Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Begini Cara Membuat dan Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan yang Baik

1 min read

Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan

Sebuah perusahaan yang sedang melakukan perekrutan karyawan baru hendaknya mempromosikannya dengan cara yang tepat dan menarik. Cara promosi yang paling ampuh menarik minat calon pelamar adalah iklan lowongan pekerjaan. Hal ini bertujuan agar calon pelamar mengetahui apa saja posisi dan syarat yang berlaku. Berikut cara membuat dan contoh iklan lowongan pekerjaan.

Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan yang Baik

Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan

Berbagai platform dan situs lowongan kerja dapat dimanfaatkan oleh perusahaan yang hendak merekrut tenaga kerja baru. Namun, sebelumnya harus dilakukan persiapan yang matang terlebih dahulu agar informasi yang disebar sesuai dengan apa yang perusahaan inginkan. Dibutuhkan perpaduan antara marketing, desain, dan komunikasi yang baik untuk mewujudkan ini.

Setidaknya terdapat 4 unsur utama yang harus diperhatikan supaya informasi penerimaan pegawai baru tersampaikan dengan jelas dan meminimalisir kekeliruan. Yang pertama, posisi dan jabatan yang tersedia. Informasi ini harus dipaparkan dengan jelas untuk menghindari kebingungan dari calon pelamar tentang posisi apa yang dibutuhkan.

Yang kedua, persyaratan yang dibutuhkan. Contoh iklan lowongan pekerjaan yang banyak temukan pasti akan memuat hal ini. Informasi tentang syarat ini dimaksudkan agar kriteria calon pelamar sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Yang ketiga, tenggat waktu penerimaan karyawan baru harus jelas agar tidak ada berkas masuk yang melebihi batas waktu tersebut.

Yang keempat, alamat pengiriman surat lamaran pekerjaan. Jika berkas lamaran berupa fisik dokumen, maka perusahaan harus mencantumkan alamat yang bisa dituju. Jika berkas lamaran cukup berupa softfile, maka tempat untuk mengirimkan berkas juga harus jelas. Apakah dikirim melalui form online, email, WhatsApp, atau lainnya.

Hal yang Harus Ada di Dalam Iklan Lowongan Pekerjaan

Cara Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan

Ada beberapa jenis iklan yang biasa dipublikasikan oleh perusahaan. Ada iklan yang singkat dan sederhana, ada iklan yang menggunakan desain, ada yang diunggah melalui website. Contoh iklan lowongan pekerjaan yang akan dibahas adalah iklan yang akan diunggah melalui website.

Hal pertama yang harus ada adalah nama perusahaan beserta deskripsinya. Misal, PT Surya Abadi adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang percetakan dan telah mendominasi pasar domestik. Dalam rangka mengantisipasi industri dan trend yang terus berkembang, maka PT Surya Abadi membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi posisi sebagai graphic designer.

Informasi selanjutnya yang harus tercantum adalah syarat administrasi pelama. Contohnya, Persyaratan Administratif: Laki-laki atau perempuan dengan usia maksimal 25 tahun, Lulusan D3/S1 program studi graphic design, IPK minimal 2.70 dalam skala 4.00, Memiliki pemahaman tentang desain, advertising, dan printing, Memiliki keahlian mengoperasikan software desain.

Hal selanjutnya yang harus ada di contoh iklan lowongan perkerjaan adalah berkas lamaran yang dibutuhkan. Berkas Lamaran yang Harus Dikumpulkan: Surat lamaran pekerjaan, Foto copy ijazah terakhir yang dilegalisir, Foto copy transkrip nilai yang dilegalisir, Daftar riwayat hidup, Mengirimkan portofolio artwork hasil desaign sendiri, Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4.

Kemudian juga disampaikan batas waktu dan alamat pengiriman berkas lamaran. Misal, Pengiriman berkas lamaran paling lambat tanggal 21 September 2020 pada pukul 17.00 WIB. Berkas dapat dikirimkan langsung ke HRD PT Surya Abadi, Jl. Burung Hantu No. 111, Jakarta Selatan atau diunggah melalui email: [email protected]

Pembuatan iklan penerimaan pegawai baru memerlukan persiapan yang matang dari perusahaan. Semua informasi yang dituliskan harus jelas dan tidak membingungkan. Iklan di atas dapat dijadikan sebagai contoh bagi perusahaan yang akan melakukan perekrutan tenaga kerja baru. Beberapa informasi dapat disesuaikan dengan kondisi perusahaan.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *