Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Mengenal Apa itu Investasi Reksadana, Millennial Wajib Tahu

1 min read

Apa itu Investasi Reksadana

Bagi para milenial yang ingin memulai berinvestasi untuk mempersiapkan dana di masa depan, Investasi Reksadana menjadi pilihan yang tepat. Hal ini disebabkan Reksadana cenderung mudah dan memberikan keuntungan menarik untuk para pemula. Khususnya generasi milenial yang masih dalam tahap belajar berinvestasi. Untuk lebih memahami apa itu investasi Reksadana, berikut penjelasannya.

Pengertian Investasi Reksadana

Reksadana adalah instrumen investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu serta keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka. Dirancang sebagai instrumen investasi yang menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal dan ingin berinvestasi, namun masih minim pengetahuan dan waktu pengelolaan.

Modal yang terkumpul dari masyarakat pemodal akan diinvestasikan dalam portofolio efek yang dikelola oleh manajer investasi. Dengan demikian, dana yang terkumpul dalam reksadana ialah dana bersama para pemodal. Sedangkan manajer investasi adalah pihak profesional dengan ilmu dan keahlian, yang dipercaya untuk mengelola dana tersebut.

Sehingga mudahnya apa itu investasi Reksadana, ialah investasi yang dapat dinikmati siapa aja khususnya investor yang awam sekalipun, tetap mampu merasakan manisnya keuntungan berinvestasi di pasar modal karena modalnya akan dikelola oleh orang yang profesional dan ahli dalam hal keuangan.

Keuntungan Investasi Reksadana

Keuntungan Investasi Reksadana

Terdapat keuntungan yang didapatkan dari investasi Reksadana. Investor Reksadana mempunyai wewenang untuk melakukan diversifikasi investasi tanpa harus memiliki modal yang besar. Sebagai contoh, investor dengan dana terbatas tetap dapat memiliki portofolio obligasi. Yang mana pada umumnya tidak mungkin bisa dimiliki jika investor tersebut tidak memiliki dana yang besar.

Dengan berinvestasi di Reksadana, Investor tidak perlu repot-repot untuk memantau kinerja investasinya atau memikirkan strategi agar beruntung. Sebab, hal tersebut telah ditangani oleh manajer investasi profesional yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi dalam hal pengelolaan dana. Dengan sistem transparansi kepada public, membuat investor tetap mampu memantau pergerakan modalnya.

Bagi Anda yang ingin sesuai prinsip dan akad syariah ajaran Agama Islam, tersedia pula investasi Reksadana syariah. Apa itu investasi Reksadana Syariah yaitu Investasi Reksadana yang dalam pengelolaannya menggunakan akad dan prinsip syariah sesuai kaidah fiqih agama islam. Jenis produk ini berasas syariah tengah naik daun karena selain keuntungan juga terjamin kehalalan dan keberkahannya.

Risiko Berinvestasi di Reksadana

Disamping mendatangkan berbagai peluang keuntungan, tentu setiap instrumen investasi memiliki profil risiko termasuk Reksadana. Profil risiko Reksadana adalah gambaran bagaimana tingkat resiko yang investor sanggup menanggung dalam berinvestasi di Reksadana. Misalnya, risiko berkurangnya nilai unit penyertaan, risiko yang dipengaruhi oleh turunnya harga dari efek surat berharga dan jenis risiko lainnya.

Penting bagi Anda yang akan menanamkan modal di Reksadana untuk mengetahui profil resiko. Walaupun demikian, profil risiko akan semaksimal mungkin untuk diminimalisir oleh Manager Investasi selaku pengelola dengan menerapkan prinsip diversifikasi. Akan mengalami risiko likuiditas jika sebagian besar investor reksadana melakukan redemption (penjualan kembali) atas unit-unitnya.

Minimum investasi Reksadana sangat terjangkau untuk khalayak umum. Mulai dari Rp100.000 anda sudah bisa mengambil bagian investasi di Reksadana. Jumlah tersebut tentu jauh lebih kecil dibandingkan minimum penempatan dana di deposito. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu investasi Reksadana dan jenis-jenisnya, bisa kunjungi situs penyedia investasi reksadana masing-masing.

Nah demikian informasi mengenai investasi Reksadana yang wajib diketahui oleh pemula khususnya para milenial. Agar semakin melek finansial dan memiliki perencanaan keuangan dengan baik. Sebelum memulai investasi dengan Reksadana, ada baiknya untuk menggali informasi sebanyak banyak tentang investasi yang tengah hits ini.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *