Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Mengenal Virtual Account dan Kegunaannya

1 min read

Istilah virtual account makin sering terdengar belakangan ini. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan dunia teknologi informasi khususnya di bidang e-commerce. Perkembangan toko online sebagai salah satu bentuk e-commerce, juga menambah maraknya penggunaan virtual account.

Bagi anda yang belum tahu, virtual account adalah salah satu cara pembayaran yang banyak dipilih oleh para customer saat melakukan pembelian di toko online. Pembeli selalu memilih menggunakan virtual account karena kemudahannya, yaitu tidak perlu memasukkan harga barang/uang yang harus ditransfer. Nominal tersebut akan otomatis terdeteksi, sehingga pembeli hanya perlu menekan OK saja untuk melanjutkan pembayaran.

Pengertian Virtual Account dan Jenisnya

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai apa itu virtual account. Sesuai dengan namanya, Virtual account adalah akun rekening berbentuk virtual yang terdiri dari urutan nomor yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Nomor-nomor tersebut dibuat oleh bank seakan-akan mirip seperti nomor rekening nyata. Nomor Virtual account tersebut hanya berlaku untuk sekali waktu saja, jika pembeli mencoba melakukan pembayaran lagi tetapi tidak ada data pembelian, maka tidak akan dapat digunakan.
Biasanya, dalam setiap pembelian di toko online, setiap pembeli yang memilih menggunakan virtual account akan mendapatkan nomor berbeda untuk melakukan pembayaran. Tetapi ada juga yang virtual account nya selalu itu-itu saja, misalnya Tokopedia, yang merupakan gabungan nomor tertentu ditambah dengan nomor HP.

Di dunia ini, terdapat dua jenis virtual account, yaitu fixed virtual account dan non-fixed virtual account


1. Fixed virtual account

Fixed virtual account adalah nomor yang selalu itu-itu saja tidak akan berubah. Fixed virtual account dapat kita temui di olshop seperti Tokopedia misalnya. Selain itu, aplikasi-aplikasi keuangan seperti walet tertentu yang menggunakan nomor HP sebagai ID nya juga biasanya menggunakan nomor HP sebagai nomor virtual account.

Dengan adanya hal tersebut, maka virtual account nya tidak akan berubah karena selalu menggunakan nomor HP.

2. Non-fixed virtual account

Virtual account yang satu ini adalah kebalikan yang pertama. Non-fixed virtual akan berarti nomor yang ada akan berubah-ubah secara acak. Nomor ini hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi. Jika pembeli melakukan transaksi lagi, maka nomor yang muncul berikut nya akan berbeda dengan transaksi yang sudah digunakan sebelumnya.

Cara Kerja Virtual Account

Anda mungkin telah mengenal metode pembayaran dengan cara transfer secara manual. Pembeli harus menuju bank atau ATM untuk melakukan transfer. Memasukkan nomor secara manual yang tentunya akan membutuhkan waktu dan tidak efisien. Belum lagi ada kemungkinan salah input yang membuat resiko kesalahan transfer semakin tinggi.

Selain itu, metode yang lama biasanya mensyaratkan pembeli untuk melakukan screenshot bukti transfer yang pasti jelas merepotkan.

Di sinilah virtual account memiliki peran penting. Proses yang rumit dan melelahkan tersebut tidak perlu lagi dilakukan karena dengan menggunakan virtual account, pembeli dapat mengakses menu pembayaran yang di dalamnya ada informasi jumlah yang harus dibayar. Pembeli tidak perlu menginput nominal secara manual karena sudah terdeteksi di sistem. Dengan cara ini kesalahan transfer dapat diminimalisir dengan baik.

Dari penjelasan di atas, tentunya kita sudah memahami bahwa dengan menggunakan virtual account segalanya akan lebih mudah, cepat, dan efisien. Dengan adanya alasan ini lah, saat ini makin marak digunakannya Virtual Account.

Jika kita perhatikan lagi, hampir semua layanan selalu menggunakan virtual account. Tentunya ini tidak terlepas dari kepraktisan dan manfaat yang diberikan untuk pelanggan saat melakukan transaksi.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.