Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Kenali 5 Jenis Produk Reksadana Terbaik Yang Bisa Dicoba

1 min read

Jenis Produk Reksadana

Hal penting yang seharusnya anda perhatikan sebelum membeli reksadana adalah dengan mengenali beberapa jenis produk reksadana terbaik. Jika sudah mengetahui produk dari reksadana, maka anda bisa memiliki produk yang dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan anda. Ketahui lebih lanjut dengan menyimak ulasan berikut ini.

Kenali Produk Reksadana Sebagai Cara Investasi Terbaik

Reksadana Pasar Uang

Produk pertama yaitu reksadana pasar uang. Dimana reksadana ini merupakan jenis yang alokasi dananya 100% kepada instrumen pasar uang. Diantaranya seperti SBI atau Sertifikat Bank Indonesia, deposito berjangka, dan juga obligasi yang memiliki jangka waktu jatuh tempo yang kurang dari satu tahun.

Pada reksadana pasar uang, jenis reksadana ini terbilang produk yang paling aman karena memiliki tingkatan resiko yang paling kecil apabila dibandingkan dengan beberapa produk reksadana terbaik lainnya. Tentunya akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika memilih reksadana pasar uang sebagai media investasi bersama reksadana.

Reksadana Pendapatan Tetap

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, dimana reksadana pendapatan tetap atau sering juga disebut dengan fixed income fund ini, merupakan jenis reksadana yang produk investasinya 80% pada instrumen obligasi. Tujuan dari adanya reksadana ini untuk memberikan tingkat pengembalian yang menarik dengan cara penekanan pada stabilitas modal investasi.

Tidak perlu khawatir dengan keunggulan yang ditawarkan, pasalnya pada produk reksadana pendapatan tetap memiliki keuntungannya cukup menarik bagi anda para calon investor. Diantaranya penyaluran dana investasi yang bersifat likuiditas serta waktu pencairannya juga bersifat fleksibel.

Reksadana Terproteksi

Jenis Produk Reksadana

Produk reksadana terbaik jenis reksadana terproteksi, memiliki jangka waktu investasi yang sudah ditentukan oleh manajer investasi. Namun meski demikian, dapat dicairkan pula sebelum waktu jatuh tempo tanpa adanya jaminan. Hal ini disebabkan karena sudah adanya proteksi pokok dari investasi. Terlihat berbeda dengan reksadana lainnya, yang mana produk reksadana ini memiliki masa penawaran.

Yang mana memiliki artian bahwa jenis reksadana ini hanya dapat dibeli pada beberapa kondisi tertentu saja. Keunggulan yang bisa anda dapatkan adalah memiliki imbal hasil yang lebih terukur dengan jangka waktu investasi tertentu. Sebagai pengingat juga, bahwa reksadana jenis ini pokok investasinya 100% diproteksi ketika saat jatuh tempo.

Reksadana Saham

Produk pada reksadana saham menunjukkan hasil yang paling tinggi jika dibandingkan dengan reksadana lain. Namun, tingkat resiko yang bisa didapatkan juga memiliki tingkat yang paling besar ketimbang jenis produk reksadana lainnya. Reksadana saham sendiri adalah jenis reksadana yang sebagian besar alokasi pada investasinya ditempatkan pada saham.

Pada jenis reksadana saham, memiliki potensi pertumbuhan yang terbilang tinggi karena bersifat agresif. Meskipun memiliki keuntungan yang tinggi, namun jenis reksadana ini memiliki resiko yang besar dikarenakan return bisa berfluktuasi dengan sangat tajam. Dan tidak menutup kemungkinan hingga pada level yang paling rendah sekalipun.

Reksanda Campuran

Jenis produk reksadana selanjutnya yaitu reksadana campuran, yaitu adanya campuran yang menawarkan kombinasi dari investasi dalam berbagai instrumen. Untuk jenis reksadana campuran, jenis instrumen yang ditawarkan bisa berupa uang, obligasi, dan juga saham yang diinvestasikan dalam jangka menengah hingga panjang.

Banyaknya pilihan instrumen yang diberikan pada salah satu produk reksadana terbaik berjenis reksadana campuran ini, maka membuat manajer investasi dapat mengelolanya dengan lebih maksimal. Sebab komposisi portfolionya lebih fleksibel dan juga tidak hanya pada satu instrumen.

Demikian beberapa ulasan lengkap seputar jenis produk reksadana yang bisa anda gunakan sebagai upaya mendapatkan keuntungan yang optimal serta sesuai dengan ekspektasi anda sebagai investor. Cermati dan pelajari lebih dalam seputar dunia investasi bersama reksadana agar anda memiliki wawasan yang lebih luas dan terarah sesuai dengan tujuan investasi yang hendak dilakukan.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.