Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

16+ Ide Bisnis yang Cocok Ditekuni Anak Muda 2020

7 min read

ide bisnis anak muda

Bisniskuy.com – Ide bisnis anak muda saat ini sangat bervariasi. Ada banyak jenis ide yang bisa direalisasi menjadi sebuah usaha yang menguntungkan. Menjalankan bisnis untuk anak muda sangat mudah karena pemilik bisnis hanya perlu merencanakan, mengelola, dan memonetisasi waktu dengan baik.

Selain itu anak muda juga harus mengembangkan strategi dan membangun hubungan untuk mendapatkan sumber terbaik untuk produk bisnis dan memberikan peluang terbaik untuk menghasilkan pemasaran positif. Jadi apa saja ya bisnis anak muda yang bisa dicoba untuk anak muda?

Ide Bisnis Anak Muda yang Cocok Ditekuni

  1. Layanan Perbaikan Komputer

Jika Anda adalah seseorang yang ahli dalam melakukan layanan perbaikan komputer atau memiliki keahlian untuk semua hal berkaitan dengan teknologi, Anda dapat mempertimbangkan diri untuk memperbaiki komputer dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Ada fleksibilitas dalam menyediakan layanan perbaikan komputer. Di awal usaha Anda bisa memberikan layanan home service dan jika modal sudah cukup besar, Anda dapat mmengembangkan bisnis dengan menambahkan toko komputer yang memperbarui komputer bekas untuk dijual kembali secara online

  1. YouTuber

Dengan munculnya ponsel yang tinggi, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengedit video pendek dengan ponsel Anda yang dapat sepenuhnya dimonetisasi di YouTube secara gratis. Video Anda bisa membuat sebuah video lucu, dramatis, aneh atau bahkan keterampilan baru yang Anda tahu. Berkreasilah saja.

  1. Social media marketing

Dunia pemasaran internet adalah tentang mengetahui apa yang sedang hangat dan memberi tahu orang-orang tentang hal itu. Siapa yang lebih cocok melakukan keduanya daripada pengusaha muda? Anak-anak muda adalah pakar media sosial.

Anak muda menginspirasi para orang tua dan menjadi social media marketing bisa menjadi ide bisnis yang bagus karena anak muda  dapat membuat konten yang menghasilkan ide pemasaran cukup tinggi. memuji kebaikan dari proyek apa pun yang meraih mereka. Seperti ikan di air.

Anak-anak muda dapat menunjukkan kepada banyak orang bagaimana mendapatkan hasil yang sama dengan menggunakan media sosial dan pemasaran internet dengan benar. Bisnis ini dapat menghasilkan pendapatan yang konsisten.

  1. Reparasi Smartphone

Jika Anda pernah menemani anak kecil ke toko Apple, Anda mungkin telah menyaksikan keajaiban menonton anak kecil yang secara intuitif menguasai gadget canggih saat Anda duduk sambil mencoba mencari tahu bagaimana seseorang bisa terakses di halaman ESPN dan bagaimana cara keluar .

Hampir seolah-olah anak-anak kecil itu dilahirkan dengan manual produk yang sudah diunduh ke kepala kecil mereka. Nah, jika anak muda memiliki keterampilan dalam mengotak atik smartphone, maka keahlian itu dapat dipasarkan.

Jika Anda adalah seorang anak muda yang tampaknya mahir dalam mengatur berbagai hal dan membuat perangkat berfungsi, Anda dapat dengan mudah mendapatkan uang tambahan dengan menawarkan layanan seperti itu kepada orang-orang mungkin mengalami kesulitan teknologi.

  1. Menjual barang-barang lama

Anak-anak muda bisa berwirausaha dengan membiarkan mereka menggunakan kembali barang-barang yang ditemukan atau menjualnya kepada seseorang seperti seorang seniman atau orang-orang yang memiliki toko perbaikan komputer, toko pelapis atau toko barang antik yang dapat menggunakan kembali atau memperbaikinya.

  1. Fotografi

Bagi anak-anak yang suka berada di belakang kamera, fotografi bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan uang tambahan. Fotografer pemula dapat melisensikan pekerjaan mereka secara online dengan mengatur akun dengan iStock, Pinterset, Getty Images, Flickr, Dreamstime, dan platform berbagi foto lainnya.

Atau, Anda dapat membuat cetakan gambar dan menggunakannya pada kartu ucapan, poster atau kartu catatan bersama dengan cerita yang menarik, puisi atau prosa lain untuk dibarengi dengan gambar.

  1. Reseller

Reseller artinya adalah menjual kembali barang-barang secara online. Sebelum memulai jualan online, ketahuilah dulu sistem reseller yang banyak dianut oleh banyak orang. Reseller sendiri adalah julukan bagi seseorang yang menjual barang dari produsen atau distributor lain.

Sistem jualan ini cukup mudah untuk dimengerti, sekaligus menguntungkan para pemula yang baru mulai terjun dalam bisnis jualan via online. Kata kuncinya adalah menjual kembali, konsep menjual kembali ini cukup umum dilakoni oleh pedagang warung di sekitar kita. Bedanya mereka melakukannya secara langsung tanpa melalui media online.

Kelebihan dari menjadi seorang reseller adalah, Anda tidak perlu memiliki toko fisik yang kelihatan untuk dikunjungi orang lain, Anda cukup memiliki akun medsos atau e-commerce (shopee, tokopedia dll).

Barang yang bisa dijual sangat beragam, tidak terpaku hanya pada satu jenis barang saja. Misalnya, dalam satu akun penjual bisa menjual peralatan dapur, kosmetik dan pakaian dalam waktu yang bersamaan.

  1. Dropshipper

Ada juga istilah dropship dalam dunia jualan online, barang yang dijual sama-sama berasal dari supplier. Namun bedanya sistem dropship dengan reseller ini adalah, dropshiper tidak perlu mempunyai stok barang sendiri di rumah.

Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal sebanyak reseller di awal. Hal ini karena sebagai dropshiper, kamu adalah penghubung antara penjual dan juga pembeli. Keuntungan tetap kamu dapatkan dengan tugas mengiklankan serta menawarkan barang kepada calon pembeli.

Anda tetap bisa menjual barang atas nama toko online-mu sendiri, namun pengiriman barang tetap dari kota supplier berasal. Untuk hal lain seperti nama toko yang dicantumkan, hal itu tergantung dari sistem yang dibuat oleh supplier. Apakah akan menggunakan nama toko dropship atau tetap menggunakan nama toko supplier sendiri.

  1. MUA

Jika Anda memiliki kemampuan yang mumpuni dan ketertarikan dengan dunia make up, Anda bisa mulai memikirkan bisnis ini. Bagaimana caranya memulai? Selain terus mengasah kemampuan Anda untuk mengaplikasikan make up, cara untuk memulai bisnis ini adalah cukup dengan menggunakan sosial media dan memanfaatkan jaringan pertemanan.

Mintalah teman-teman Anda untuk menjadi model make up-mu, selain Anda yang mengunggah foto hasil riasan tersebut di akun sosial media milikmu. Temanmu juga akan mengunggah fotonya di akun pribadi miliknya. Otomatis akan ada lebih banyak orang yang mengetahui jasa make up artist milik Anda.

  1. Jual Makanan Ringan

Bisnis ini kedengarannya cukup sulit, namun ketika dijalankan akan menghasilkan pendapatan yang lumayan. Ide bisnis tersebut adalah distributor makan ringan atau snack. Sebagian besar dari Anda pastinya sudah sangat sering sekali menjumpai kios-kios di pinggir jalan yang menjual aneka macam makanan ringan.

Kenapa harus makanan ringan? Sebab makanan ringan menjadi semacam kebutuhan yang harus selalu ada setiap harinya. Melakukan berbagai macam aktivitas akan terasa lebih nikmat apabila ditemani dengan camilan.

Pada umumnya orang-orang ketika menonton televisi juga ditemani dengan makanan ringan. Ketika ngobrol dengan teman-teman akan lebih asyik jika ditemani dengan makanan ringan. Kebanyakan orang meskipun sudah kenyang tetap menginginkan untuk mengunyah makanan ringan. Hal seperti ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

  1. Blogger

Hanya dalam beberapa tahun, blog telah menjadi sebuah fenomena. Setiap hari, diperkirakan ada 175.000 blog baru dan lebih dari 1,6 juta pembaruan blog daring, menurut Technorati, perusahaan pelacakan blog. Untuk yang masih belum mengetahui apa itu blog, maka sebenarnya blog adalah sebuah media atau wadah bagi kita yang memiliki hobi menulis. Awalnya blog berasal dari kata “weblog” atau “web log”.

Saat ini, Blogger menawarkan blog pribadi dan multi-pengguna dengan template yang disesuaikan, entri bertanda waktu, halaman arsip, kemampuan berkomentar, dan kemampuan untuk menghasilkan pendapatan dari Google AdSense. Blogger juga memberi anggota “BlogThis!”

Kebanyakan orang menganggap blog sebagai jurnal atau buku harian online, atau buku diary. Adapun seorang blogger adalah seseorang yang membuat blog, atau menulis konten untuk sebuah blog. Blogging adalah tindakan menulis posting untuk blog. Jika Anda termasuk orang yang gemar membagi pengalaman, gemar bercengkerama dengan orang banyak, dan memiliki hobi menulis, maka menjadi blogger adalah pilihan yang tepat.

  1. Digital Marketer

Jika Anda memiliki passion di bidang pemasaran, ide bisnis anak muda yang bisa Anda coba adalah berkecimpung di bisnis digital marketing. Apalagi saat ini bisnis di bidang digital marketing  semakin menunjukan trend yang positif dan bahkan terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Hal ini karena usaha pemasaran secara digital lebih banyak disukai oleh para pebisnis daripada harus melakukan pemasaran dengan cara yang konvensional. Sistem pemasaran melalui digital dirasa lebih cepat menjangkau konsumen secara relevan dan tepat waktu.

Bisnis ini memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan Digital marketing menggunakan berbagai taktik dan saluran digital untuk terhubung dengan pelanggan.

  1. Videografer

Anda yang memiliki skill di bidang videografi, Anda bisa menggunakan skill Anda tersebut sebagai bisnis menjadi seorang videografer pernikahan. Videografi adalah bagian penting dari hari istimewa pengantin.

Videografer bekerja untuk membantu menangkap rekaman pernikahan dan momen-momen yang pantas mendapatkan perhatian ekstra seperti akad nikah, pengantin wanita yang berjalan menyusuri lorong, dengan pengantin pria. Serta tarian pertama, memotong kue, dan pidato.

Ada lebih dari 2 juta pernikahan di Indonesia setiap tahun. Jadi, seorang videografer pernikahan bisa menjadi pilihan karir yang menguntungkan dan makmur. Nah, Anda pasti menyadari bahwa saat ini semua hal sangat erat kaitannya dengan internet dan hampir setiap pebisnis ingin membuat brand mereka lebih terkenal melalui internet.

Internet  memang menjadi media yang sangat tepat untuk  menjual berbagai produk karena memiliki prospek yang sangat tinggi dibandingkan hanya promosi secara konvensional. Anda bisa menonjolkan kelebihan videografer Anda dengan sosial media dan internet marketing.

  1. Facebook Adverstiser

Banyak orang mulai mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan media sosial. Media sosial saat ini bukan hanya digunakan untuk berinteraksi kepada teman sejawat tapi juga bisa digunakan untuk berbisnis. Salah satu media sosial yang efektif untuk mengembangkan bisnis dan memang diplotkan untuk bisnis adalah facebook dan instagram.

Melalui  facebook advertiser atau disebut FB Ads, seorang pebisnis bisa mengembangkan usahanya dengan efektif dan efisien. Jika memang kita memiliki hobi dan passion di bidang ini, mengapa tidak Anda tekuni lebih dalam?

Tugas FB ads sendiri adalah menyebarkan konten iklan para pebisnis di timeline pengguna Facebook sesuai dengan target yang diinginkan atau mendekati suatu produk yang dijual, misalkan ketika kita berjualan raket tenis, maka kita akan menawarkan raket tenis ke orang yang minat atau hobby main tenis. Audience jenis ini bisa ditargetkan melalui Facebook Ads Core Audience (pemirsa utama).

Sejak dibeli, oleh facebook, instagram ads juga masuk ke dalam sistem FB ads sehingga kita bisa menjangkau audience yang ada di Instagram. Di dalam penempatan, kita bisa menandai feed Instagram dan stories Instagram dengan video durasi maksimal 15 detik atau foto dengan ukuran 9:16 piksel.

Para pebisnis pasti ingin sekali menggunakan FB ads untuk memasarkan produk mereka dan Anda bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin memasarkan produknya melalui facebook dan instagram. Keuntungan  bisnis di bidang ini sangat besar apalagi jika Anda berhasil menaikkan jumlah pembeli dari perusahaan yang kita tangani.

  1. Google Advertiser

Masih di dunia periklanan, jika Anda memiliki hobi internetan dan passion di advertising, kita bisa memanfaatkannya menjadi peluang bisnis. Dalam dunia bisnis, semua orang pasti membutuhkan jasa periklanan saat ingin memasarkan produknya? Untuk itulah bisnis di bidang periklanan ini tidak akan pernah mati.

Banyak perusahaan yang saat ini masih bisa bertahan karena iklan yang mereka buat. Dengan iklan, masyarakat jadi mengetahui tentang produk apa yang perusahaan jual. Salah satu sarana yang bisa mengiklankan berbagai produk adalah google adwords yang saat ini sudah berubah nama menjadi Goggle Advertiser.

Google advertiser atau ads  merupakan sarana promosi yang tepat dalam berbisnis, baik itu usaha offline atau pun online. Sekarang ini pengguna internet di Indonesia bertumbuh, jika kita tidak ikut mengambil bagian dalam trendd ini, maka kita sudah menyia-nyiakan peluang yang ada. Seperti yang sudah kita ketahui google merupakan mesin pencarian  terbesar dan banyak transaksi-transaksi penjualan dimulai dari mesin pencarian ini.

Jika sebuah produk bisa muncul dengan kata kunci yang dipilih pada halaman depan google, maka sudah bisa dipastikan akan berujung kepada transaksi yang menguntungkan. Apabila Anda  sudah memahami cara menggunakan Google Ads, kita bisa membuka bisnis layanan Google Ads untuk beberapa perusahaan yang ingin mengiklankan produk mereka.

Untuk bisa memasang iklan, sebuah perusahaan pemasang iklan harus memiliki website yang memiliki traffic tinggi dan itu juga yang menjadi tugas kita agar iklan kita disetujui. Bisnis di bidang advertising ini sangat menguntungkan selama kita mau menekuninya.

  1. Web Developer

Memiliki hobi dan passion di bidang IT? Ternyata hobi Anda  tersebut bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk menghasilkan uang. Saat ini dunia dipenuhi dengan era digitalisasi dan semua usaha yang tadinya konvensional mulai berakusisi menjadi online untuk mempertahankan eksistensi usahanya dan untuk menaikan omsetnya.

Jika Anda tertarik di dunia web development, Anda bisa menjadi seorang web developer dan menawarkan layanan kita ke beberapa perusahaan startup maupun perusahaan yang ingin memaintenance webnya.

Perkembangan web tidak akan pernah mati dan akan terus berkembang seiring waktunya. Lalu apa saja sih skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang web developer? Hal-hal yang dibutuhkan untuk bisa sukses di bidang IT ini adalah :

  • Bisa menulis halaman web dengan kombinasi bahasa markup.
  • Bisa membuat mockups dan prototipe yang berkualitas.
  • Bisa membangun situs WordPress dari awal.
  • Mampu memahami HTML dan CMS .
  • Mampu memahami UI dan UX.

Bagaimana? Apakah 16 ide bisnis anak muda di atas sudah bisa menginsipirasi Anda untuk mendirikan sebuah bisnis di kemudian harinya? Apapun nanti bisnisnya, pastikan Anda menekuninya dengan sebaik mungkin.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *