Ingin Coba Investasi Saham? Begini Cara Beli Saham Online untuk Pemula

1 min read

Cara Beli Saham Online untuk Pemula

Bagi sebagian orang, menghasilkan uang dengan investasi saham tentu sangat menggiurkan. Namun, bagaimana sebenarnya cara beli saham online agar tidak merugikan? Terlebih untuk para pemula yang baru akan bergabung dalam dunia saham. Simak langkah yang harus dilakukan pemula untuk mengenal saham.

Langkah-Langkah Membeli Saham Online

Memilih Broker yang Legal

Saat ini, minat masyarakat Indonesia untuk berinvestasi saham masih sangat rendah. Jumlah investor saham aktif hanya sebanyak 97.688 orang di Bursa Efek Indonesia. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia jumlah tersebut masih sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh literasi keuangan masyarakat Indonesia yang rendah. Namun, dengan kemajuan teknologi kini investasi saham dapat dilakukan secara online.

Pastikan perusahaan yang sahamnya anda beli sudah terdaftar dalam bursa efek. Banyak sekali broker yang merupakan member di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pilihlah broker yang mempunyai kemampuan secara keuangan dan memenuhi modal minimum OJK. Anda juga dapat mengevaluasi broker tersebut dengan melihat dummy-trade yang ditunjukkan.

Membuka Rekening

Setelah memilih broker, anda harus membuka rekening saham untuk dapat membeli saham. Cukup isi formulir dan lengkapi dokumen yang dibutuhkan. Kemudian membuka rekening dana nasabah, yaitu rekening khusus yang dibuat untuk menyimpan dana transaksi jual beli saham. Setoran modal dan hasil penjualan akan disimpan dalam rekening dana nasabah ini. Calon investor harus banyak belajar cara beli saham online sebelum membeli saham untuk mengantisipasi kerugian.

Melakukan Transaksi

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menyetor modal dan membeli saham. Anda juga dapat menjual saham dan merubah order saham online. Sesuaikan posisi harga jual dan beli yang tersedia di pasar untuk melakukan perubahan harga armend. Anda harus memperhatikan tanggal pada Trade Confirmation dan biaya transaksi pada setiap transaksi yang anda lakukan agar aman.

Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang dalam suatu perusahaan. Saham juga tanda kepemilikan seseorang akan perusahaan berupa surat saham. Pemegang saham yang biasa disebut shareholder atau stockholder adalah pemilik perusahaan tersebut. Pemegang saham memiliki kewenangan atas perusahaan dalam Rapat Umum Pemegang Saham sesuai banyaknya saham yang dimiliki. Cara beli saham online yang benar adalah sesuai aturan OJK.

Menganalisa Fundamental

Gunakan analisa fundamental untuk memilih saham, anda dapat memeriksa dan memperhatikan laporan keuangan perusahaan. Setelah itu tinjau stock screener yang disediakan broker untuk memilih saham. Sesuaikan pengetahuan dan keyakinan anda untuk memilih saham. Mengelola risiko dalam investasi saham itu tidak berinvestasi pada satu atau dua saham, tetapi membaginya ke banyak saham.

Jika saham anda harganya menurun drastis, anda masih bisa bertahan dengan investasi saham yang lain jika telah membaginya. Anda dapat menggunakan strategi index fund dalam diversifikasi, yaitu membeli semua saham yang terdapat dalam indeks, maka keuntungan anda akan mengikuti keuntungan indeks. Cara beli saham online anda harus cek terus IHS yang ditunjukkan untuk melihat posisi anda.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk memulai masuk dalam dunia investasi saham. Terus amati dan pelajari berbagai hal yang dapat dilihat pada Bursa Efek Indonesia untuk dapat lebih memahami investasi saham. Jangan takut rugi dan tetap hati-hati dalam mengelola kepemilikan saham anda. Semoga anda menemukan broker yang paling sesuai dengan anda dan mendapatkan keuntungan saham yang berlipat.

0
Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *