Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

BukuWarung, Aplikasi Pembukuan Usaha Tanpa Ribet

1 min read

Aplikasi Pembukuan Usaha Tanpa Ribet

BukuWarung merupakan aplikasi pembukuan usaha kecil dengan mudah dan sederhana. Bisa mencatat utang pelanggan dan penjualan.

Mencatat merupakan hal yang sangat penting. Apapun jenis usaha anda, catatan menjadi kunci utama untuk mengetahui perkembangan usaha. Namun, tak jarang banyak diantara kita yang malas mencatat. Apalagi nominal transaksi yang kecil. Padahal, hal-hal kecil ini jika tidak diperhatikan akan berujung masalah yang besar.

Di era serba digital ini, mencatat bukan lagi hal yang membosankan. Banyaknya aplikasi berbasis android yang menawarkan fitur pembukuan membuat semua lebih mudah dalam genggaman. Seperti aplikasi BukuWarung. Aplikasi ini digadang-gadang mampu mempermudah catatan arus keuangan usaha anda dan meningkatkan jumlah pendapatan anda. Sebab, fiturnya dilengkapi dengan notifikasi otomatis kepada pelanggan. Sehingga, anda tidak akan rugi.

Nah, Bagaimana cara mendapatkan aplikasi ini? Jangan khawatir, aplikasi ini bebas biaya dan bisa didapatkan di play store smartphone anda. Pun, cara mendaftarnya sangat gampang. Setelah mengunduh aplikasi ini, pilih bahasa yang ingin digunakan. Yakni Bahasa Indonesia atau Inggris. Kemudian, masukkan nomor telepon dan pastikan nomor anda aktif. Setelah mendapat kode verifikasi melalui WhatsApp, input kode di laman yang disediakan. Dengan begitu, Aplikasi ini sudah bisa digunakan.

BukuWarung ini menyediakan tiga fitur. Yaitu pencatatan utang, laporan dan pencadangan data. Lalu, bagaimana cara mengaplikasikannya?

Fitur Aplikasi BukuWarung

Aplikasi Pembukuan Usaha Tanpa Ribet

Pencatatan Utang

Digunakan untuk mencatat utang dan piutang usaha kepada pelanggan. Dengan menghubungkan kontak yang sudah ada di smartphone anda. Namun, jika belum, anda bisa mendaftarkannya sebagai nomor baru.

Untuk mencatat utang pelanggan baru, anda hanya perlu memilih fitur pelanggan baru di pojok kanan bawah. Kemudian, masukkan nama, nomor telepon, jumlah transaksi. Nomor telepon ini tidak wajib dimasukkan. Tetapi, jika anda ingin menggunakan fitur pengingat pembayaran otomatis, anda harus memasukkan nomor pelanggan tersebut.

Pilihan belum bayar dan sudah bayar juga tertera di layar atas. Anda tinggal memilih sesuai dengan transaksi yang dilakukan. Nah, jika pelanggan mencicil utangnya, BukuWarung secara otomatis mencatat sisa utang yang harus dibayar oleh pelanggan.

Laporan Transaksi

Fitur ini merupakan lanjutan setelah anda menginput data dari pelanggan. Laporan transaksi yang ditampilkan sangat detail dan mudah dipahami. Diantaranya tertera nama pelanggan, jumlah transaksi, metode pembayaran, dan tanggal jatuh tempo jika pelanggan berutang. Anda juga bisa menyimpan laporan ini dalam bentuk PDF. Anda bisa unduh laporan anda dan selanjutnya mungkin print.

Pencadangan Otomatis

Data anda otomatis akan disimpan di server BukuWarung ketika anda mendaftar ke aplikasi ini. Yakni dengan memasukkan email dan nomor telepon. Jika anda ingin berganti ke smartphone lain, tidak perlu khawatir data ini akan hilang. Sebab, data secara otomatis tersimpan di nomor telepon yang anda daftarkan.

Seperti penjelasan di atas, aplikasi pembukuan usaha ini cukup mudah dan simpel. Yang lebih menyenangkan, aplikasi ini tidak ada iklan. Sehingga tidak terganggu saat input data laporan transaksi usaha anda. Jadi, Apakah anda tertarik mencoba BukuWarung untuk kemajuan usaha UKM anda?

Download Aplikasi BukuWarung di Google Play

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *