Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Pelajari Skill yang Harus Dipersiapkan Sales Marketing di Era Digital

2 min read

Skill yang Harus Dipersiapkan Sales Marketing

Tim sales marketing adalah tim yang memiliki peran penting dalam melakukan promosi untuk perusahaan. Sales marketing ditugaskan untuk bekerjasama dan bisa mencapai hasil yang sesuai dengan target. Seorang sales marketing di era digital business setidaknya harus memiliki 5 skill kemampuan. Apa saja skill kemampuan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

5 Skill yang Harus Dipunyai Tim Sales Marketing di Era Digital Business

Membangun Kepercayaan Pelanggan

Skill pertama yang penting yang harus dimiliki oleh tim sales marketing yaitu kemampuan untuk bisa membangun kepercayaan pelanggan. Terlebih ketika melakukan internet marketing strategies. Dalam membangun kepercayaan pelanggan, terdapat beberapa faktor yang perlu untuk Anda perhatikan dan perlu untuk dilatih.

Salah satu faktor yang penting yaitu, Anda harus bisa membuat kecocokan atau kemiripan yang ada diantara kedua belah pihak, Anda dan juga pelanggan. Hal tersebut harus Anda lakukan dengan cepat atau biasa dikenal dengan teknik mirroring. Teknik ini akan memudahkan Anda sebagai tim sales marketing untuk menirukan sejumlah gerak gerik pelanggan.

Punya Kemampuan Small Talk yang Baik

Skill yang Harus Dipersiapkan Sales Marketing

Skill memiliki kemampuan small talk atau kemampuan menciptakan obrolan yang ringan menjadi skill yang sangat penting. Selain itu, skill seperti ini juga bisa Anda latih dan asah terus. Jangan langsung menawarkan sebuah produk atau jasa Anda, akan tetapi Anda harus bisa mencairkan suasana terlebih dahulu dengan pelanggan.

Small talk atau obrolan yang ringan ini bisa Anda mulai dengan menerapkan tahapan dasar seperti memberikan pertanyaan yang ringan atau memberikan pujian atas barang yang sedang pakai. Dengan langkah ini, tentunya, pelanggan akan lebih responsif dan tidak merasa risih, jika dibandingkan jika Anda langsung ke tahap menawarkan produk atau jasa.

Mahir Memanfaatkan Kalimat Persuasif

Apa itu kalimat persuasif? Kalimat persuasif merupakan kalimat yang dapat mengajak seorang pelanggan untuk tertarik membeli suatu produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan. Biasanya, kemampuan menggunakan kalimat persuasif ini didukung dengan kemampuan melakukan hypnoselling.

Kemampuan hypnoselling dalam sales marketing adalah kemampuan yang secara tidak langsung, Amda akan membuat pelanggan yang sedang Anda temui lebih sering menjawab ya atau lebih sering setuju dengan statement Anda, sehingga pelanggan akan lebih cepat dan setuju untuk melakukan pembelian pada suatu produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Membuat Penawaran yang Baik

Sebagai tim sales marketing, Anda tentunya harus mampu membuat penawaran yang baik dan menarik untuk pelanggan, hal tersebut dimaksud agar saat melakukan penawaran, Anda tidak ditolak oleh pelanggan. Untuk itu, untuk mempelajari dan berhasil pada skill ini, Anda harus terus berlatih dan mengasah kemampuan penawaran ini dengan baik.

Yang harus diperhatikan saat sedang melakukan penawaran dengan pelanggan, dalam skill ini, sales marketing adalah pihak yang tidak boleh melakukan penawaran yang sifatnya memaksa pelanggan. Jika Anda memberikan penawaran dengan cara memaksa pelanggan, maka pelanggan akan kehilangan respect kepada Anda.

Menerapkan Copywriting dengan Baik

Skill yang Harus Dipersiapkan Sales Marketing

Skill terakhir yang sangat penting, terlebih di era digital saat ini yaitu memiliki kemampuan copywriting yang baik untuk mempromosikan suatu jualan produk dan jasa Anda. Lantas, apa itu copywriting? Copywriting merupakan skill dalam merangkai suatu rangkaian kalimat, baik itu berbentuk video, gambar atau tulisan, dengan tujuan bisa memancing pembeli.

Skill copywriting menjadi skill yang sangat dibutuhkan saat ini, sebab, dengan menerapkan skill copywriting yang bagus, Anda bisa merangkai kalimat untuk penjualan produk maupun jasa Anda di media digital, sehingga bisa meningkatkan kenaikan pembeli. Skill copywriting dalam sales marketing adalah suatu skill yang bisa Anda latih dan asah terus menerus hingga bisa dan mahir

Itu tadi ulasan mengenai skill yang penting untuk Anda kuasai sebagai sales marketing terlebih di era digital seperti ini. Sales marketing penting, karena sebuah promosi membutuhkan keahlian dan kemampuan yang bagus untuk meningkatkan jumlah pembeli. Untuk itu, anda pun bisa menerapkan beberapa tips dan strategi tersebut agar kemampuan marketing semakin meningkat.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.