Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Fungsi Chain Block Beserta Jenis dan Cara Menggunakannya

2 min read

Fungsi Chain Block Beserta Jenis dan Cara Menggunakannya

Fungsi chain block atau katrol sangat berperan dalam pengangkatan maupun penurunan alat berat atau mesin secara mudah. Peranan yang penting tersebut membuatnya wajib dimiliki oleh setiap industri. Terdiri dari komponen berupa rantai (chain), roll (pulley), pengait (hook block), dan roda gigi (gear).

Alat tersebut memiliki badan kecil, namun dapat menahan berat yang sangat berat. Alat tersebut menggunakan rantai sebagai penarik yang sudah dililitkan pada dua roda besi bergerigi. Sedangkan pada ujung rantai penarik memiliki kait yang berfungsi dalam mengaitkan barang. Sesuai kebutuhan industri, alat tersebut dapat menaikkan serta memindahkan barang berat sehingga dapat diturunkan ke lain tempat.

Jenis Chain Block Untuk Kegiatan Industri

Setelah mengetahui fungsi, selanjutnya ketahuilah jenis katrol tersebut.

Berdasarkan Cara Gerak

Jenis ini terbagi menjadi dua macam yakni chain katrol tetap dan katrol bebas. Pada chain block tetap, alat tersebut bekerja dengan sistem katrol tetap dan tidak bergerak. Contohnya saja katrol sumur.

Sedangkan chain block bebas, alat tersebut dapat bergerak naik turun. Sehingga dapat menaikkan serta menurunkan barang dengan mudah.

Berdasarkan Jumlahnya

Jenis ini memiliki dua bagian yakni chain block tunggal dan chain block ganda. Pada chain block tunggal hanya menggunakan satu sistem katrol. Sedangkan pada chain block ganda menggunakan dua sistem katrol. Fungsi ini untuk mengangkat beban lebih berat.

Berdasarkan Jenis Rantai yang Digunakan

Pertama, Manual Chain Hoist. Jenis ini pengoperasiannya secara manual dan sederhana. Alat tersebut bersifat portabel dan dapat dipasang dimanapun.

Kedua yakni Monorail Trolley Hand Chain Hoists yang dioperasikan secara manual. Beban dapat digeser secara manual dengan memakai rantai sepanjang rail.

Sedangkan ketiga, Corrosion Resistance yang terbuat dari resisten terhadap karat dan dikhususkan untuk dipakai di lingkungan yang berpotensi karat.

Lalu yang terakhir adalah Atex Hand Chain Hoists terbuat dari bahan yang anti ledakan dan fungsi chain block ini digunakan pada industri offshore yakni pengeboran minyak dan gas.

Cara Menggunakan Chain Block

Anda harus mengetahui cara menggunakan alat tersebut agar tidak terjadi kecelakaan kerja yang merugikan diri anda dan industri.

Sebelum anda menggunakannya, anda jauhkan alat tersebut dari bahan kimia. Jangan gunakan alat tersebut untuk barang yang melebihi kapasitas aturan beban.

Selain itu, hindari memasukkan kait pada link rantai. Begitu juga ketika anda sudah selesai menggunakannya, jangan meninggalkan barang dalam hook.

Untuk memaksimalkan fungsinya, anda juga harus menjauhkan alat tersebut dari air dan cairan asam. Begitupun dengan uap, karena dapat menimbulkan karat dan kerusakan.

Sebelumnya gunakan alat pelindung diri yang lengkap, kemudian siapkan katrol sesuai dengan kapasitas beban. Anda pastikan terlebih dahulu katrol tersebut dalam keadaan bersih dan tidak rusak. Kemudian kaitkan Hook Chain Block pada tumpuan yang terkuat. Pasanglah sling wire pada benda yang akan diangkat.

Ketika sudah terikat dengan benar, maka alat tersebut dapat digunakan. Anda kaitkan Hook pada sling yang anda ikatkan pada benda. Lakukan penarikan agar benda terangkat. Anda jangan terlalu dekat dengan benda tersebut untuk antisipasi apabila benda tersebut terjatuh.

Sebaiknya anda menggunakan alat tersebut sesuai dengan fungsi chain block, petunjuk, serta training terlebih dahulu, sehingga dapat menghindari risiko kecelakaan kerja. Selain itu, jangan mengganti panjang rantai tanpa rekomendasi suplier. Hal ini penting untuk anda perhatikan dengan baik.

Jual Chain Block Garansi Resmi

Jika anda hendak membeli chainblock, hendaknya membeli yang sudah pasti resmi dan bergaransi. Salah satu tempat juan chain block yang kami rekomendasikan adalah di Mega Jaya. Anda bisa mengunjungi website nya dan melihat-lihat daftar produk yang mereka miliki.

Dari website Mega Jaya, terlihat bahwa produknya cukup lengkap. Dari chain block untuk keperluan ringan sampai yang berat, misalnya chain block 5 ton, mereka memiliki produk tersebut. Mega Jaya juga menjanjikan garansi selama 5 tahun.

Demikian informasi singkat tentang chain block ini. Semoga bermanfaat.

0
Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *