Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Jangan Takut Memulai Usaha Kedai Makanan, Begini Triknya

1 min read

Jangan Takut Memulai Usaha Kedai Makanan, Begini Triknya

Kegiatan berwirausaha yang saat ini sedang banyak digandrungi oleh beberapa kalangan, layaknya usaha kedai makanan. Dengan menggunakan modal yang cenderung kecil, anda sudah bisa merasakan peluang usaha serta prospek berjangka panjang. Bagi anda yang berkeinginan membuka kedai makanan, tidak perlu takut untuk memulainya. Berikut trik memulai bisnis kedai yang bisa dilakukan.

Perhatikan Beberapa Hal Sebelum Memutuskan Untuk Memulai Usaha Warung Makan

1. Lakukan Riset Kecil Kecilan

Sebelum memulai usaha apapun itu jenisnya, anda harus terlebih dahulu melakukan sebuah riset atau penelitian terkait jenis usaha yang akan digeluti. Melakukan riset secara kecil kecilan bisa anda lakukan guna mendapatkan banyak informasi seputar bidang usaha yang akan dijalani dan segala potensi atau resikonya.
Seperti yang sudah diketahui, bahwa masa sekarang ini sudah banyak kedai makanan yang sangat mudah dijumpai di beberapa sudut jalanan manapun. Oleh karena itu anda harus lebih jeli lagi ketika hendak menjalankan usaha. Misalnya saja dengan melakukan riset makanan apa yang saat ini masih jarang dijual pada kedai makanan di lokasi sekitar.
Dengan mencari tahu informasi tersebut, anda bisa mendapatkan peluang usaha kedai makanan yang memperoleh keuntungan besar. Ketimbang menjual makanan dengan jenis yang sama seperti beberapa warung kebanyakan, lebih baik mencari inovasi menu baru yang unik tapi tetap memberikan daya tarik bagi konsumen.

2.Mengetahui Target Pelanggan

Mengetahui target pelanggan yang hendak disasar menjadi hal yang paling penting untuk calon pelaku usaha. Mengapa penting? Sebab dengan mengetahui target pasar, anda bisa menyesuaikan segala menu yang dijual. Ditambahkan pula, anda juga bisa memberikan harga sesuai pada setiap menu.
Contohnya saja jika anda akan membuka warung di sekitar sekolahan, kedai yang dimiliki pasti akan sepi pengunjung apabila harga yang ditetapkan terlalu tinggi. Sebaliknya jika harga yang diberikan pada anak anak sekolah rendah, maka kedai makanan yang dijalani akan ramai anak sekolah yang berdatangan dan mencicipi makanan tersebut.

3.Menentukan Lokasi Jualan

Lokasi adalah aspek utama yang memegang peranan penting dalam sukses atau tidaknya sebuah usaha yang dilakukan oleh pebisnis. Karena dengan penentuan lokasi yang tepat, bukan tidak mungkin untuk usaha kedai makanan terus didatangi banyak pengunjung pada setiap harinya. Tentunya menentukan lokasi kedai makanan menjadi langkah tepat yang harus dilakukan.
Adapun beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak memilih lokasi untuk mendirikan kedai. Misalnya saja lokasi yang strategis namun tetap ramai orang berlalu lalang. Apabila anda memilih tempat tersebut, maka dipastikan warung akan selalu ramai dan keuntungan juga akan semakin banyak didapatkan.
Disamping itu, anda juga perlu mempertimbangkan akses untuk menuju kedai makanan. Hindari pemilihan lokasi yang tidak terlihat dari luar, sehingga menyebabkan orang lain tidak bisa mengetahui keberadaan kedai makanan tersebut. Pertimbangkan untuk memilih lokasi yang berdekatan dengan perkantoran atau kampus, sebab banyak orang yang berada pada area tersebut.
Meskipun saat ini sudah marak layanan pesan antar makanan yang bisa dilakukan secara online dan mudah digunakan oleh semua orang, tapi penentuan lokasi juga wajib untuk dipertimbangkan demi mencapai keuntungan yang lebih besar. Karena orang akan lebih percaya apabila dapat melihat langsung warung atau usaha kedai makanan tersebut sebelum memakannya secara online.
Demikian beberapa trik ampuh yang bisa anda gunakan sebelum memutuskan untuk membuka usaha warung makanan. Dengan melakukan beberapa cara diatas dengan detail dan terperinci, tidak menutup kemungkinan calon pebisnis dapat memperoleh banyak keuntungan dari usaha warung makan yang dikelola.

0
Avatar
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *