Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Paling Menguntungkan di Era Pandemi

2 min read

Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Paling Menguntungkan

Kata siapa menjadi ibu rumah tangga tidak bisa menghasilkan rupiah? Menjadi ibu rumah tangga, menjadi kesempatan bagus memulai entrepreneurship. Terlebih, memasuki 2021 yang masih diselimuti dengan pandemi dan pendapatan bulanan yang kian menurun. Artikel kali ini akan membahas tentang ide bisnis ibu rumah tangga dengan modal yang minim. Simak daftarnya disini.

Bisnis dengan Modal Minim untuk Ibu di Rumah

1. Penulis Freelance

Daftar ide bisnis pertama untuk Ibu di rumah yaitu dengan memulai bisnis penulisan freelance atau penulis lepas. Jika Anda seorang yang hobi dengan dunia menulis, ini menjadi kabar baik. Pasalnya, hobi satu bisa menghasilkan rupiah tanpa menggunakan modal sekalipun. Untungnya lagi, Anda bisa mengerjakannya di rumah. Sangat cocok untuk Ibu Rumah Tangga.

Baca juga: Begini Cara Membuat dan Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan yang Baik

Yang Anda butuhkan hanyalah laptop beserta jaringan internet di rumah. Selain itu, untuk membuka bisnis ini, tentunya, Anda juga harus memiliki kemampuan keterampilan menulis yang baik untuk mendapatkan penghasilan yang stabil dengan bisnis freelance menulis satu ini. Terlebih di era digitalisasi brand sekarang ini, menjadikan posisi freelance writer banyak dibutuhkan.

2. Bisnis Proofreading

Ide bisnis ibu rumah tangga selanjutnya yang bisa Anda lakukan di rumah yaitu bisnis proofreading. Ide bisnis satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kemampuan jeli akan kesalahan dalam publikasi. Banyak ibu rumah tangga yang menjadikan bisnis satu ini sebagai pendapatan utama. Jika Anda tertarik, Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal 0 rupiah.

Dalam memulai bisnis proofreading, Anda tidak membutuhkan pengalaman sebelumnya, namun, Anda perlu untuk memiliki keterampilan yang bagus. Untuk mempelajari keterampilan proofreading agar lebih bagus, Anda bisa mempelajarinya di lembaga yang menyediakan kursus proofreading baik itu secara online atau offline.

3. Menjadi Seorang Konsultan

Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Paling Menguntungkan

Menjadi keuntungan sendiri, jika Anda seorang yang memiliki wawasan pengetahuan luas akan hal industri. Pengetahuan khusus yang Anda punya seperti konsultan lingkungan, pakar bisnis, pakar kuliner atau pemasaran digital, bisa Anda manfaatkan sebagai bisnis ibu rumah tangga, dengan menjadi seorang konsultan. Anda tidak perlu pergi ke kantor untuk memulainya.

Pengetahuan khusus yang Anda punya, bisa menghasilkan rupiah dengan cara menawarkan layanan konsultasi kepada orang yang membutuhkan keahlian Anda. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah, Anda bisa memiliki jaringan atau kontak yang sudah ada, yang bisa Anda jadikan untuk memulai karir baru Anda.

Untuk memulai bisnis ini, tentunya, Anda harus memiliki kualifikasi yang mumpuni yang terdepan dan mutakhir di pengetahuan dengan semua tren dan perubahan di bidang keahlian Anda. Untuk itu, jika Anda tertarik, ada baiknya mulailah dengan membangun suatu jaringan, setelah itu buatlah situs web konsultasi, serta iklankan layanan Anda.

4. Menjadi Dropshipper

Rekomendasi bisnis selanjutnya yang bisa Anda lakukan dirumah yaitu, dengan menjadi seorang dropshipper. Bisnis dropship menjadi bisnis yang sangat trend di era digital marketing seperti ini. Terlebih, platform penjualan online seperti shopee, traveloka, lazada dan lain-lain menjadi media toko online yang banyak digandrungi oleh banyak konsumen di Indonesia.

Dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu mengeluarkan modal. Hanya bermodal telepon dan paket data saja, Anda sudah bisa memulai bisnis satu ini, sebab Anda tidak perlu memproduksi suatu barang untuk diperdagangkan. Cocok untuk ide bisnis ibu rumah tangga karena cukup menyisihkan beberapa jam dalam sehari dalam menjalankan bisnis ini.

Itu tadi daftar rekomendasi ide bisnis bagi ibu di rumah selama masa pandemi ini, sehingga para ibu di rumah tetap produktif meskipun banyak menghabiskan waktu hanya di rumah. Jadi, jangan salah, ibu rumah tangga sekalipun bisa menghasilkan rupiah, asal dalam mengerjakan bisnis-bisnis tersebut dilakukan sesuai kemampuan, telaten dan konsisten.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *