Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Kelebihan dan Kekurangan Produk Berupa Jasa Dan Barang

5 min read

kelebihan dan kekurangan produk barang jasa

Kelebihan dan kekurangan produk barang dan jasa harus diketahui oleh kalian yang ingin mulai berbisnis. Kalian tentu sudah tidak asing lagi mengenai kedua produk yaitu jasa dan barang. Namun, sebelum menjelaskan lebih lanjut perihal definisi dan perbedaan secara mendetail, marilah kita mengenal masing-masing pengertian dari kelebihan & kekurangan produk berupa jasa dan barang.

Produk berupa jasa, merupakan sebuah tindakan terkait produksi yang melibatkan antara produk fisik, maupun non fisik. Jasa merupakan suatu kegiatan maupun tindakan yang tidak ada wujudnya. tidak dapat kita identifikasi, serta dilakukan untuk memenuhi suatu permintaan serta kepuasan bagi pelanggan.

Pengertian mendasar perihal jasa sendiri yaitu merupakan kegiatan ekonomi dengan melibatkan adanya berbagai jenis interaksi dengan konsumen ataupun barang milik, namun dengan kepemilikan yang tetap dan tidak terjadi kegiatan pemindahan kepemilikan.

Sementara untuk produk berupa barang, memiliki definisi sebagai setiap benda, yang berwujud digunakan sebagai proses transaksi dengan memindahkan kepemilikan barang pada setiap transaksinya.

Perbedaan Produk Berupa Barang Dan Jasa

Mengenai kelebihan dan kekurangan produk jasa dan barang, terlebih dahulu mari kita simak perbedaan dari masing-masing jenisnya. Produk barang dan jasa memanglah memiliki perbedaan.

Dari perbedaan ini, tentunya dapat kita gunakan sebagai proses identifikasi dari satu sama lain. Berikut ini ciri-ciri dari perbedaan barang serta jasa, di antaranya :

1. Karakteristik produk barang

Sebelum mengetahui kelebihan & kekurangan produk jasa maupun barang, terlebih dahulu sebaiknya kita mengenal karakteristik yang produk barang miliki.

  • Berwujud
  • Dapat untuk kita miliki, serta diperjual belikan kembali.
  • Produk barang dapat kita simpan, serta dipegang
  • Dapat kita lakukan pengangkutan
  • Produk dengan konsumsi terpisah
  • Penjual serta produknya juga terpisah
  • Mutu dapat Anda ukur dengan mudah
  • Proses Atomisasi lebih mudah
  • Serta yang terakhir produk menghasilkan penerimaan.

2. Karakter Jasa

Sebelum mengetahui kelebihan & kekurangan produk jasa, terlebih dahulu sebaiknya mengenal karakternya satu sama lain, Jasa sendiri memiliki beberapa karakteristik yang menjadi pembeda dari produk berupa barang. Berikut ini beberapa karakteristiknya.

  • Tidak berwujud
  • Produk berupa jasa tidaklah dapat diperjual belikan
  • Produk tidak dapat kita simpan
  • Sementara untuk proses produksi dengan konsumsi terjadi secara simultan
  • Mutu sulit Anda ukur
  • Penjualan termasuk bagian dari jasa
  • Tingginya interaksi yang terjadi
  • Produk telah tersedia, bukan kita jual
  • Otomatisasi sulit untuk kita lakukan
  • Kumpulan jasa akan menghasilkan penerimaan

Macam-Macam Barang Dan Jasa

Perihal kelebihan & kekurangan produk barang dan jasa, terdapat macam-macam pembeda yang bisa kita perhatikan antara kedua jenis produk ini. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai macam-macam barang serta jasa yang perlu untuk kita ketahui.

Barang

Pada barang, secara garis besar terbagi menjadi empat poin, sebagai berikut ini.

1. Barang Bergerak. Yang termasuk dalam kategori ini yaitu kendaraan, seperti sepeda motor, mobil, kapal, dan lainnya. Barang ini tentu saja bersifat dapat melakukan pergerakan dan dapat berpindah tempat.

2. Barang tidak Bergerak. Mengingat karakteristiknya, jenis barang ini tentulah berbeda dengan jenis barang bergerak. Baang ini merupakan benda mati yang tidak dapat bergerak ataupun berpindah, misalnya tanah, rumah, pohon, dan lain sebagainya.

3. Barang yang Berwujud. Karakteristik dari barang ini tentu saja berbentuk secara fisik. Seperti meja, kursi, lemari, dan baju.

4. Barang yang tidak Berbentuk. Mengenai barang ini, merupakan benda yang tidak memiliki wujud, seperti halnya air, serta gas.

Jasa

Sementara bagi produk berupa jasa, ada beberapa karakteristik sebagai berikut :

1. Tidak Memiliki Wujud. Jasa tersebut tidak dapat kita rasakan dengan menggunakan panca indera, disentuh, serta diraba.

2. Tidak Memiliki Standar. Jasa tersebut memiliki sebuah kinerja, sehingga mutu yang ada tidak dapat kita ukur karena hasil dari jasa tersebut memiliki perbedaan kendati datang dari orang yang sama.

3. Tidak Tahan Lama. Selain kelebihan & kekurangan produk yang disebutkan diatas, mengenai kekurangan pada produk jasa yang selanjutnya adalah tidak tahan lama  

Produk jasa tentulah tidak bisa Anda simpan,berbeda dengan jenis barang. Juga tidak dapat digunakan ulang, karena konsumsi jasa kita lakukan pada saat jasa telah diberikan. Misalnya seperti massage, potong rambut, serta angkutan umum.

4. Tidak Dapat Anda Pisahkan. Jasa dan pemberinya sudah merupakan satu hal yang tidak dapat saling terpisahkan. Contoh dari jasa ini seperti perbankan, asuransi, serta transportasi.

Kelebihan Produk Barang

Sebelum memilih antara barang ataupun jasa, memang haruslah terlebih dahulu kita mengetahui kelebihan & kekurangan produk berupa jasa dan barang yang ada.

Penjualan Dilakukan tanpa Pengelolaan

Melakukan proses penjualan barang dapat secara langsung terdistribusikan pada konsumen tanpa harus mengalami pengelolaan ataupun manajemen yang membutuhkan banyak waktu. 

Lain halnya dengan jasa yang harus kita perhatikan dengan benar, perihal kualitas layanannya. Sehingga sebelum memasarkan produk kepada konsumen yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengelolaan terlebih dahulu.

Kualitas Barang Dapat Anda Ketahui Secara Langsung

Pada kelebihan & kekurangan produk, kualitas tentunya menjadi bahan pertimbangan yang matang. Hal ini termasuk keuntungan bagi konsumen produk jasa. Pasalnya, barang yang mereka beli dapat langsung diketahui bagaimana kualitasnya. 

Misalnya membeli sofa, Anda dapat secara detail mengetahui bagaimana kualitasnya, motif yang ditawarkan, bahkan bahan yang digunakan.

Lebih Bervariasi Serta Lebih Menarik

Pada kelebihan & kekurangan produk, tentulah ada beberapa hal mencolok yang menjadi karakteristik suatu barang sehingga lebih menonjol daripada yang lain. Produk barang yang dihasilkan, tentunya lebih variatif, dari jenis yang berbeda-beda. Hal ini tentu saja lebih menarik minat konsumen dalam membeli.

Dapat Memberikan Keuntungan Lebih Besar

Keuntungan dari produk berupa jasa yang satu ini membuat banyak dari kita memilihnya sebagai ide usaha. Karena menggunakan produk berupa barang dapat memberikan keuntungan berlipat. Hal ini tentunya dikarenakan produksi barang dapat dilakukan secara massal, serta dapat melakukan pengiriman ke mana saja. 

Hal inilah yang menyebabkan produk barang memiliki keuntungan yang jauh lebih banyak. Usahakan untuk membangun brand produk yang baik, agar dapat menarik minat pasar sehingga membuat penjualan terus meningkat.

Kekurangan Barang

Dari poin yang ada, tentunya kelebihan & kekurangan produk jasa & barang, merupakan poin penting yang harus kita perhatikan. Setelah kelebihan yang bisa Anda dapatkan untuk produk barang, berikut ini kekurangannya yang harus diperhatikan.

Membutuhkan tempat untuk menampilkan serta menyimpan produk

Karena produk barang merupakan barang yang berwujud, tentulah membutuhkan tempat untuk menaruhnya. Entah itu digunakan sebagai ruang penyimpanan, ataupun saat memajang dan menampilkan produk untuk kita pasarkan kepada konsumen. 

Selain itu, Anda harus melakukan konsep guna sebagai ajang promosi, sehingga pembeli dapat jauh lebih berminat pada produk barang tersebut.

Membutuhkan modal yang cukup besar

Menggunakan produk barang tentunya mengharuskan kita mengeluarkan kocek yang cukup besar. Selain itu, Anda juga haruslah menyiapkan elemen lain untuk membantu jalannya proses produksi. Misalnya seperti mesin, bahan baku, serta karyawan dalam mengoperasikannya.

Kelebihan Jasa

Tidak Memiliki Masa Kadaluarsa

Hal yang mengenai kelebihan & kekurangan produk, tentu masih berlanjut. Kelebihan pada produk jasa ini adalah tidak adanya masa kadaluarsa. 

Mengingat karakteristik produk ini yang tidak berwujud, tentulah memiliki ketahanan sampai dengan selamanya alias tanpa ada masa kadaluarsanya.

Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Berbeda dengan produk barang, karena menawarkan jasa maka kita tentulah tidak perlu mengeluarkan kocek khusus untuk mengerjakannya.

Tidak Membutuhkan Ruang Khusus serta Konsep Display

Karena tidak memiliki masa, membuat produk jenis jasa tidak memerlukan ruang khusus untuk menyimpannya. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot memikirkan konsep display produk untuk membuatnya menarik perhatian konsumen.

Kekurangan Jasa

Kualitas yang Ada Pada Jasa, tidak Bisa Langsung Diketahui

Mengenai kelebihan & kekurangan produk, pada jasa ini termasuk memiliki karakteristik tidak dapat kita ketahui kualitasnya. Berbeda dengan produk barang yang dapat kita nilai sejak awal kualitasnya.

Jasa tidak Bisa Kita Kembalikan

Menggunakan produk jasa tentulah tidak bisa kita kembalikan. Hal ini merupakan kekurangan dari produk jasa bagi konsumen.

Produknya Terbatas

Produk jasa memiliki jumlah yang terbatas. Hal ini terjadi karena proses jasa tidaklah dapat kita hasilkan secara massal. Seperti yang dapat kita lakukan pada produk jenis barang. 

Adanya kekurangan tersebut mengakibatkan pendapatan yang dihasilkan juga tidak dapat sebesar yang diperoleh dari produk barang.

Lebih Mudah Terpengaruh pada Salah Satu Faktor

Terdapat berbagai jenis faktor yang dapat mempengaruhi kelebihan & kekurangan produk. Salah satunya faktor yang mempengaruhi produk jenis jasa ini. 

Entah dalam kategori faktor eksternal maupun internal, semuanya membuat produk jasa memiliki nilai yang tidak menentu. 

Pada faktor eksternal, misalnya seperti perubahan cuaca, kondisi serta keadaan lingkungan, musim yang dapat berubah sesuai waktunya. serta hal lainnya.

 Adanya Persaingan Bisnis yang Ketat

Apabila Anda memutuskan memilih produk jasa, tentunya akan ada persaingan bisnis yang sangat ketat di bursa penjualan. Misalnya saja, jika Anda mendirikan jasa pengetikan tentunya akan bermunculan jasa-jasa yang sama lainnya dengan kualitas serta promosi yang bersaing. 

Oleh karena itu, sebaiknya pertahankan kualitas serta pelayanan kepada konsumen sehingga dapat membuat pelanggan Anda tidak beralih tempat.

Dari semua jenis kelemahan tersebut, sebaiknya dapat menjadi pertimbangan Anda untuk memilih salah satu diantaranya secara matang tanpa adanya penyesalan di kemudian hari. 

Selain itu, pastikan untuk terus mempertahankan kualitas-kualitas terbaik, supaya produk yang Anda miliki dapat terus bersaing di pasaran. 

Serta yang tidak ketinggalan lagi, konsumen terus merasa puas, sehingga dapat kembali lagi memesan produk yang anda tawarkan. Entah berupa produk jasa maupun barang.

Kesimpulan Mengenai Kelebihan & Kelemahan Produk Barang dan Jasa

Masing-masing produk jasa maupun barang pada sistem ekonomi tentulah memiliki kelebihan & kekurangan produk. Tidak terkecuali pada produk barang serta jasa ini. 

Yang harus Anda perhatikan saat memilih berbisnis pada bidang jasa maupun barang, haruslah mempertimbangkan dengan matang kekurangan dan kelebihannya seperti yang sudah diuraikan di atas.

Pastikan untuk memiliki data konkret perihal kemajuan atau kemunduran proses bisnis yang Anda jalankan. Catatlah setiap transaksi yang terjadi sebagai pembukuan supaya memudahkan Anda memantau perihal perkembangan bisnis yang Anda telah miliki.

Bisnis produk barang serta jasa tentunya memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Barang termasuk dalam kategori produk yang dapat Anda rasakan secara fisik, serta dapat kita miliki dan jual kembali. 

Namun jasa, merupakan produk tidak berbentuk serta tidak dapat kita miliki, melainkan bisa kita dapatkan secara simultan pada saat konsumen melakukan pembelian produk berupa jasa.

Bagaimana, sudahkah ada gambaran ingin memulai bisnis produk yang mana? Tentunya semua tergantung keyakinan kita yang akan memulainya, ya. 

Selain itu, pastikan terlebih dahulu telah mempertimbangkan kondisi pasar yang ada sekarang ini, supaya bisnis yang baru dibangun tidak memiliki kesulitan. 

Karena dalam membuat usaha baru tentulah banyak hal yang harus kita pertimbangkan dan kita pikirkan. Setelah mempelajari kelebihan & kekurangan produk yang ada, seharusnya kita sudah dapat menyimpulkan target market bisnis yang akan kita bangun, ya!

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *