Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Mengulik 5 Tips Memilih Manajer Investasi Reksadana Terbaik

1 min read

Tips Memilih Manajer Investasi Reksadana Terbaik

Dalam menggunakan Reksadana, anda akan ditemani oleh seorang manajer investasi. Manajer investasi ini mempunyai tugas untuk membantu para investor menemukan jenis investasi yang tepat dan menghasilkan return yang tinggi. Oleh sebab itu, manajer investasi Reksadana harus berasal dari pihak atau lembaga yang terpercaya dan berpengalaman. Berikut ulasannya.

Tips Memilih Seorang Manajer Investasi

Terdaftar Di OJK

Hal pertama yang harus anda pastikan dalam memilih manajer investasi untuk Reksadana adalah pengecekan ke OJK. OJK sendiri merupakan Badan Otoritas Jasa Keuangan yang memiliki wewenang untuk mengawasi operasional dari pasar modal dan keuangan. Hal tersebut termasuk pada Reksadana. Sehingga kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan maupun lembaga harus diawasi.

Untuk itu dalam memilih seorang manajer investasi pastikan bahwa lembaga yang menaunginya sudah terdaftar di OJK. Anda bisa melakukan pengecekan OJK pada website resminya. Pada website tersebut akan muncul detail perusahaan manajer investasi dari alamat, besar saham hingga jajaran direksinya. Sehingga anda bisa memilihnya dengan teliti.

Memiliki Portofolio Yang Baik

Dalam memilih manajer investasi Reksadana, pastikan bahwa anda juga melihat portofolio hasil kerja mereka. Sehingga dengan adanya portofolio ini anda bisa melihat return yang pernah dihasilkan untuk investor sebelumnya. Anda bisa melihat tolak ukur kinerja dari seorang manajer investasi dalam mengelola investasi investornya melalui portofolio mereka.

Dengan melihat dalam satu waktu manajer investasi tersebut telah menghasilkan return yang tinggi namun setelahnya mendapatkan kerugian yang sangat fatal, maka perlu untuk dilakukan pengamatan kembali. Akan lebih baik apabila anda memilih manajer investasi yang konsisten dalam menghasilkan kinerja stabil. Dengan begitu investasi anda akan berjalan dengan baik juga.

Sudah Berpengalaman

Seperti halnya melihat hasil portofolio dari Manajer Investasi, anda juga harus melihat riwayatnya. Anda bisa memilih manajer investasi yang sudah lama pada bidang ini dan memiliki pengalaman dalam mengelola modal investor dengan cukup baik. Pada pengalaman yang telah memiliki jam terbang tinggi akan paham mengenai berbagai hal bidang investasi.

Sekurangnya kurangnya seorang manajer investasi Reksadana yang cukup baik dan terpandang ketika sudah menginjak 5 tahun ke atas. Anda juga bisa melihat track record selama dia bekerja menjadi manajer investasi. Dengan didukung perusahaan pengelola investasi ternama dan dikatakan qualified, maka anda bisa pastikan dan percayakan investasi anda kepadanya.

Memiliki Gaya Investasi Yang Cocok

Tips selanjutnya adalah dengan mengamati gaya investasinya. Tersedia beberapa manajer investasi yang termasuk high risk dan high return, dimana artinya akan berusaha mendapatkan return yang tinggi dengan mengambil resiko yang tinggi pula. Apabila anda cocok dengan tipe yang agresif seperti ini maka bisa memilihnya sebagai manajer investasi anda.

Begitu pula dengan tipe manajer investasi yang menyukai investasi stabil dengan resiko yang cukup rendah cocok bagi anda yang memiliki profil risiko konservatif. Kedua tipe tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Asalkan disesuaikan dengan gaya investasi yang cocok maka investasi akan berjalan sesuai dengan keinginan dan anda akan merasa puas.

Sesuaikan Dengan Tujuan Investasi

Layaknya seperti menyesuaikan gaya investasi, anda juga dianjurkan memilih manajer investasi Reksadana sesuai dengan tujuan investasi dan jangka waktu yang anda lakukan. Dalam hal ini apabila anda melakukan investasi jangka pendek maka pertimbangkan untuk berinvestasi di reksadana pasar uang. Apabila ingin berinvestasi jangka panjang, maka anda bisa memilih reksadana saham.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam memilih seorang manajer investasi. Sehingga anda bisa menjalankan investasi dengan aman dan terpercaya di Reksadana. Namun, akan lebih baik apabila anda tidak hanya melakukan investasi saja melainkan juga menabung dan memiliki asuransi. Dengan begitu keuangan anda di masa depan akan lebih baik.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.