Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Pahami Return Saham, Apa Saja Jenis Dan Faktor Yang Mempengaruhi Return Saham?

1 min read

Jenis Dan Faktor Yang Mempengaruhi Return Saham

Dalam melakukan investasi saham, wajib bagi anda untuk memahami return saham. Hal ini bertujuan agar anda memiliki gambaran terkait dengan hasil investasi dimasa yang akan datang. Maka dari itu, simak jenis dan juga faktor yang mempengaruhi return saham yang wajib anda pahami.

Mengenal Return Saham

Istilah saham satu ini memiliki artian sebagai pengembalian saham beserta dengan hasilnya yang dilakukan dari pihak broker ataupun perusahaan kepada investor yang sudah melakukan investasi pada perusahaan tersebut. Return saham ini bisa dilakukan apabila telah habis masa kontrak kerjasama, serta tidak dilakukannya perpanjangan atau masalah lain seperti terjadinya likuidasi perusahaan.

Terdapat dua kemungkinan yang bisa saja muncul dari hasil selisih antara harga jual saham dengan harga beli saham yang sudah ditambahkan dengan dividen atau keuntungan. Untuk yang pertama yaitu Capital Gain yang memiliki positif dengan keuntungan yang telah didapatkan dari hasil penjualan saham yang dilakukan.

Lalu kemungkinan yang kedua yaitu adanya Capital Loss. Dimana istilah ini setara dengan hasil yang negatif. Kondisi hasil ini bisa disebut sebagai investor yang mengalami kerugian ketika sedang atau setelah melakukan kegiatan jual beli saham. Tentu hal ini akan sangat dijauhi oleh banyak investor saham.

Jenis Return Saham

Sebelum memahami faktor yang mempengaruhi return saham, ada baiknya untuk mengetahui beberapa jenis return saham. Yang pertama yakni return saham realisasi yang merupakan penghitungan selisih harga saham yang berdasarkan pada data riwayat perusahaan yang berfungsi sebagai alat ukur pada kinerja perusahaan. Untuk return jenis ini sering diistilahkan sebagai return saham historis.

Selanjutnya ada return saham ekspektasi, yaitu jenis return saham yang dilakukan dalam upaya untuk pengambilan keputusan terhadap kegiatan investasi yang dilakukan. Pada return ekspektasi dinilai lebih penting jika dibandingkan dengan return historis. Sebab return saham jenis ini menjadi tolak ukur bagi para investor untuk mencapai keberhasilan transaksi saham di masa yang akan datang.

Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Return Saham

Jenis Dan Faktor Yang Mempengaruhi Return Saham

Setelah mengenal istilah return saham, pada bagian ini anda bisa mendalami wawasan seputar dunia saham terkait faktor yang mempengaruhi return saham. Faktor pertama yang dapat mempengaruhi adalah faktor makro. Return saham sendiri dapat dipengaruhi melalui faktor makro ekonomi dan juga faktor makro non ekonomi.

Adapun faktor makro ekonomi yang mempengaruhi return saham adalah inflasi, kurs valuta asing, suku bunga, serta tingkat pertumbuhan ekonomi. Tidak ketinggalan juga bahan bakar minyak pada pasar internasional serta indeks harga saham regional. Selanjutnya, yang termasuk pada faktor makro non ekonomi adalah peristiwa politik domestik dan juga peristiwa politik internasional.

Selain faktor makro, ada juga faktor mikro. Yang mana kondisi ini terjadi dari dalam perusahaan yang termasuk diantaranya adalah informasi atau data keuangan maupun non keuangan. Selain itu adapun informasi fundamental dan informasi teknikal. Pada informasi fundamental yang berasal dari internal perusahaan bisa berupa dividen, tingkat penjualan, dan ukuran perusahaan.

Namun untuk informasi teknikal, yaitu faktor yang berasal dari luar perusahaan. Diantaranya seperti ekonomi, dunia politik, dan juga keuangan. Faktor yang mempengaruhi return saham ini juga wajib anda pahami sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman anda dalam dunia saham yang akan digeluti.

Itu dia beberapa ulasan singkat seputar return saham yang bisa anda jadikan sebagai wawasan tambahan ketika hendak menjadi investor saham masa kini. Dengan mengetahuinya, maka anda juga mendapat gambaran terperinci mengenai resiko apa yang bisa terjadi kemudian hari jika anda menjadi investor saham.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.