Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Peluang Bisnis Lebah Madu Dengan Profit Ratusan Juta

2 min read

peluang bisnis lebah madu

Salah satu peluang bisnis yang menggiurkan adalah peluang bisnis lebah madu. Selain mudah untuk dibudidayakan, tidak membutuhkan lahan yang luas, harga madu murni juga cukup mahal.

Berdasarkan penelitian, antioksidan dan flavonoid yang terkandung dalam madu dapat mencegah terjadinya kanker, mencegah terjadinya penggumpalan darah, sehingga mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

Tips Sukses Budidaya Lebah Madu

Pada artikel kali ini admin akan membeberkan tips sukses budidaya lebah madu, modal kecil dan sekaligus keuntungan terus mengalir.

Mungkin bagi pemula yang baru saja memasuki dunia peternakan lebah madu terlihat sulit. Namun disini akan kita analisis secara menyeluruh mulai dari 0 sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Simak langkah-langkahnya berikut ini

Tahap 1: Persiapan Lahan

Adapun syarat lokasi yang mendukung keberhasilan budidaya lebah / budidaya lebah madu adalah sebagai berikut:

  • Lokasi budidaya jauh dari keramaian dan lalu lintas manusia
  • Suhu ideal Budidaya Lebah Madu kurang lebih 25 derajat Celcius
  • Prioritaskan mencari lokasi Budidaya di alam terbuka
  • Banyaknya bunga di sekitar lokasi budidaya sehingga lebah madu dapat dengan mudah menemukan makanan favoritnya yaitu nektar bunga

Tahap 2: Membuat Kandang

Sebenarnya kandang / kandang lebah madu tidak harus serumit gambar di atas dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Anda bisa membuatnya sederhana dan kreatif. Seperti memanfaatkan potongan pohon kelapa, serta laci meja yang sudah tidak terpakai. Harga 1 kandang lebah madu yang di jual online di Tokopedia dll sekitar 200 ribu – 250 ribu saja. Harga tersebut sudah termasuk rangka dalam, kandang ratu lebah & kayu kualitas terbaik berukuran lebih dari 3 cm.

Tahap 3: Pemilihan Benih

  1. Pilih benih unggul dari jenis cerana atau mellifera
  2. Masukkan kelapa dan gula kelapa agar lebah madu lebih cepat & mudah beradaptasi
  3. Masukkan bibit lebah madu bersama dengan ratu lebah ke dalam sarang yang telah disiapkan sebelumnya.
  4. Biarkan lebah madu selama 1 minggu di dalam sarang untuk memberikan waktu bagi lebah untuk beradaptasi dengan habitat barunya

Harap diperhatikan: Harga bibit lebah madu bagus yang dijual di pasaran sekitar 100 ribu – 200 ribu. Agar lebih irit dan murah anda bisa memancing / menarik lebah madu liar, tapi ini akan sedikit sulit.

Tahap 4: Perawatan Lebah Madu

Salah satu alasan bisnis lebah madu begitu menggiurkan adalah mudah dalam pemeliharaannya, tidak memerlukan keahlian khusus atau pemeliharaan rutin. Karena lebah madu bisa mencari makan sendiri, jadi biayanya tidak terlalu banyak. Berikut ini adalah pengobatan yang baik dan benar

  1. Bersihkan bagian sarang dari kotoran, semut, dan serangga pengganggu lainnya dengan menempatkan keset air di bagian kaki sarang.
  2. Periksa Lebah – Lebah, jika ada gejala penyakit, pisahkan Lebah yang sakit dari koloninya
  3. Kawanan lebah sesuai dengan lokasi di mana banyak bunga bermekaran.
  4. Jika ingin memindahkan lebah ke lokasi yang banyak bunganya sedang bermekaran, disarankan melakukannya pada malam hari saat lebah sedang tidak aktif.
  5. Berikan juga pakan tambahan yang terbuat dari gula yang dicampur air dengan kadar 1: 1, hal ini dilakukan jika pada musim kemarau dimana bunga disekitar lokasi Budidaya Lebah Madu tidak berbunga banyak.

Tahap 5: Pemanenan Lebah Madu

Berikut tahapan panen selama masa budidaya / peternakan lebah madu yang baik dan benar agar lebah tidak lepas / bubar.

  1. Panen dilakukan 2-3 minggu setelah musim bunga selesai.
  2. Kenakan APD untuk mencegah sengatan lebah, seperti: jas hujan, topi, sarung tangan & pelindung wajah.
  3. Membakar kertas, koran, daun pisang kering atau sejenisnya bisa membuat lebah berpindah sementara dari pangkalnya.
  4. Masukkan asap ke dalam kandang secukupnya, karena sebagian besar berpengaruh pada rasa madu.
  5. Singkirkan lebah yang masih menempel sedikit demi sedikit (ini dilakukan perlahan)
  6. Keluarkan madu dari bingkai dan masukkan ke dalam wadah.
  7. Pasang kembali rangka kandang / kandang agar bisa berkembang biak kembali.

Waktu terbaik untuk memanen lebah madu adalah pada hari yang cerah antara jam 9 pagi dan 4 sore, jadi secara alami hanya ada sedikit lebah yang harus ditangani.

Nah itu tadi adalah penjelasan tentang peluang bisnis lebah madu yang mungkin bisa jadi wawasan tambahan untuk kita semua. Demikian artikel ini semoga bermanfaat untuk kita semua.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *