Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Mengulik Cara Mencari Investor yang Tepat untuk Kembangkan Bisnis

2 min read

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis start-up baru-baru ini, tentunya Anda akan berharap, bisnis bisa berkembang lebih besar lagi. Untuk mengembangkannya, perlu adanya modal. Sejumlah investor, kini berlomba-lomba untuk mendanai bisnis start-up, karena perkembangannya yang pesat. Berikut langkah tepat cara mencari investor bagi perusahaan Anda!

Langkah Jitu untuk Mendapatkan Investor

1. Memilih Investor Sesuai dengan Kebutuhan Usaha

Hal pertama dan utama sebelum mencari investor untuk perusahaan Anda yaitu, dengan cara memilih investor yang sesuai dengan model bisnis yang sedang Anda geluti saat ini. Selain itu, pertimbangkan juga dengan besaran modal yang Anda perlukan, serta dengan metode seperti apa para investor tersebut akan menginvestasikan modalnya pada bisnis Anda.

Selain itu, hal lain yang harus Anda perhatikan yaitu karakteristik dari investor yang ingin menjadi target perusahaan Anda. And wajib mengetahui bagaimana portofolio perusahaan tersebut. Apabila Anda sudah mempelajarinya, lakukanlah pendekatan dengan calon investor yang sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalani saat ini.

2. Perusahaan Harus dalam Bentuk PT

Cara mencari investor selanjutnya yaitu, Anda harus memastikan bahwa, bisnis yang Anda jalani saat ini yaitu dalam bentuk perseroan terbatas (PT). Perusahaan harus dalam bentuk PT sebab, badan usaha ini sudah berbentuk hukum, seluruh modal perusahaan terbagi ke dalam saham, sehingga investor akan menganggap perusahaan ini lebih kredibel.

Selain itu, perusahaan yang berbentuk PT akan membuat sejumlah investor lebih mudah dalam menginvestasikan suatu modalnya. Oleh sebab itu, investor kemudian akan memperoleh saham atas perusahaan Anda, yang mana jumlah nilai sahamnya setara dengan dana yang diberikan di awal untuk modal perusahaan Anda.

3. Memperluas Networking pada Bisnis

Cara Mencari Investor

Pada umumnya, suatu investor, akan memberikan penanaman modalnya, kepada perusahaan yang dirasa lebih mereka kenal dan familiar, serta dekat dengan pihak investor tersebut. Penawaran yang masuk pada investor tentunya akan banyak sekali, dari berbagai perusahaan. Oleh sebab itu, cara mencari investor yaitu dengan memulai perluas networking bisnis.

Memperluas networking, bisa Anda mulai dari lingkup terdekat Anda terlebih dahulu, seperti rekan kerja, alumni sekolah, atau teman Anda lainnya. Selain itu, dengan rajin menghadiri event seputar bisnis, seperti pameran, atau forum bisnis, juga bisa memudahkan Anda untuk memiliki dan mencari target investor pada suatu bisnis Anda.

4. Membuat Proposal Bisnis Harus Jelas

Langkah selanjutnya untuk menarik investor, yaitu dengan cara buatlah proposal bisnis perusahaan Anda dengan sangat jelas. Hindarilah proposal yang tampilannya terkesan kompleks. Sebab, secara umum, berisikan rangkuman umum dari perusahaan yang akan menjadi kesempatan Anda untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada calon investor.

Dari proposal ini, investor bisa melihat bagaimana latar belakang dari bisnis Anda, visi misi dari perusahaan, hingga pendanaan yang dibutuhkan untuk memulai mengembangkan bisnis tersebut. Selain itu, wajib untuk Anda menonjolkan unique selling point, yang mana berisikan hal-hal yang menjadi keunggulan dari perusahaan Anda, dan sebagai pembeda dari bisnis lainnya.

5. Presentasi kepada Investor

Presentasi dalam dunia bisnis dikenal dengan nama pitching. Pitching ini merupakan suatu proses cara mencari investor yang berisikan presentasi singkat mengenai perusahaan Anda kepada calon investor. Pada proses ini, merupakan salah satu kesempatan Anda untuk mempresentasikan semua keunggulan dari perusahaan yang sedang Anda jalankan saat ini.

Dalam tahapan ini, Anda harus membuat slide presentasi yang ringan, jelas dan mudah dipahami serta tidak membosankan. Dalam tahapan ini, berikan penjelasan mengenai bisnis Anda seperti manfaat bisnis ini bagi investor, sejumlah kompetitor, keunggulan yang tidak ada pada bisnis lainnya, hingga risiko kedepannya bagi bisnis ini.

Itu tadi sejumlah ulasan mengenai tips atau langkah jitu yang harus Anda perhatikan sebelum memilih investor, yang mana bisa membantu Anda untuk membuat perjanjian dengan investor sesuai dengan kebutuhan bisnis. Investor menjadi salah satu faktor yang penting dalam mengembangkan bisnis Anda, sebab akan memberikan modal bagi perusahaan.

0
Avatar
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *