut dinamakan dengan wirausaha.

Lebih jelas lagi pengertian wirausaha ialah seseorang yang memiliki semangat dan keberanian untuk menciptakan sesuatu, serta mempunyai sifat kewirausahaan. Berbicara mengenai pengertian dari kewirausahaan akan sangat luas sekali. Adapun beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli, berikut di antaranya:

  1. Joko Untoro

Menurut Drs. Joko Untoro, kewirausahaan adalah keberanian yang dimiliki oleh seseorang dalam melakukan suatu upaya untuk mencukupi kebutuhan orang banyak. Upaya yang dilakukan tersebut berdasarkan kemampuan dan potensi yang dimiliki seseorang untuk menciptakan suatu hal yang dapat memberi manfaat bagi orang lain.

  1. Soeharto Prawiro

Pengertian kewirausahaan menurut Soeharto Prawiro ialah sebuah nilai. Nilai tersebut digunakan dalam memulai suatu usaha dan juga perkembangan usaha.

  1. Edy Soeryanto Soegoto

Menyatakan bahwa kewirausahaan adalah suatu hal yang didasarkan inovasi untuk menghasilkan sebuah usaha yang kreatif.

  1. Peter Drucker

Menurut Peter Drucker, kewirausahaan adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menciptakan sesuatu yang baru, kreatif, serta berbeda dengan yang lainnya.

  1. Siswanto Sudomo

Menyatakan bahwa kewirausahaan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan seorang wirausaha. Seperti seseorang yang mau berkorban dan bekerja keras demi usaha yang diupayakannya. Selain itu juga tentang keberanian dalam mengambil resiko dari apa yang diupayakan seseorang.

Teori Kewirausahaan

Jika dilihat dari segi historisnya, kewirausahaan telah dikenal sejak abad ke 16 yang diperkenalkan oleh Richard Castillon. Namun kewirausahaan baru masuk dan mulai dikenal di Indonesia pada abad ke 20. Karena telah ada sejak lama, tentunya kewirausahaan berkembang seiring berjalannya waktu. Dari perkembangannya tersebut menyebabkan timbulnya teori kewirausahaan, yakni sebagai berikut:

  1. Neo Klasik

Pada teori ini manajemen dalam suatu perusahaan hanya sekedar melakukan perhitungan matematis yang bertujuan untuk mengambil keputusan. Kalkulasi matematis yang dilakukan bertujuan untuk menentukan nilai yang optimal.

  1. Kirzerian Entrepeneur

Jika teori sebelumnya lebih memandang bahwa perusahaan adalah sebuah teknologi, berbeda dengan teori ini yang memperhatikan kinerja manusianya. Hal yang diperhatikan ialah keseriusan, keuletan, kesungguhan manusia dalam berusaha. Oleh karena itu, berhasil atau tidaknya suatu usaha tergantung pada upaya wirausaha.

  1. Teori Perilaku

Teori ini lebih menyoroti pada kemampuan berorganisasi yang dimiliki seorang wirausaha. Seorang wirausaha harus memiliki kemampuan untuk mengorganisasikan usaha yang dilakukannya. Seperti dalam kegiatan memasarkan produk, mengatur keuangan, dan lain sebagainya.

Karakteristik Kewirausahaan

Seseorang yang ingin memulai usahanya tentu harus memiliki jiwa kewirausahaan. Jiwa kewirausahaan tersebut yang menjadi sebuah karakteristik wirausaha agar mencapai keberhasilan. Berdasarkan pengertian kewirausahaan, ada beberapa karakteristik kewirausahaan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha sebagai berikut:

  1. Bekerja Keras dan Memiliki Semangat Tinggi

Seorang wirausaha harus memiliki semangat yang tinggi, hal ini bertujuan agar rasa percaya diri dapat tumbuh dalam diri seorang wirausaha. Rasa percaya diri tersebut ialah yakin bahwa apa yang dikerjakannya akan membawa pada keberhasilan. Sifat kerja keras juga sangat dibutuhkan agar apa yang sudah menjadi tekad dapat terlaksana dengan baik dan berhasil.

  1. Kreatif

Kreatif dan memiliki inovasi yang bagus sangat diperlukan bagi seorang wirausaha. Melihat kembali pada pengertian kewirausahaan bahwa produk baru yang diciptakan harus memiliki daya guna serta berbeda dengan yang lain. Oleh karena itu, dalam berusaha menciptakan sesuatu haruslah memiliki inovasi yang baik agar mendapatkan keberhasilan dalam berwirausaha.

  1. Mempunyai Keberanian

Mempunyai kreativitas saja tidak akan cukup untuk mencapai keberhasilan dalam berwirausaha. Seorang wirausaha harus berani untuk berkreasi, memulai untuk mengerjakan, dan tidak takut terhadap resiko yang akan didapatkan. Apabila seorang wirausaha tidak memiliki keberanian, maka usaha maupun kreasinya tidak akan terlaksana dan tidak akan berhasil.

  1. Menentukan Keputusan serta Melaksanakannya

Bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya keputusan. Keputusan yang dibuat dan dipilih pun harus optimal dan melalui berbagai pertimbangan. Oleh karena itu, seorang wirausaha harus mampu membuat keputusan secara cepat dan juga tepat.

  1. Menciptakan Transaksi

Kewirausahaan dalam menjual produk kepada konsumen tentunya harus ada sebuah transaksi. Oleh karena itu, sebagai seorang wirausaha juga harus memperhatikan mengenai masalah transaksi.

  1. Berjiwa Pemimpin dan Mampu Mengorganisasikan Usahanya

Seorang wirausaha harus memiliki jiwa kepemimpinan agar dapat mengendalikan segala sesuatu mengenai usahanya.

  1. Komunikatif

Dalam berwirausaha dibutuhkan sekali sifat yang komunikatif. Hal ini bertujuan agar produk dapat dipasarkan kepada konsumen dengan baik dan dapat memberi pelayanan yang baik pula kepada konsumen.

Tujuan Kewirausahaan

Seseorang yang ingin memulai untuk melakukan usahanya, tentu memiliki tujuan tertentu. Tujuan kewirausahaan tidak hanya untuk diri sendiri atau orang yang melakukan, namun juga untuk kepentingan orang lain. Berikut ada beberapa tujuan dari kewirausahaan yakni sebagai berikut:

  • Memenuhi kebutuhan orang lain atau konsumen dengan cara menciptakan produk baru yang memiliki daya guna.
  • Memperluas lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran.
  • Meningkatkan kesejahteraan hidup bagi seorang wirausaha dan juga bagi orang lain.
  • Menjadi inspirasi bagi wirausaha lain serta menumbuhkan semangatnya.

Contoh Kewirausahaan

Setelah memahami tentang pengertian kewirausahaan, karakteristik, tujuan, dan teorinya tentunya Anda akan lebih paham lagi jika ada contohnya. Pada saat ini ada banyak sekali contoh wirausaha besar maupun wirausaha kecil yang dapat dijadikan sebagai contoh kewirausahaan. Berikut merupakan contoh bidang-bidang kewirausahaan yang telah ada dan wajib Anda ketahui:

  • Kewirausahaan di bidang kuliner seperti restoran, rumah makan, cafe, penjual makanan dan minuman, warung nasi, dan lain sebagainya.
  • Kewirausahaan di bidang jasa seperti jasa pembuatan website, kecantikan, menulis artikel, dan lain-lain.
  • Kewirausahaan bidang agrobisnis
  • Kewirausahaan bidang waralaba
  • dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya kewirausahaan adalah sebuah upaya atau usaha untuk menciptakan sesuatu hal yang baru, serta hal tersebut dapat bermanfaat bagi orang banyak. Selain itu, adanya kewirausahaan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup bagi pengusaha maupun bukan pengusaha.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *