Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Mengintip Deretan Reksadana Syariah Terbaik 5 Tahun Terakhir Di Indonesia

1 min read

Reksadana Syariah Terbaik 5 Tahun Terakhir

Merujuk pada data riset Bareksa, terdapat daftar produk reksadana saham syariah yang terbaik dalam periode 5 tahun terakhir. Jika dilihat dari segala sisi, reksadana yang dapat mempertahankan kualitasnya layak dipilih dan dijadikan sebagai wadah berinteraksi. Untuk mengetahui daftar reksadana syariah terbaik 5 tahun terakhir, yuk simak ulasan berikut.

Top 5 Reksadana Syariah Yang Terbaik Dalam Periode 5 Tahun Terakhir

1. SSEF Atau (Sucorinvest Sharia Equity Fund)

Pada tanggal 8 November 2013 silam, produk investasi ini resmi diluncurkan dengan biaya pembelian maksimal 2%. Sementara untuk management fee maksimal 3.5 % per tahunnya. SSEF pada dasarnya dikelola dengan menganut paham investasi, yakni mencari dan menciptakan berbagai peluang di siklus pasar dan bisnis.

Hingga saat ini, dana yang sudah dikelola SSEF mencapai Rp 142 miliar. Untuk return, SSEF mencatatkan imbal hasil hingga mencapai 53.7%. Selama 5 tahun terakhir, produk investasi ini tercatat memiliki kinerja yang cukup baik sejak pertama kali terbit. Berkat kinerjanya yang demikian, SSEF berhasil menjadi jawara reksadana syariah periode 5 tahun.

2. Bahana Sukuk Syariah

Produk reksadana yang kedua besutan Bahana TCW Investment ini berada di peringkat 2 dalam 5 besar reksadana syariah terbaik 5 tahun terakhir. Ditinjau dari kinerjanya, produk ini cukup gemilang karena dapat membukukan return hingga 52.54% dalam periode 5 tahun terakhir. Bahana Sukuk Syariah juga mampu memberi return terbaik bagi para kliennya.

Sejak 16 April 2015, Bahana Sukuk Syariah mengempit dana kelola sebesar Rp 526 miliar. Produk ini mengalokasikan sebagian besar set dalam pendapatan tetap, baik dalam sukuk pemerintah ataupun sukuk korporasi di bursa efek. Berkat kinerjanya yang gemilang dan diawasi langsung oleh Dewan Syariah Nasional, produk ini mendapat gelar reksadana terbaik.

3. TRIM Syariah Berimbang

Reksadana Syariah Terbaik 5 Tahun Terakhir

Dengan pembelian komisi minimal 2%, TRIM Syariah Berimbang saat ini sudah mengempit dana sekitar Rp 31,7 miliar. Pada efek ekuitas, produk ini memberi kebijakan investasi minimum sebesar 5% dan maksimum 75%. Sementara pada efek bersifat utang dan instrumen pasar uang, investasi minimumnya mencapai 5% dan maksimum 75%.

Dengan strategi investasi yang demikian, reksadana syariah terbaik 5 tahun terakhir ini dapat memberi imbal hasil 5 tahun sekitar 16,21%. Kebijakan yang dibuatnya juga membuat produk ini unggul dan menempati posisi peringkat 3 dalam 5 besar reksadana yang berkualitas selama periode 5 tahun terakhir.

4. Simas Syariah Unggulan

Produk reksadana besutan PT Sinarmas Asset Management ini juga turut hadir dalam top 5 reksadana terbaik periode 5 tahun terakhir. Pasalnya, reksadana ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang karena dapat memberi keuntungan berlipat. Simas Syariah Unggulan mampu peroleh keuntungan mencapai 22,4% yang membuatnya mendapat gelar reksadana terbaik.

5. Batavia Dana Saham Syariah

Bagi anda yang ingin berinvestasi reksadana, maka bisa memilih Batavia Dana Saham Syariah. Produk yang pertama kali meluncur pada Juli 2007 silam ini menunjukkan kebolehannya lewat penanaman sahamnya ke berbagai perusahaan ternama di Indonesia, hal inilah yang membuatnya mendapat gelar reksadana syariah terbaik 5 tahun terakhir.

Beberapa produk reksadana syariah di atas, tentunya dapat memberikan return yang baik untuk investasi jangka panjang. Kelima produk reksadana tersebut mampu memberikan anda keuntungan karena kinerjanya yang mampu bertahan selama 5 tahun terakhir. Ini membuktikan bahwa berinvestasi adalah hal terbaik untuk menyongsong masa depan anda.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.