Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Pengertian Chain Block, Dimana Jual Chain Block yang Berkualitas?

1 min read

chain block

Sebagian besar orang mungkin tidak mengetahui apa itu chain block. Meskipun istilah ini sangat asing, tetapi di duania industri chain block adalah alat yang memiliki tugas penting. Chain block adalah alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan barang. Ukuran alat ini sebenarnya tidak terlalu besar, tetapi dapat menahan beban yang sangat berat.

Untuk mengenal lebih dekat alat yang bernama chain block ini, simak penjelasan dari bisniskuy.com di bawah ini.

Apa itu Chain Block?

Istilah lain dari chain block adalah chain hoist. Istilah yang lebih membumi adalah katrol. Chain block adalah alat yang digunakan untuk mengangkat, menahan, menurunkan barang yang sangat berat. 

Chain block ini terdiri dari beberapa komponen, komponen utamanya adalah rantai yang dililitkan di dua roda besi bergerigi. Selanjutnya di ujung rantai terdapat sebuah kait. Kait ini lah yang dikaitkan dengan barang yang akan diturunkan atau dinaikkan.

Mengapa Menggunakan Chain Block

Seperti penjelasan di atas, fungsi chain block adalah untuk menaikkan dan menurunkan barang yang biasanya berukuran berat. Nah, pertanyaannya mengapa menggunakan chain block? Alasannya adalah

  • Ukuran yang relatif kecil, namun dapat mengangkat beban yang beratnya sampai hitungan ton.
  • Mudah dipasang dan dipindahkan
  • Penggunaannya relatif mudah.

Penggunaan Chain Block

Setelah mengetahui apa itu chain block, tentunya anda penasaran alat ini digunakan di industri apa saja. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan chain block di dunia industri:

  • Bidang industri kontruksi: untuk mengangkat bahan bangunan, dan peralatan
  • Bidang perkapalan: untuk mengangkat mesin kapal, pipa, dan alat-alat lain
  • Bidang pertambangan: untuk mengangkat alat tambang, material tertentu, dan tentu saja hasil tambangnya.
  • Bidang manufaktur, mengangkat mesin, bahan baku dan peralatan.
  • Bidang Otomotif: untuk memindahkan mesin kendaraan, dan juga rangka kendaraan
  • Bidang hiburan, seperti event organizer: untuk mengangkan perlengkapan sound system dan panggung.

Jika anda menggunakan chain block, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar alat ini tetap awet. Selain itu, faktor keamanan adalah sesuatu yang perlu diperhatikan. Hal ini harus dilakukan agar chain block tidak mencelakai anda ataupun orang-orang yang ada di sekitar anda.

Beberapa hal yang bisa dilakukan ketika memiliki alat ini adalah:

Menghindarkan chain block dari cipratan air, terutama air yang sifatnya asam, dan juga uap juga harus dijauhkan. Hal inni dilakukan agar chain block tidak mudah berkarat. Karena jika berkarat dikhawatirkan dapat putus dan membahayakan orang-orang di sekitar.

Jangan coba-coba mengoperasikan alat ini jika anda tidak memiliki pengalaman. Hal ini dilakukan agar diri anda terlindungi. Mintalah panduan dari yang berpengalaman jika anda belum pernah menggunakan alat ini sebelumnya.

Gunakan katrol sesuai dengan kapasitasnya. Setiap chain block memiliki spesifikasi khusus yaitu kemampuan maksimal untuk mengangkat suatu beban tertentu. Jangan menggunakan chain block melebihi kemampuan dari alat tersebut.

Jual Chain Block

Jika anda bekerja di bidang yang industri maupun bidang lain yang membutuhkan alat ini, maka anda harus memastikan membeli chain block yang berkualitas di tempat yang berkualitas pula.

Salah satu jual Chain Block yang dapat diandalkan adalah di Megajaya.co.id. Hal ini karena alat yang mereka jual telah dilakukan sertifikasi sehingga sesuai dengan standar keamanan dan cocok dilakukan sesuai bidang nya.

Katrol yang dijual di Megajaya dapat memenuhi kebutuhan industri dengan kualitas yang baik dan awet.

Demikian informasi singkat tentang chain block, semoga bermanfaat.

0
Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *