Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Ide Bisnis di Masa Pandemi yang Menjanjikan dan Bermanfaat

3 min read

ide bisnis

Ide bisnis di masa pandemi seperti saat ini sangatlah banyak. Banyak ide kreatif yang bermunculan karena adanya wabah virus Corona. Mengingat bahwa wabah ini sangat membatasi ruang gerak masyarakat.

Tetapi, bagi mereka yang ahli dalam bidang perbisnisan memanfaatkan keadaan ini untuk mengais rupiah. Mereka menciptakan peluang pekerjaan dan bisnis yang bisa melayani masyarakat dengan baik. Tentu saja dengan segala risiko yang dihadapi.

Dengan kata lain, hal ini merupakan ide bisnis dadakan pada masa pandemi. Sehingga ekonomi yang terdampak akibat adanya wabah ini bisa sedikit tertolong.

Ide Bisnis di Masa Pandemi

Di tengah-tengah merebaknya wabah virus Corona tidak menutup kemungkinan seseorang untuk selalu produktif. Banyak peluang yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang yang bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Banyaknya wilayah yang terdampak virus Corona mengakibatkan masyarakat kehilangan pekerjaannya. Tak heran banyak orang yang menjadi pengangguran saat pandemi ini. Tetapi, tidak perlu khawatir karena masih banyak ide untuk melakukan bisnis.

Anda yang akan memulai sebuah bisnis tidak harus dengan modal yang besar. Anda bisa memulai bisnis rumahan dengan modal kecil. Selain dengan modal yang kecil, bisnis rumahan juga lebih fleksibel.

Pada masa pandemi seperti ini, memanfaatkan teknologi adalah sebuah peluang yang sangat besar. Pasalnya, orang-orang tidak bisa langsung berinteraksi untuk mencukupi kebutuhannya. Mereka hanya melakukan berbagai transaksi di rumah secara online.

Adapun ide bisnis di masa pandemi yang bisa anda jadikan sebagai referensi diantaranya yaitu:

Produksi APD untuk Menghadapi New Normal

Pada masa new normal seperti saat ini, protokol kesehatan merupakan salah satu hal yang paling penting. Masyarakat sangat membutuhkan barang-barang pelindung ketika bertemu dengan orang banyak. Terutama saat berada di tempat umum.

Ini merupakan peluang bisnis bagi anda untuk memproduksi berbagai macam APD. Anda bisa memproduksi masker kain, face shield, sarung tangan, hand sanitizer, dan lain sebagainya. Selagi memiliki nilai jual semuanya bisa digunakan untuk berbisnis.

Buatlah masker yang unik untuk memberikan daya tarik pada konsumen. Sebab produksi masker rumahan saat ini sudah sangat banyak. Sehingga menghadirkan ciri khas adalah salah satu langkah terbaik.

Kurir

Ide bisnis di masa pandemi berikutnya adalah menjadi seorang kurir atau pengantar barang. Peluang ini sangatlah besar karena sebagian aktivitas jual beli yang dilakukan masyarakat via online. Sehingga membutuhkan perantara agar bisa mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Anda bisa membuka bisnis kurir barang untuk antaran di wilayah yang terjangkau. Misalnya, kurir makanan basah, kurir fast food, dan lain sebagainya. Hebatnya, jika membuka bisnis ini pasti akan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Sebab anda bisa memberikan tarif tiap kilometer atau per kilogram berat barang. Mungkin yang akan menjadi pesaing adalah mereka yang berani memberikan tarif minimum. Yang jelas bisnis satu ini sangat menjanjikan untuk masa pandemi seperti sekarang.

Walaupun sudah new normal tetapi kebutuhan masyarakat untuk keluar rumah dan berkerumun masih dibatasi. Sehingga kurir adalah alternatif mereka dalam melakukan kegiatan yang sifatnya tidak bertemu langsung. Kecuali benar-benar urusan yang mendesak baru mereka akan keluar rumah.

Membuka Jasa Personal Shopper

Ide bisnis di masa pandemi yang tidak kalah menariknya adalah personal shopper. Bisnis yang satu ini hampir mirip dengan kurir. Hanya saja, bisnis ini khusus dalam hal perbelanjaan.

Jadi, anda mempunyai beberapa pelanggan yang siap melakukan jual beli. Dalam hal ini, anda memiliki tugas untuk membelanjakan sesuai kebutuhan mereka. Untuk memasarkan bisnis ini anda bisa menyebarkannya melalui WhatsApp dan media sosial lainnya.

Memang pendapatan yang anda peroleh akan tergantung dengan mereka yang melakukan permintaan. Tetapi, anda juga bisa memberikan tarif sesuai dengan berat atau ringannya pekerjaan.

Membuka Usaha Katering Rumahan

Jika anda gemar memasak, tidak ada salahnya membuka usaha katering rumahan. Peluang usaha ini juga sangat besar. Apalagi di masa pandemi seperti ini banyak orang yang melakukan terjun lapangan demi misi kemanusiaan.

Tentu di antara kegiatan itu banyak orang yang menyediakan makanan bagi mereka. Untuk memasak sendiri mungkin tidak mempunyai banyak waktu. Cara simpelnya adalah dengan melakukan pemesanan pada katering rumahan. Ide bisnis di masa pandemi yang satu ini sangat menjanjikan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan para relawan, bisnis ini juga bisa mencukupi kebutuhan seseorang yang benar-benar sibuk. Mungkin mereka tidak memiliki waktu untuk memasak di rumah. Sehingga memilih memesan makanan sebagai alternatifnya.

Tetapi, perlu diketahui dalam menyajikan makanan sebaiknya juga memperhatikan beberapa hal. Yang terpenting adalah perihal kebersihan. Mengingat sedang adanya wabah virus Corona kebersihan merupakan hal utama yang harus dikedepankan.

Hal ini juga akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap bisnis yang sedang anda jalani. Dengan begitu, akan lebih mudah mengelolanya ketika masyarakat sudah banyak yang minat.

Dalam menjalankan ide bisnis di masa pandemi ini, anda juga bisa menyediakan beragam frozen food. Sebab banyak orang yang lebih memilih makanan yang simpel. Mereka juga lebih percaya bahwa frozen food lebih terjaga kehigienisannya.

Agen Asuransi

Untuk mempersiapkan kebutuhan di masa pandemi ini, jasa asuransi sangat dibutuhkan. Mengingat kesehatan adalah yang utama sehingga membutuhkan asuransi agar menghemat biaya. Selain itu, mereka juga sudah mempersiapkan tabungan untuk mengantisipasi jika ada keluarga atau diri mereka sendiri terserang wabah.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa biaya perawatan seseorang yang terdampak Covid-19 sangat mahal. Walaupun pemerintah siap menanggung semuanya, tetapi memiliki asuransi pribadi juga penting. Bisa saja di luar itu mereka membutuhkan penanganan yang lebih cepat.

Sehingga memiliki asuransi sangat penting dan tidak menimbulkan bencana finansial. Ide bisnis di masa pandemi yang bisa anda jalani adalah menjadi agen asuransi. Bisa dilihat selama masa pandemi ini penjualan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan semakin meningkat.

Berjualan Produk Fashion

Bisnis yang bisa anda lakukan ketika masa pandemi adalah berjualan produk fashion. Banyak masyarakat yang mungkin sudah bosan dengan pakaian yang itu-itu saja. Apalagi di rumah saja, membuat mereka semakin jenuh.

Memiliki baju yang bagus dan lucu adalah salah satu semangat mereka dalam menghadapi wabah virus ini. Anda bisa berjualan produk fashion secara online. Akan lebih bagus lagi jika anda menjual brand lokal dengan harga terjangkau.

Untuk metode pemasarannya bisa menggunakan media sosial. Biasanya yang paling laris adalah melalui Instagram. Sebab kebanyakan orang-orang sudah menggunakan Instagram.

Berjualan Produk Skincare

Nah, ide bisnis di masa pandemi berikutnya adalah berjualan skincare. Hal ini akan sangat laku keras. Mengingat masa pandemi ini adalah kesempatan emas untuk memanjakan diri.

Anda bisa menyediakan berbagai merk skincare yang terpercaya. Lagi-lagi anda harus memasarkannya melalui media sosial. Bisnis ini sudah pasti banyak peminatnya.

Walaupun hanya di rumah, mereka harus tampil fresh dan glow up. Sehingga bisa lebih maksimal untuk merawat diri dengan baik.

Itulah beberapa ide bisnis di masa pandemi yang bisa anda lakukan. Tekuni bisnis tersebut dan ciptakan berbagai inovasi agar bisnis tetap lancar.

0
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *