Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Mengenal Biang Keringat dan Cara Mengatasinya

1 min read

biang keringat

Salah satu masalah kulit yang seringkali ditemui di daerah tropis adalah biang keringat. Biang keringat sendiri memiliki istilah medis, yaitu namanya adalah miliaria.

Biang keringat biasanya ditandai dengan adanya ruam merah di kulit dan berukuran kecil. Adakalanya orang yang sedang mengalami biang keringat akan merasa gatal dan panas di daerah yang ruam tersebut.

Daerah yang sering kali terkena biang keringat adalah mulai dari tangan, punggung, dada, dan wajah. Biang keringat dapat menyerang siapa saja.

Gejala Biang Keringat

Untuk lebih mengetahui tentang biang keringat, ada gejala-gejala yang harus diwaspadai. Jika kamu mengalami gejala seperti di bawah ini, maka bisa jadi kamu sedang terkena biang keringat.

Gatal-gatal

Gatal adalah salah satu gejala yang sangat mudah dirasakan. Gatal memang belum tentu biang keringat, karena bisa jadi ada penyebab lain yang membuat kita gatal.

Bintik merah

Gejala yang kedua ini adalah gejala yang pasti terjadi jika kita mengalami biang keringat. Bintik-bintik yang muncul berbentuk kecil berkumpul di suatu daerah tertentu.

Pusing

Pusing juga bisa menjadi gejala ketika kita mengalami biang keringat. Tentunya gejala ini muncul bersamaan dengan bintik merah tersebut.

Demam

Demam juga bisa menjadi gejala dari biang keringat. Namun, tidak selalu demam itu karena biang keringat.

Biang keringat terjadi akibat tersumbatnya saluran keluarnya keringat dari kelenjar keringat di kulit. Penyumbatan ini bisa terjadi karena adanya penumpukan di sel kulit mati, ataupun karena adanya bakteri yang berkembang biak.

Biang keringat bisa terjadi jika ventilasi udara di rumah kurang bagus, sehingga udara menjadi pengap. Sanitasi yang kurang baik di rumah juga bisa menjadi penyebab biang keringat. Biang keringat juga bisa terjadi jika penderita memiliki gangguan imunitas pada tubuh, misalnya sedang mengkonsumsi steroid, penderita HIV, menjalani kemo, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Biang Keringat

Salah satu pemicu biang keringat adalah karena panas berlebih. Panas berlebih ini akan memicu kondisi kulit yang panas, berkeringat, sehingga mudah terjadi infeksi. Melihat hal tersebut, maka menggunakan pakaian yang adem atau sejuk bisa menjadi salah satu pencegahan agar tidak terkena biang keringat.

Selain itu, minum banyak air putih juga dapat mencegah terjadinya biang keringat. Ingatlah bahwa kita juga harus rutin minum air putih agar tidak dehidrasi. Sehari minimal 2 liter air lho!

Jika anda sudah terkena biang keringat ini, maka ada beberapa hal yang dapat dlakukan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Jangan Malas Mandi

Mungkin terlihat sepele, tetapi mandi adalah salah satu cara untuk mengatasi biang keringat. Dengan rajin mandi maka kulit akan tetap bersih dan wangi. Hal ini akan mengurangi kotoran dan keringat yang menempel pada kulit.

Gunakan Bedak Dingin

Bedak dingin adalah salah satu obat luar yang ampuh untuk mengatasi biang keringat. Dengan menggunakan bedak dingin, maka kulit akan tetap terjaga dan mengurangi biang keringat.

Obat Anti Alergi

Jika biang keringat yang dialami ternyata berkaitan dengan alergi makanan, maka mengkonsumsi obat anti alergi bisa menjadi solusi untuk mengurangi biang keringat tersebut. Untuk mengkonsumsi obat-obatan, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter.

Menggunakan Pakaian yang Adem dan Longgar

Pakaian yang kita gunakan juga menjadi salah satu sumber terjadinya biang keringat. Pakaian yang cenderung adem, sejuk akan lebih baik untuk kita gunakan dan lebih nyaman juga.

Itulah tadi informasi singkat tentang biang keringat. Semoga bermanfaat.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.