Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Cara Mencari Lowongan Kerja dengan Cepat dan Mudah

1 min read

lowongan kerja

Apakah baru saja lulus kuliah? atau mungkin kamu sedang bosan dengan pekerjaanmu sekarang? Jika kamu adalah mahasiswa yang baru saja atau sudah lama lulus, pastinya ingin segera mendapatkan pekerjaan kan? Mencari pekerjaan sekarang ini bisa dibilang cukup susah. Hal ini karena ada banyak orang yang sama-sama membutuhkan pekerjaan. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara mencari lowongan kerja dengan cepat.

Pada artikel kali ini, bisniskuy.com akan membahas mengenai tips mencari lowongan kerja dengan cepat dan mudah. Mencari pekerjaan di jaman sekarang ini sudah berbeda dengan jaman dulu. Di era sekarang ini kamu harus bisa mengandalkan teknologi untuk melakukan sesuatu, termasuk di adalah mencari lowongan kerja.

Tips Mencari Lowongan Kerja dengan Cepat

Daripada berlama-lama yuk kita bahas satu persatu bagaimana cara mencari lowongan pekerjaan dengan cepat dan mudah.

1. Menggunakan Sosial Media

Sosial Media adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh kita semua saat memegang gadget yang kita miliki. Jangan hanya mencari hiburan saja di sosial media. Kamu juga dapat memanfaatkan sosial media untuk belajar, dan bahkan mencari pekerjaan.

Contoh yang paling mudah adalah dengan memanfaat kan Facebook dan Instagram. Di Instagram, kamu bisa search dengan menggunakan hashtagtertentu seperti #loker, ataupun #lowongankerja. Maka akan menampilkan informasi lowongan pekerjaan.

Jika di Facebook, kamu bisa memanfaatkan grup-grup komunitas yang biasanya di dalamnya juga ada yang share informasi lowongan kerja.

2. Menggunakan Situs Lowongan Kerja Jooble

Jooble adalah salah satu situs lowongan kerja yang dapat kamu manfaatkan untuk mencari pekerjaan. Dengan menggunakan Jooble kamu dapat mencari lowongan kerja di seluruh wilayah Indonesia.

Menggunakan Jooble sangat memudahkan para pencari kerja, karena selain desain situs nya yang simpel dan mudah digunakan, fitur pencarian dari Jooble sudah dibuat sedemikian rupa agar dapat mencari di wilayah atau kota tertentu.

Di homepage Jooble sendiri, sudah tersedia lowongan kerja yang dikategorikan baik berdasarkan kota, ataupun jenis pekerjaan yang dicari. Tentunya kamu bisa mencari di kotak pencarian juga ya.

3. Menggunakan Grup Whatsapp ataupun Telegram

Menggunakan whatsapp grup ataupun grup telegram juga bisa menjadi salah satu tips mencari pekerjaan. Di telegram ada channel yang berbagi informasi tentang lowongan pekerjaan. Kamu bisa bergabung ke channel tersebut dan memantau grup secara berkala.

Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan informasi terupdate dari aplikasi chatting.

4. Selalu Update Akan Informasi

Informasi lowongan kerja bisa datang darimana saja. Oleh karena itu, kamu harus selalu aware dan update akan informasi-informasi tersebut.

Jangan hanya melihat ke satu arah saja, bisa jadi di dekat rumah mu ada toko yang membutuhkan karyawan. Karena kamu hanya fokus ke Instagram saja, malah tidak mengetahui informasi ini.

5. Menyiapkan CV

Menyiapkan CV adalah langkah yang harus dilakukan ketika mencari pekerjaan. Meskipun kamu belum menemukan lowongan kerja tersebut, tetapi kamu harus sudah memiliki CV yang siap untuk dikirim sewaktu-waktu.

Ingat, mencari kerja adalah salah satu bentuk persaingan. Di luar sana tentunya banyak orang yang ingin mendapatkan pekerjaan sama dengan kamu. Untuk itu, kamu harus selangkah lebih maju dari mereka. Salah satunya adalah dengan menyiapkan CV ini.

Ketika membuat CV, buatlah CV semenarik mungkin. Hal ini dilakukan agar perusahaan tau apa kelebihan mu dan mengapa mereka harus menerima lamaran kerja mu.

Nah itu tadi, tips untuk mencari lowongan kerja dengan cepat. Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk mu.

1
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *