Sal
Pebisnis Keren
Seorang enterpreneur yang suka belajar hal baru tentang bisnis dan teknologi. Menulis blog adalah hobinya sejak lama
2 min read

Hannover Messe dan Peluang Penanaman Modal Asing di Indonesia

Posted in Industri

Penanaman modal asing (PMA) adalah istilah yang seringkali kita dengar ketika melihat berita bisnis di televisi. Sesuai dengan namanya, penanaman modal asing adalah investasi yang dilakukan oleh pihak asing bisa sebagai perusahaan ataupun individu untuk kepentingan bisnis di negara terkait.

Penanaman modal asing di Indonesia umumnya digunakan untuk menggambarkan keputusan bisnis yang melibatkan akuisisi saham yang signifikan dalam perusahaan asing atau pembelian langsung untuk memperluas operasi ke wilayah baru.

Membuka cabang baru atau anak perusahaan di Indonesia juga merupakan salah satu contoh dari adanya penanaman modal asing.

Hannover Messe 2023

Hannover Messe 2023 adalah salah satu pameran industri terbesar di dunia. Pameran ini diadakan setiap tahun di kota Hannover, Jerman. Hannover Messe menampilkan berbagai inovasi dan teknologi terkini dalam berbagai sektor industri, seperti otomasi, robotika, energi, teknologi informasi, logistik, dan banyak lagi.

Pameran ini menjadi platform bagi perusahaan dan organisasi untuk memamerkan produk, layanan, dan solusi terbaru mereka kepada para profesional industri, pengusaha, dan pengunjung lainnya. Hannover Messe juga menyediakan kesempatan untuk berbagai diskusi panel, konferensi, dan pertemuan bisnis, yang membantu dalam pertukaran pengetahuan dan membangun kemitraan baru.

Hannover Messe telah menjadi titik temu bagi pemimpin industri global, peneliti, pengembang teknologi, dan investor untuk menjelajahi tren terkini dalam transformasi digital industri dan mencari peluang kolaborasi dan investasi. Pameran ini memainkan peran penting dalam mendorong inovasi dan mempercepat kemajuan teknologi dalam sektor industri global.

Peran Indonesia dalam Event Hannover Messe

Indonesia, negara kita tercinta ternyata memiliki peran penting di dalam event Hanover Messe ini. Indonesia adalah negara pertama di ASEAN yang menjadi Official Partner Country. Selama kegiatan ini berjalan, Indonesia telah 3 kali menjadi official partner yaitu pada tahun 1995, 2021, dan 2023.

Tujuan utama yang ingin dicapai Indonesia dalam misi sebagai Official Partner Country Hannover Messe 2023 adalah menunjukkan bahwa Indonesia siap mengimplementasikan Industri 4.0. Industri 4.0 adalah konsep yang merujuk pada revolusi industri terbaru. Hal ini ditandai oleh integrasi teknologi digital ke dalam proses produksi dan manufaktur.

Industri 4.0 melibatkan penggunaan teknologi seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), komputasi awan (cloud computing), data analytic, dan otomasi untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan inovasi dalam lingkungan industri.

Selain itu, event ini bertujuan untuk meningkatkankerjasama bilateral dengan Jerman untuk memasuki supply chain network global. Di dalam event ini juga Indonesia membuktikan bahwa pembangunan Indonesia telah menerapkan pembangunan berkelanjutan yang mempermudah adanya investasi dan perizinan usaha kepada para investor.