Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Pelajari 4 Alasan Pentingnya Penentuan Harga Jual Bagi Bisnis

2 min read

Alasan Penentuan Harga Jual Bagi Bisnis

Penentuan harga jual produk pada usaha Anda dengan benar, menjadi salah satu rahasia dari kesuksesan bisnis Anda, sebab dapat meningkatkan jumlah penjualan produk. Pada artikel kali ini, akan disajikan ulasan mengenai pentingnya menentukan harga jual suatu produk yang akan Anda jadikan bisnis. Untuk lebih lengkapnya, yuk, simak informasi di bawah ini!

Pentingnya Menentukan Harga untuk Bisnis Baru

1. Harga Menjadi Keuntungan Sendiri untuk Pelanggan

Dalam dunia bisnis, banyak pengusaha yang hanya akan memikirkan suatu margin serta keuntungan saja saat menetapkan harga dalam suatu produk yang ia jual, oleh sebab itu, banyak pengusaha yang seringkali lupa bahwa, apakah harga yang ia tawarkan akan menguntungkan pembeli atau bahkan malah pembeli merasa rugi saat bertransaksi.

Jika harga dari suatu produk yang Anda tawarkan tidak seimbang, maka sejumlah pembeli juga pasti akan merasa bahwa penentuan harga jual yang Anda tawarkan untuk produk yang Anda jual tidak menguntungkan bagi mereka, dan merasa Anda ingin meraup keuntungan yang berlimpah. Untuk itu, pastikan dulu barang tersebut memiliki keuntungan atau tidak bagi pembeli.

Contohnya yaitu, saat dalam membeli tas atau sepatu, banyak pembeli yang rela membeli produk tersebut dengan harga yang relatif sangat mahal, namun produsen dari produk tersebut bisa menjamin bahwa harga jual yang mereka tawarkan tidak hanya sekedar untuk keuntungan tokonya, akan tetapi barang yang ditawarkan pun original, berkualitas, awet serta bukan mitasi.

2. Harga merupakan Informasi Pelanggan

Harga menjadi informasi pelanggan, untuk itu, Anda jangan salah, bahwa dalam penentuan harga jual produk bukan hanya sekedar menentukan nominal angka saja, namun, Anda harus bisa menyampaikan informasi kepada pelanggan tentang produk yang akan Anda jual tersebut. Dengan patokan harga yang lebih tinggi, biasanya pembeli mengharapkan suatu produk yang berkualitas.

Apabila kenyataanya produk yang Anda jual memiliki kualitas yang menurun dengan nilai harga jual yang tinggi, alhasil pembeli akan menaruh rasa curiga yang besar, mengenai kualitas dari produk tersebut. Lantas apakah menurunkan harga merupakan tindakan yang salah? Tentu saja tidak, asalkan nilai yang diturunkan masih dalam batas yang wajar dan tidak membingungkan.

3. Harga Ditentukan Pembeli

Alasan Penentuan Harga Jual Bagi Bisnis

Tahukah Anda, bahwasannya dalam dunia bisnis, suatu strategi penentuan harga jual ditentukan bukan dari keinginan pengusaha, akan tetapi keinginan pasar. Jika Anda mematok produk dari usaha Anda dengan harga yang terlalu tinggi, tentu saja akan mengurangi penjualan dan laba. Tentu apabila mematok harga yang terlalu rendah, akan menaruh curiga pembeli.

Intinya adalah, harga dari suatu produk yang tepat didasarkan pada nilai produk yang diharapkan pembeli pada saat melakukan belanja. Disamping itu, pembeli umumnya tidak akan memperdulikan suatu nilai harga yang Anda tawarkan. Untuk itu, jangan asal dalam menentukan harga jual suatu produk usaha Anda, karena sangat krusial dampaknya pada bisnis Anda.

4. Pembeli Akan Berpikir untuk Membutuhkan Barang Anda

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan produk sepatu dari adidas bukan? Bukan menjadi rahasia lagi bahwa produk tersebut dibanderol dengan harga yang mahal, namun daya beli di masyarakat sangat tinggi. Padahal saingan dari produk yang serupa juga banyak di pasaran. Lalu mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jawabannya adalah, strategi penentuan harganya sangat baik.

Strategi harga yang baik dalam suatu produk akan membentuk mindset seperti masyarakat yang membutuhkan adidas, bukan adidas yang membutuhkan masyarakat. Konsep ini secara tidak langsung menjadikan adidas bebas untuk membanderol harga yang tinggi, karena masyarakat akan tetap berusaha membeli produk tersebut.

Itu tadi alasan pentingnya strategi penentuan harga suatu produk yang akan Anda jadikan bisnis di pasaran. Menentukan harga dari suatu produk menjadi bagian dari strategi marketing yang mana tidak bisa Anda sepelekan, selain itu juga harus mempertimbangkan faktor, salah satunya yaitu daya beli masyarakat terhadap produk tersebut.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *