Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Mengintip 5 Cara Melihat Daftar Harga Saham Perusahaan Dari Berbagai Platform

1 min read

Cara Melihat Daftar Harga Saham Perusahaan Dari Berbagai Platform

Apakah anda termasuk pelaku bisnis yang merasa kebingungan saat melihat saham lewat IDX atau platform lainnya? Jangan khawatir, dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai cara melihat daftar harga saham perusahaan dari berbagai platform. Beberapa cara berikut bisa anda pilih dan terapkan sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda.
Cara Untuk Melihat Harga Saham Pasaran Yang Bisa Anda Terapkan

Melihatnya Melalui IDX

Sebagai langkah awal, anda perlu membuka situs IDX dan memilih bilah menu “Data Pasar” lalu menuju ke menu “Ringkasan Saham”. Saat memilih menu tersebut, anda akan disuguhkan dengan opsi filter. Adapun fungsi dari opsi tersebut adalah untuk memilih daftar harga dan kode saham yang paling rendah, pertengahan, hingga paling tinggi.

Setelah memilih filter, maka anda akan ditampilkan dengan deretan harga saham mulai dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi. Dari sinilah anda bisa mengetahui harga saham per tahunnya. Jika anda masih ingin mengetahui harga saham, maka bisa menggunakan cara dan platform lain yang bisa diterapkan dengan mudah.

Membeli Data Harga Penutupan 7 Tahun Terakhir

Bagi anda yang ingin melihat daftar harga saham perusahaan, maka bisa melakukan cara yang satu ini. Sayangnya, saat menggunakan cara ini anda diwajibkan untuk membayar. Untuk caranya, anda bisa menemukannya dengan penelusuran data di internet. Nantinya, ketika anda sudah membayar maka data informasinya akan anda terima dalam waktu dekat.

Melihat Daftar Saham Lewat Google

Jika berbicara mengenai cara yang mudah, maka anda bisa melihatnya melalui Google. Sayangnya, kekurangan dari cara ini adalah anda hanya dapat melihat satu per satu indeks saham saja. Jadi, data informasi yang tersaji dalam Google kurang mendetail. Biasanya data yang disajikan bukan berbentuk tabel kumpulan beberapa saham melainkan hanya kode saja.

Mengenai caranya, sangat mudah dilakukan. Pertama, anda hanya perlu mengetikkan kata kunci saham yang ingin dicari tahu. Misalnya saham BUMI, nantinya Google akan mencoba menyajikan data informasi lengkap mengenai BUMI. Anda bahkan dapat melihat histori harga saham BUMI dengan data faktual berupa daftar harga saham perusahaan yang lengkap.

Menggunakan Yahoo Finance

Widget milik Yahoo telah menjadi andalan para pebisnis untuk mencari harga saham terkini. Lewat platform tersebut, anda bisa menemukan grafik saham secara terperinci. Mulai dari jumlah saham, hingga harga saham penutupan sekalipun bisa anda lihat di sini. Caranya pun sangat mudah dilakukan.

Mula mula, kunjungi Yahoo Finance dan klik kode saham yang ingin anda cari tahu. Nantinya, Yahoo akan memberikan daftar saham lengkap dengan kodenya. Perlu anda ingat, saat melakukan pencarian, selalu sertakan huruf JK pada bagian belakang kata kunci. Dengan begini, data dari sebuah perusahaan akan terlihat semua.

Aplikasi Trading Saham

Bagi anda yang ingin memantau pergerakan saham, maka bisa menginstal trading saham lewat smartphone. Tak hanya memonitor harga saham, anda juga dapat melakukan berbagai transaksi saham dengan mudah. Beberapa aplikasi trading saham yang bisa anda unduh mulai dari RTI Business, Stockbit, dan aplikasi melihat daftar harga saham perusahaan lainya.

Saat ini untuk melihat pricelist saham tidak memerlukan cara rumit yang memakan banyak uang dan waktu. Dengan menggunakan beberapa platform yang sudah dibahas dalam ulasan tersebut, kini anda bisa melihat harga saham dari bursa perdagangan. Beberapa cara tersebut bahkan bisa anda lakukan kapan pun dan dimana pun anda berada.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.