Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Ingin Berbisnis Kuliner? Pelajari Cara Menentukan Harga Jual Makanan Versi Chef Arnold!

1 min read

Ingin Berbisnis Kuliner? Pelajari Cara Menentukan Harga Jual Makanan Versi Chef Arnold!


Untuk Anda yang tertarik memulai usaha di bidang makanan, sebelumnya, alangkah baiknya jika Anda mengerti langkah atau cara menentukan harga penjualan makanan yang benar. Pastikan bahwa mendatangkan keuntungan yang sepadan. Untuk itu, yuk simak langkah yang benar cara menentukan harga jual makanan, agar bisnis kuliner Anda dapat bersaing di pasaran!


Kesalahan dalam Menentukan Harga Jual Makanan

Kita tahu sendiri bahwa, menentukan suatu harga pokok penjualan atau HPP dalam bisnis kuliner yang ingin kita kembangkan bukanlah suatu hal yang mudah. Tentunya, terdapat berbagai banyak faktor yang harus kita pertimbangkan sebelum memulai bisnis kuliner.Terlebih, kuliner berskala kecil atau minuman dan jajanan kaki lima memiliki tingkat persaingan yang tinggi.
Oleh sebab itu, memainkan nilai harga, menjadi salah satu faktor yang penting di tengah persaingan usaha yang semakin mencekik. Jika Anda menggunakan cara menentukan harga penjualan makanan dengan mematok harga yang sedikit lebih rendah, namun tetap memperhatikan kualitas, tentunya akan meningkatkan jumlah pembeli.
Akan tetapi, hal tersebut seringkali malah akan berbuat celaka bagi pebisnis kuliner. Berikut akan kami jelaskan terlebih dahulu kesalahan yang sering dilakukan pebisnis kuliner dalam menentukan harga jualan makanannya. Pebisnis kuliner, terutama yang berskala kecil, sering melakukan kesalahan yakni tidak mencantumkan harga dalam daftar menunya.
Sikap cara menentukan harga jual makanan tersebut dalam bisnis kuliner Anda sebaiknya harus dihindari. Sebab membuat pembeli bertanya-tanya, hingga menjadikan pembeli mengurungkan niat untuk membeli. Langkah tersebut juga bisa mendatangkan kekecewaan pada konsumen, jika nantinya harga yang diberikan sangat jauh berbeda dengan perkiraan yang mereka pikirkan.


Menentukan Harga Jual Makanan Versi Juri Masterchef.

Baru-baru ini, seorang juri master chef, Chef Arnold Poernomo, melalui akun twitternya, menjawab salah satu pertanyaan dari pengikutnya, yang mana pertanyaan tersebut perihal bagaimana cara menentukan harga penjualan makanan. Chef Arnold kemudian melalui akun twitternya tersebut berbagi tips seputar menentukan harga jual makanan bagi pengusaha kuliner.
Untuk menentukan harga jual, cara yang disarankan oleh Chef Arnold yakni harga total keseluruhan bahan untuk pembuatan serta material untuk packing dibagi 0,3 atau disebut dengan harga total keseluruhan bahan serta biaya packing x10/3. Untuk lebih jelasnya simak contoh dari cara menentukan harga jual makanan seperti yang dijelaskan di bawah ini.
Contohnya, jika total keseluruhan bahan mentah yang Anda beli untuk memproduksi makanan tersebut serta biaya untuk packing yang dibeli janji hanya dengan senilai Rp.20.000. sehingga Anda bisa melakukan cara menghitung harga jualnya yakni Rp. 20.000 / 0,3 = Rp. 66.000. perlu diketahui bahwa, harga dari total keseluruhan bahan menjadi keseluruhan biaya.
Bahan serta packaging menjadi keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan Anda dalam satu kali belanja saja. Sehingga nilai Rp. 66.000 yang sudah tertulis di penjelasan awal tadi berarti, Rp.66.000 tersebut bisa saja nantinya dalam suatu penjualan bisa saja Anda buat ke dalam tiga porsi yang mana harga dari tiap kursinya yakni Rp. 22.000
Cara menentukan harga jual makanan berarti hasil dari kalkulasi harga pokok untuk produksi bahan dengan tambahan keuntungan yang diinginkan. Cara menentukan harga pokok produksi suatu harga penjualan makanan juga memiliki tips yang berbeda lagi. Biaya pokok produksi merupakan biaya operasional yang dikeluarkan saat periode dibagi dengan jumlah produk yang bisa dijual per periode.


Itu tadi ulasan mengenai cara untuk menentukan suatu harga jual untuk penjualan bisnis di bidang kuliner. Sebelum membuka bisnis kuliner, ada baiknya Anda menerapkan tip yang sudah dijelaskan di dalam ulasan atas. Sebab, kelebihan dari bisnis makanan menjadi suatu keuntungan yang dapat Anda peroleh bisa sangatlah tinggi.

0
Avatar
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *