9 Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang

4 min read

cara memulai bisnis properti

Bisniskuy.com – Salah satu bisnis yang saat ini tengah berkembang yaitu bisnis properti. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis properti jika tidak memiliki modal sama sekali? Perkembangan bisnis properti ini didukung dengan semakin meningkatnya kebutuhan lahan tempat tinggal.

Banyak orang mulai berminat menjadi wirausaha seperti bisnis properti, karena keuntungan yang ditawarkan lebih menggiurkan. Tak sedikit pula, mereka yang sudah memulai menjadi seorang karyawan pada akhirnya memilih untuk berwirausaha.

Bagi Anda yang ingin merintis bisnis ini namun tidak memiliki modal sama sekali, ada beberapa tips yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut ini.

7 Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

  1. Rutin Melihat dan Mengecek Iklan Properti

Jika ingin menekuni bisnis properti, cara pertama yang harus Anda lakukan adalah rajin melihat iklan tentang properti. Anda bisa melihatnya dari berbagai media, salah satunya melalui internet. Carilah iklan yang dipasarkan oleh pemilik properti secara langsung atau tanpa perantara.

Langkah selanjutnya yaitu menghubungi pemilik iklan untuk meminta izin mengiklankan kembali propertinya. Anda juga bisa mencari tahu spesifikasi dari properti yang diiklankan terlebih dahulu.

  1. Melakukan Riset

Setelah mencari iklan tentang properti sebanyak-banyaknya, langkah selanjutnya yaitu melakukan riset. Hal ini bermanfaat untuk mencari tahu dan mempelajari berbagai pengetahuan tentang bisnis properti yang akan ditekuni.

Anda bisa membuat dan menyusun daftar mengenai cara jual beli properti dan kendala apa saja yang akan dihadapi nantinya. Dengan begitu, Anda akan lebih siap dengan segala tantangan, rintangan, dan hambatan yang dihadapi saat mulai menjalankan bisnis properti ini.

  1. Menjalin Kerja Sama

Cara agar bisnis properti Anda bisa dengan berjalan lancar meskipun tanpa modal adalah menjalin kerja sama, baik dengan pemilik properti maupun sesama agen properti.

Cara ini wajib dilakukan, terutama bagi Anda yang masih pemula di dunia bisnis properti. Bagi Anda yang tidak memiliki modal sama sekali, Anda juga bisa bergabung dengan perusahaan properti terlebih dahulu.

Anda juga tidak bisa memungkiri bahwa mencari properti yang ingin diperjualbelikan bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, dengan menjalin kerja sama yang baik bersama orang-orang yang berpengalaman dan mahir di bidang properti, maka akan sangat membantu Anda untuk mempelajari dan mengenal secara lebih mendalam.

Langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjalin kerja sama yaitu menemukan seseorang yang ingin mengiklankan propertinya. Anda juga bisa bekerja sama dengan sesama agen properti untuk patungan biaya pemasangan iklan dan saling membagi komisi.

Tidak hanya memudahkan Anda untuk mendapatkan iklan, cara ini juga dapat mempercepat pemasaran bisnis properti yang Anda tawarkan.

  1. Memperluas dan Memperbanyak Relasi

Saat menjalankan bisnis properti, maka Anda akan membutuhkan calon pembeli atau konsumen. Jangan terpaku dengan kesulitannya, karena Anda bisa mengatasinya dengan memperluas dan memperbanyak relasi atau hubungan.

Cobalah untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan yang baik dengan teman-teman Anda yang sudah jarang ditemui.

Anda juga bisa menawarkan iklan properti kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu, seperti anggota keluarga, kerabat, atau sahabat. Siapa tahu di antara mereka ada yang berminat atau sedang mencari properti yang Anda tawarkan.

Selain itu, Anda bisa menawarkannya dengan cara merayu dan membujuk, namun hindari kesan memaksa karena hal ini justru tidak akan membuahkan hasil apapun alias nihil.

  1. Selalu Bersikap Jujur

Sikap jujur merupakan kunci dalam menjalankan segala aspek kehidupan, tak terkecuali saat Anda menggeluti bisnis properti.

Dengan sikap jujur sangat diperlukan sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan dalam berbisnis, apalagi jika posisi Anda masih sebagai perantara. Hindari sikap suka berbohong agar tidak menimbulkan rasa kecewa, baik pada pemilik properti maupun pembeli.

Rasa kecewa akibat ketidakjujuran yang Anda lakukan akan merusak kepercayaan dan kerja keras yang dibangun selama ini. Meski tanpa modal sama sekali, bisnis properti yang dijalankan tetap bisa berjalan dengan bermodalkan kejujuran.

Dengan begitu, bisnis Anda akan terus berkembang, dibutuhkan, dan direkomendasikan oleh orang-orang yang pernah menggunakan jasa Anda.

  1. Membuat Situs Jual Properti Sendiri

Di era seperti saat ini, Anda bisa memanfaatkan perkembangan teknologi melalui media online untuk memasarkan properti. Membuat situs jual properti untuk beriklan ini merupakan salah satu cara memulai bisnis properti tanpa modal yang dinilai efektif.

Tak bisa dipungkiri jika sebagian orang akan mencari sesuatu, baik barang maupun jasa melalui internet. Bagi para pemula yang bergelut di dunia bisnis apapun, sangat disarankan untuk memiliki situs pemasaran sendiri.

Anda bisa menggunakan fitur gratis seperti wordpress.com atau blogger.com sebagai langkah awal untuk memulai memasarkan properti. Jika bisnis sudah berkembang dan memiliki cukup banyak klien, Anda bisa menggunakan domain berbayar agar lebih profesional.

Nantinya, iklan properti yang diunggah pada situs pemasaran yang Anda buat akan menarik perhatian calon pembeli. Karena di sini posisi Anda hanya sebagai perantara, jangan mencantumkan informasi kontak penjual atau pembeli. Semua proses transaksi harus melalui kontak Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan akun media sosial pribadi untuk mengiklankan properti. Untuk meningkatkan penjualan properti dan bisnis Anda bisa dikenal secara luas oleh masyarakat.

Anda juga harus rajin melakukan promosi baik melalui website atau akun media sosial yang Anda miliki, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.

  1. Mengatur Keuangan dengan Baik

Kunci sukses saat Anda menjalankan bisnis apapun adalah bijak dalam mengatur keuangan. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian keuntungan dari komisi yang Anda peroleh. Bijaklah dalam mengelola keuangan agar bisnis Anda bisa terus berkembang dan melebarkan sayap.

Apabila Anda bisa mengatur keuangan dengan bijak, tidak hanya bisnis saja yang semakin besar dan berkembang, namun Anda juga bisa bersedekah. Dengan begitu, rezeki akan semakin dimudahkan dan dilancarkan oleh Tuhan.

  1. Membuat Merk Usaha atau Branding

Ketika bisnis properti yang ditekuni bisa berjalan dengan lancar, Anda bisa membuat merk usaha atau branding sendiri agar terkesan lebih profesional. Carilah nama brand yang mudah untuk diingat dan daftarkan nama tersebut secara hukum untuk menghindari plagiarisme atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Biasanya calon pembeli atau penjual akan lebih memercayai suatu usaha penyedia jasa yang sudah memiliki nama sendiri.

Namun, cara ini bisa Anda lakukan jika bisnis yang dirintis memang sudah berjalan lancar dan berpenghasilan cukup tinggi karena untuk mendaftarkan merk usaha atau branding membutuhkan biaya.

Bagi Anda yang masih pemula namun ingin memiliki brand usaha sendiri, Anda bisa meminjam modal kepada keluarga, kerabat, atau bank. Namun, Anda juga harus berkomitmen untuk mengembalikan pinjaman modal tersebut secara tepat waktu

  1. Mencari Karyawan

Saat bisnis yang sudah besar dan berkembang dengan baik, Anda tidak mungkin mencari calon pembeli dan penjual properti sendirian, bukan?

Oleh karena itu, Anda bisa mencari karyawan untuk membantu dan bekerja sama dalam memperbesar bisnis. Anda bisa mempekerjakan karyawan untuk  membantu mengurus segala keperluan administrasi dan pemasaran properti.

Dengan berbekal pengalaman yang cukup banyak karena memulainya dari nol dan merekrut karyawan yang kompeten, bisnis properti Anda akan semakin berkembang.

Dengan memiliki karyawan yang kompeten dan berintegritas, maka akan meminimalisir kemungkinan terjadinya kegagalan dalam berbisnis.

9 cara memulai bisnis properti di atas bisa dicoba dan diterapkan, terutama bagi Anda yang tidak memiliki modal sama sekali atau modal yang sangat kecil.

Dengan berbekal keuletan, kerja keras, dan kejujuran, bukan hal yang mustahil lagi bagi Anda untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses di bidang properti dengan keuntungan yang besar dan menggiurkan.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *