Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Kupas Tuntas Cara Menghitung Return Saham Di Yahoo Finance

1 min read

Cara Menghitung Return Saham Di Yahoo Finance

Data return saham adalah salah satu data yang sangat diperlukan oleh anda para investor. Data tersebut merupakan data yang digunakan untuk menganalisis saham. Situs yahoo finance merupakan salah satu situs yang dapat digunakan untuk mengetahui nilai return saham. Berikut adalah cara menghitung return saham di yahoo finance.

Cara Mengetahui Return Saham Di Yahoo Finance

Buka Situs finance.yahoo.com

Jika anda ingin mengetahui nilai return saham menggunakan yahoo finance, anda terlebih dahulu harus mengakses halaman website yahoo finance. Anda dapat mengetikkan finance yahoo di mesin pencari. Tak hanya mengetahui return saham, website yang satu ini dapat digunakan untuk mengetahui data statistic seperti Enterprise value, EBITDA dan lain sebagainya.

Yahoo finance memang dibuat untuk membantu pemilik saham mengetahui berbagai informasi terkait dengan nilai saham yang mereka miliki. Dengan yahoo finance anda bahkan bisa menarik chart hingga sampai tahun 2000 yang tentunya dengan kelebihan tersebut anda dapat lebih mengetahui pergerakan nilai saham tersebut dengan lebih baik.

Masukkan Kode Saham

Cara menghitung return saham di yahoo finance selanjutnya adalah anda harus memasukkan kode saham yang anda miliki. Kode saham inilah yang akan menjadi informasi penting pada yahoo finance sehingga mereka bisa menampilkan data yang anda inginkan. Jika kode saham yang anda masukkan tidak tepat maka data yang akan ditampilkan juga akan berbeda.

Sangat penting bagi pemilik saham untuk mengetahui kode saham yang mereka miliki agar disaat mereka membutuhkan informasi, bisa langsung mengaksesnya dengan mudah. Kode saham ini berbeda beda untuk setiap jenisnya sehingga sudah menjadi identitas yang tidak akan tertukar datanya satu sama lain.

Kode saham bisa anda ketikkan di menu search. Setelah anda memasukkan kode saham, nantinya akan muncul tampilan saham yang anda minta serta berbagai data lengkapnya. Dalam cara menghitung return saham, data yang anda perlukan terdapat pada menu “Historical Data” data tersebut bisa anda temukan bahkan dalam periode harian dan bisa juga anda download.

Atur Periode Return Saham Yang Ingin Anda Ketahui

Cara Menghitung Return Saham Di Yahoo Finance

Setelah anda mendapatkan harga saham historis pada menu “historical data”, anda bisa mengubah settingan tanggal atau jangka waktu yang ingin anda ketahui nilainya. Untuk menghitung nilai return saham, ada baiknya anda menggunakan harga penutupan atau yang biasa disebut dengan nilai Close. Nilai ini merupakan nilai akhir yang terbentuk dari harga saham yang ingin anda ketahui.

Melakukan Perhitungan Return Saham

Setelah anda mengetahui data harga saham melalui yahoo finance, anda dapat melakukan perhitungan return saham. Sebagai contoh jika anda ingin mengetahui return saham di tanggal 9 Juni maka anda dapat membandingkannya dengan data pada tanggal 8 juni. Data yang anda peroleh selanjutnya anda masukkan ke dalam rumus return saham.

Tahukan anda bagaimana cara menghitung return saham dengan rumus? rumus return saham adalah [(Pt-(Pt-1))/pt-1] x 100% atau secara gampangnya adalah [(harga saham hari ini – harga saham kemarin) / harga saham kemarin] x 100%. Setiap komponen tersebut dapat anda ketahui melalui halaman yahoo finance.

Perhitungan return saham merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemilik saham. Perhitungannya juga tidak selalu hatian, anda dapat menghitungnya dalam periode bulanan atau tahunan. Jika anda ingin mengetahui nilainya dalam bentuk bulanan maka anda hanya perlu membandingkannya dengan bulan sebelumnya. Begitu pula dengan tahunan.

Demikianlah cara mengetahui nilai return saham melalui halaman website yahoo finance. Dalam berinvestasi saham sudah sepatutnya kita untuk mengetahui nilai return. Para pemilik saham juga harus jeli dalam melihat kesempatan agar investasi dapat berjalan dengan lebih optimal dan menghasilkan keuntungan yang tinggi.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.