Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

22+ Ide Bisnis Musim Hujan Menjanjikan Untukmu

7 min read

ide bisnis di musim hujan

Bisniskuy.com – Ide bisnis di musim hujan sering kali dibutuhkan karena biasanya memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Meskipun banyak yang menganggap jika musim hujan adalah musim yang menyebalkan karena menyebabkan banyak kesulitan, masih ada banyak ide bisnis menarik yang bisa dicoba.

Hal yang penting adalah Anda bisa memilih jenis bisnis yang memang tepat dan cocok ketika musim hujan. Namun, jika memang tidak memiliki ide sama sekali, Anda bisa menyimak beberapa ide berikut ini dan mencoba yang sekiranya paling cocok.

Ide Bisnis Saat Musim Hujan

Jasa Laundry

Sudah bukan rahasia lagi jika ketika musim hujan tiba, banyak orang yang malas untuk mencuci baju. Bagaimana tidak? Pasalnya sering kali baju susah kering dan ketika dijemur justru turun hujan. Maka dari itu peran jasa laundry benar-benar dibutuhkan. Jasa laundry pasti melakukan pekerjaannya menggunakan mesin cuci dan sudah dibekali pengering yang sangat ampuh sehingga proses pengeringan hanya membutuhkan waktu yang sebentar. Bagi orang-orang yang tidak memiliki mesin cuci mestinya akan sangat membutuhkan jasa satu ini.

Menjual Perlengkapan Ketika Hujan

Meskipun diawali dengan mendung, terkadang hujan juga bisa muncul secara tiba-tiba. Hal ini tentunya membuat siapa saja menjadi kelabakan terlebih ketika cuaca terlihat cerah dan tidak ada mendung sedikitpun. Membuka bisnis menjual perlengkapan yang berkaitan dengan hujan seperti mantel, payung, tas plastik, dan sebagainya tentunya menjadi salah satu peluang yang menjanjikan. Anda bisa menjualnya di depan rumah jika memang cukup strategis, atau mencari tempat lainnya yang bisa digunakan.

Menyediakan Penginapan

Saat musim hujan, biasanya ada banyak orang membutuhkan tempat untuk menginap, terlebih di daerah-daerah wisata. Mungkin saja rencana pulang menjadi terkendala karena tiba-tiba hujan turun dengan lebat. Maka dari itu, menyediakan tempat penginapan dengan harga yang murah bisa menjadi salah satu ide menarik yang patut dicoba. Anda mungkin memiliki rumah yang lokasinya dekat dengan tempat wisata dan masih mempunyai kamar kosong. Nah, daripada dibiarkan tanpa menghasilkan keuntungan, lebih baik disewakan sebagai penginapan.

Warung Kopi Lesehan

Hujan dan kopi adalah dua perpaduan yang sangat istimewa. Maka membuka warung kopi ketika musim hujan bisa menjadi salah satu ide yang bagus. Meskipun membuat kopi sendiri di rumah, banyak orang yang sadar jika kopi yang dijual di warung memiliki rasa yang lebih nikmat. Tip yang perlu diperhatikan adalah pastikan untuk menyediakan tempat strategis yang memang cocok untuk dijadikan lesehan. Selain itu, Anda juga bisa menjual berbagai makanan pelengkap lainnya seperti nasi kucing, gorengan, dan beberapa kue lainnya.

Driver Online

Di era modern ini ide bisnis di musim hujan bisa dengan mudah diperoleh, salah satunya adalah dengan menjadi driver online. Ketika musim hujan, pasti banyak orang yang kesulitan untuk ke mana-mana sehingga butuh jasa driver. Dengan sistem online, pemesana bisa lebih praktis dan keuntungan yang diperoleh juga lebih banyak. Sudah ada banyak brand transportasi online yang beredar di Indonesia sehingga Anda bisa memilih yang sekiranya paling cocok. Selain itu, jika berperan sebagai driver motor, Anda perlu menyediakan jas hujan dan produk pelindung lainnya. Namun jika memang memilih sebagai driver mobil, maka cukup sediakan mobil yang nyaman.

Jasa Antar Makanan

Ketika hujan tiba, banyak orang yang malas untuk keluar rumah padahal faktanya merasa lapar. Kondisi ini tentunya harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin yakni menyediakan layanan jasa antar makanan. Anda bisa bergabung dengan sistem driver online atau melakukan promosi sendiri lewat akun atau portal online yang dimiliki. Jika Anda memasang tarif standard dan tidak mahal, maka bisa dipastikan jika banyak orang yang tertarik. Yang terpenting pastikan untuk melakukan promosi dengan gencar sehingga ada banyak orang yang mengetahui jasa milik Anda.

Warung Makan Lesehan

Warung lesehan memiliki kelebihan dari segi kenyamanan yang dihadirkan. Musim hujan sering kali membuat banyak orang menjadi malas melakukan aktivitasnya, termasuk memasak. Jika sudah malas memasak, pilihannya jika tidak memesan makanan online, bisa juga mengunjungi warung makan lesehan enak dengan harga terjangkau. Hal tersebut bisa dimanfaatkan dengan mudah dan tepat guna. Anda bisa menyediakan menu-menu yang memiliki banyak pilihan atau menu yang cocok dinikmati ketika musim hujan. Pilih saja tempat yang paling strategis agar mudah ditemukan oleh para calon pembeli.

Menjual Tanaman Pengusir Nyamuk

Tidak diragukan lagi jika musim hujan tiba akan ada banyak nyamuk berkeliaran. Tingkat produksi nyamuk memang menjadi lebih tinggi apabila banyak daerah-daerah tergenang. Jentik-jentik akan berkembang biak dengan sangat cepat menyebabkan nyamuk bisa lebih mudah bermunculan. Keberadaan tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu pilihan yang efektif untuk dapat menghilangkan nyamuk sementara. Maka dari itu menjualnya ketika musim hujan pasti  banyak yang tertarik untuk membelinya.

Cucian Mobil

Ide bisnis membuka cucian mobil juga patut untuk dipertimbangkan karena biasanya akan sangat dibutuhkan. Mobil yang lewat di jalanan ketika hujan pasti akan sangat kotor karena selain melewati genangan air, ada banyak potensi mendapatkan cipratan-cipratan halus. Maka tak heran jika terkadang ketika bangun di pagi hari mobil tampak sangat kotor dan minta untuk dicuci. Dengan membuka jasa cuci mobil, orang-orang yang malas atau sibuk dengan pekerjaannya bisa tetap menikmati mobil bersih yang nyaman setiap kali digunakan.

Makanan atau Camilan Online

Mencoba ide bisnis makanan atau camilan online merupakan salah satu hal yang menarik terlebih banyak orang yang membutuhkannya untuk teman bersantai. Saat di rumah tidak ada makanan yang bisa dimakan, lalu di luar turun hujan dengan sangat deras, memesan makanan atau camilan online adalah solusinya. Anda bisa menyediakan berbagai pilihan camilan yang banyak jumlahnya dengan harga murah. Usahakan untuk mengambil dagangan melalui produsen utama agar keuntungan yang diperoleh bisa lebih banyak. Lalu, daftarkan akun Anda pada situs-situs belanja online yang sudah populer.

Menjual Sepatu Tahan Air

Meskipun hujan turun bukan berarti aktivitas Anda menjadi menurun bahkan tidak dilakukan. Tak dapat di pungkiri jika di setiap jalanan terdapat genangan air yang sangat mengganggu. Lalu, belum lagi jika terkena cipratan-cipratan dari kendaran yang terdapat di sisi-sisi jalan. Anda pastinya akan merasakan tidak nyaman dalam melangkahkan kaki. Terlebih lagi air hujan yang terkena kaki biasanya menyebabkan masalah gatal-gatal yang berkepanjangan. Untuk itu, menjual sepatu tahan air bisa menjadi ide bisnis yang tepat dan mengatasi masalah-masalah tersebut. Gunakan bahan-bahan yang memang cocok dan bisa melindungi kaki dari adanya air.

Ojek Payung dan Mantel

Usaha ojek payung dan mantel di jalanan mungkin terkesan lebay atau bahkan berlebihan. Banyak juga yang mengira juga usaha satu ini tidak akan berhasil dan justru hanya membuang-buang modal saja. Ketika hujan datang secara tiba-tiba dan banyak orang yang berada di jalanan, pasti membutuhkan tumpangan payung atau pinjaman mantel untuk bertahan diri.

Daripada hanya sekadar meminjamkannya saja, lebih baik memanfaatkan kondisi tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah yang banyak. Anda hanya perlu memiliki modal berupa payung dan mantel dalam jumlah yang cukup banyak. Carilah tempat-tempat yang memang strategis dan mendatangkan banyak peluang.

Menjual Pakaian Hangat

Hal yang dibutuhkan ketika musim hujan adalah kenyamanan, membuat diri tetap merasakan hangat di tengah-tengah cuaca yang dingin.  Menjual pakaian hangat tentunya menjadi ide bisnis brilian karena tidak banyak orang yang membutuhkannya.

Tidak perlu repot-repot menyewa tempat khusus karena Anda bisa menggunakan rumah sendiri untuk melakukannya. Agar lebih menarik untuk dikunjungi, Anda bisa mendekorasi nya dengan tampilan yang unik. Pastikan jika produk-produk pakaian hangat yang dijual bisa terlihat jelas oleh para pembeli. Anda juga perlu memasang sebuah tanda di depan rumah jika sedang menjual pakaian hangat.

Membuka Warung Bakso

Makanan berkuah menjadi incaran banyak orang ketika musim hujan, tak terkecuali dengan bakso. Bakso merupakan makanan legendaries yang selalu menarik perhatian masyarakat. Hal tersebut karena resep bakso dari setiap warung sangat berbeda-beda terbukti dengan beragamnya cita rasa yang dimunculkan. Apabila Anda mau, membuka warung bakso ketika musim penghujan adalah salah satu ide yang tepat. Yang terpenting Anda harus memastikan jika cita rasa bakso yang dihadirkan cukup istimewa dan layak bersaing dengan bakso-bakso lainnya. Jika sudah yakin maka Anda bisa membuka warung bakso sendiri dimana pun.

Menjual Obat Tradisional

Saat cuaca terlalu ekstrem, akan ada banyak penyakit yang menempel di dalam tubuh. Musim hujan yang terus berulang-ulang terjadi juga bisa menjadi penyebab penyakit mampir ke dalam tubuh. Keberadaan obat-obatan tradisional semacam jamu juga perlu dipertimbangkan karena pasti banyak dicari oleh orang-orang, khususnya para orang tua. Anda mungkin bisa meracik sendiri resep obat-obatan tradisional atau mengambil pada produsen terpercaya yang memang sudah berpengalaman dalam menyajikan obat-obatan tradisional. Yang terpenting pastikan untuk menjual obat-obatan yang aman untuk dikonsumsi.

Budidaya Jamur

Mungkin banyak yang tidak mengetahui jika jamur dapat tumbuh dengan sangat cepat apabila dibudidayakan saat musim hujan. Yang dimaksud jamur di sini tentunya jamur sehat yang bisa dikonsumsi dan tidak beracun. Petani jamur sendiri sudah sangat banyak dan eksis di kancah internasional karena memang hasil produksinya di eksport ke luar negeri. Proses membudidayakan jamur ketika musim hujan memang lebih sederhana dibandingkan ketika musim kemarau.

Jika musim kemarau, setiap petani jamur harus menyiapkan berbagai keperluan yang ribet, tetapi ketika musim hujan jamur cukup ditanam dan akan tumbuh lebat dengan sendirinya. Lalu, hasil panen dari budidaya jamur bisa dijual kembali.

Pembenihan Ikan

Ide bisnis yang cocok diterapkan ketika musim hujan selanjutnya adalah pembenihan ikan. Anda bisa membudidayakan ikan-ikan semacam lele atau yang lainnya dengan rajin-rajin melakukan pembenihan. Saat musim hujan, konstruksi air akan berubah menjadi tawar sehingga proses pembenihan lebih mudah dan cepat. Hasilnya juga cukup banyak dan bisa dijual kembali dan mendapatkan banyak keuntungan. Anda bisa membeli beberapa benih ikan yang sekiranya memiliki prosek bagus untuk dijual di pasaran. Pastikan untuk menerapkan ide bisnis satu ini karena selain mudah dijalankan, hasil yang dijanjikan juga cukup menggiurkan.

Menjual Aneka Gorengan

Gorengan adalah makanan yang disukai oleh semua orang karena selain enak harganya juga sangat murah. Selain membuka kedai kopi, Anda juga bisa menjajakan gorengan di depan rumah atau sekadar berkeliling dari rumah ke rumah. Pastikan untuk tidak menjual gorengan satu macam saja karena hal tersebut kurang menarik. Orang-orang akan lebih senang jika ada banyak aneka pilihan gorengan yang disajikan.

Sebenarnya sangat disarankan untuk menjualnya berkeliling dari rumah ke rumah. Hal tersebut lebih berpotensi menciptakan banyak pembeli dibandingkan Anda hanya berdiam diri di dalam rumah. Orang-orang akan merasa senang ketika bisa menikmati gorengan yang murah dan lezat saat hujan turun.

Menawarkan Jasa Pijat

Disadari atau tidak terkadang hujan membuat orang merasa ingin terus beristirahat. Sebagian besar orang memang akan menghabiskan waktunya hanya dengan tidur atau sekadar rebahan di atas kasur. Maka adanya jasa pijat adalah salah satu opsi terbaik yang pastinya membuat orang-orang tertarik untuk mencobanya. Mereka bisa merefleksikan diri dan menghilangkan penyakit-penyakit yang ada di dalam tubuh. Agar lebih banyak yang berminat pastikan Anda mau untuk dipanggil ke rumah-rumah karena biasanya mereka malas untuk ke luar rumah. Untuk promosinya Anda bisa memasang papan nama di depan rumah sekaligus mencantumkan nomor telepon agar bisa dihubungi.

Menjual Aneka Jenang

Jenang termasuk dalam jenis-jenis makanan tradisional yang banyak disukai oleh masyarakat. Ada banyak jenis jenang yang menarik untuk dicoba dan tentunya juga bisa dijual. Ketika musim hujan sebenarnya para penjual makanan akan ramai asalkan makanan yang dijual benar-benar menarik minat. Jenang bisa menarik minat orang-orang karena keberadaannya tidak setiap hari ada, sebab biasanya hanya dibuat ketika momen-momen tertentu saja.

Untuk konsep penjualannya sama seperti menjual aneka gorengan yakni akan lebih baik jika Anda lakukan dengan berkeliling antar satu rumah ke rumah lainnya. Usahakan untuk menjual jenang yang tingkat kehangatannya bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Pertanian Jagung

Saat musim hujan, jagung akan tumbuh subur dan menghasilkan panenan yang banyak. Hal ini karena proses budidaya jagung memang hanya membutuhkan konsumsi air yang sangat banyak. Anda bisa mencoba untuk melakukan pertanian jagung dan memanennya untuk kemudian dijual kembali. Hasil panen jagung tersebut bisa dijual mentahan berupa jagung seperti umumnya, tetapi jika Anda ingin ide lainnya maka sangat disarankan untuk mengkreasikannya menjadi berbagai olahan makanan lain dan kemudian menjualnya. Anda bisa mengubahnya menjadi jagung manis, kue jagung, jenang jagung, dan masih banyak lagi.

Menjadi Pawang Hujan

Pawang hujan merupakan ide bisnis yang cukup menarik untuk dicoba asalkan Anda memang memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Saat musim hujan tiba, pasti ada orang-orang yang sebenarnya memiliki hajatan besar dan menjadi terkendala karena turunnya hujan. Maka banyak yang mendatangi para pawang hujan agar nantinya ketika hajatan yang mereka lakukan bisa lancar dan berhasil tanpa hambatan hujan.

Percaya atau tidak tetapi keberadaan pawang hujan sendiri sudah cukup banyak, maka persaingan juga ketat. Jika Anda memang merasa memiliki keahlian dalam bidang tersebut maka bisa berpikir ulang untuk melakukannya. Yang terpenting pastikan untuk tidak menipu karena hal itu hanya akan merugikan diri sendiri.

Demikianlah beberapa inspirasi mengenai ide bisnis di musim hujan. Kedatangan musim hujan dalam setahun biasanya hanya beberapa bulan saja, maka dari itu Anda harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Cobalah beberapa ide bisnis di atas yang sekiranya paling banyak memberikan keuntungan kepada pelakunya.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *