Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

30+ Ide Bisnis Bidang Teknologi Menjanjikan di Masa Depan

7 min read

bisnis bidang teknologi

Bisniskuy.com – Teknologi semakin lama semakin berkembang. Hal ini berdampak pada semakin beragamnya profesi yang bermunculan. Sebagai contoh adalah UI/UX designer yang tidak banyak ditemui belasan tahun yang lalu, tetapi saat ini jumlahnya semakin meningkat. Bisnis bidang IT teknologi juga menjadi lebih berkembang karena kebutuhan konsumen juga semakin bervariasi.

30 Ide Bisnis Bidang IT Teknologi

  1. Mendirikan startup

Seiring dengan perkembangan teknologi, startup menjadi semakin berkembang setiap saat. Anda juga bisa mengembangkan startup dengan berbagai topik yang semakin menarik untuk dikembangkan. Anda bisa mengombinasikan berbagai tema dalam startup Anda. Sebagai contoh adalah start-up pertanian yang saat ini semakin berkembang.

Anda bisa menambahkan fitur untuk pembelian produk pertanian secara langsung dari petani hingga fitur pendanaan bagi proyek pertanian. Selain itu, aplikasi yang Anda kembangkan juga bisa digunakan oleh petani dengan cara penambahan fitur yang dapat menemukan petani dengan para pakar pertanian sehingga petani bisa mendapatkan solusi yang lebih konkret dan relevan.

  1. Jual beli komputer

Jual beli komputer adalah contoh peluang usaha di bidang komputer yang paling sering ditemui.  Anda bisa menjual berbagai tipe komputer, laptop, hingga smartphone dalam satu toko yang sama. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan online shop untuk menjual produk Anda ke berbagai tempat.

Selain hardware, Anda dapat menjual software official yang sering digunakan. Hal ini berguna supaya konsumen mendapatkan perangkat lunak yang resmi dari developer aplikasi tersebut.

  1. Mendirikan perpustakaan online

Jika Anda tertarik dengan dunia pendidikan, maka Anda bisa mendirikan perpustakaan online. Anda dapat bekerja sama dengan berbagai perpustakaan untuk mendapatkan buku dalam bentuk softcopy kemudian Anda bisa mengunggahnya di laman pribadi perpustakaan online Anda.

  1. Menjadi content creator

Content creator saat ini sudah sangat berkembang. Ada berbagai platform untuk membagikan hasil karya Anda, salah satunya adalah YouTube. Menjadi content creator di YouTube menjanjikan keuntungan yang sangat tinggi. Anda bisa mengangkat tema yang paling Anda minati.

Selain diunggah di kanal pribadi, Anda juga bisa bekerja untuk proyek tertentu. Contohnya adalah content creator untuk iklan produk. Anda akan menerima bayaran atas proyek yang membantu pemilik produk mengiklankan produknya. Namun bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar karena memerlukan perangkat berupa laptop dan kamera yang berkualitas.

Disamping itu, Anda akan memerlukan software video editing yang digunakan untuk menghasilkan video konten. Software ini biasanya membutuhkan biaya langganan setiap bulannya dan cukup mahal untuk setingkat content creator pemula. Oleh karena itu, Anda harus siap dengan berbagai kemungkinan modal yang harus dikeluarkan untuk menjalankan bisnis ini.

  1. Menjadi content writer

Content writer adalah jenis bisnis bidang IT Teknologi yang cocok untuk Anda jika Anda tertarik dalam bidang penulisan. Anda bisa menulis berbagai topik yang bisa diunggah di website pribadi Anda. Modal yang diperlukan juga tidak banyak, hanya laptop dan kemampuan Anda dalam menghasilkan tulisan yang berkualitas.

  1. Menjadi travel blogger

Travel blogger seakan menjadi pekerjaan impian bagi sebagian orang. Hal itu karena travel blogger dapat menghasilkan uang sekaligus berjalan-jalan. Untuk memulai menjadi travel blogger, Anda perlu memperhatikan platform yang akan Anda gunakan dan konten yang Anda ingin hasilkan. Jika Anda hanya ingin membuat tulisan, maka blog pribadi saja sudah cukup.

Namun jika Anda ingin menghasilkan video dan tulisan sekaligus, maka Anda perlu menyiapkan kanal pribadi di YouTube. Sebelum memulai bisnis ini, Anda juga harus mengetahui bagaimana konten Anda bisa menghasilkan uang karena hal ini akan mempengaruhi strategi pengembangan konten dan kanal pribadi Anda.

  1. Menjadi SEO Writer

SEO Writer berbeda dengan Content Writer. SEO writer adalah penulis yang berfokus pada menghasilkan tulisan sehingga dapat membuat tulisan tersebut berada pada halaman pertama Google bahkan berada pada barisan atas.

Hal ini berguna untuk membuat website Anda dikunjungi lebih banyak orang dan dapat menghasilkan uang dari iklan yang dipasang. SEO writer menggunakan teknik tertentu dengan menggunakan kombinasi dari kata kunci yang paling sering dicari dan komponen lainnya.

SEO writer juga diperlukan oleh para pelaku bisnis terutama startup untuk membuat website mereka berada pada barisan atas mesin pencarian Google. Hal ini juga berdampak pada produk yang dijual agar bisa lebih laku.

  1. Menyediakan jasa service komputer

Beberapa tempat penjualan komputer terkadang tidak menerima servis komputer atau laptop dengan seri yang lama. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk dijadikan peluang bisnis bidang IT teknologi. Anda bisa menyediakan jasa service laptop dan komputer.

Selain itu, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan jual beli laptop bekas. Hal ini berguna untuk mendapatkan komponen yang perlu diganti dari laptop lain yang sudah rusak. Contohnya adalah keyboard. Jika Anda mengombinasikan jasa service dengan jual beli laptop bekas, maka Anda bisa saja mendapatkan keyboard yang masih berfungsi dari laptop yang sudah tidak digunakan.

  1. Menjadi app developer

Saat ini banyak aplikasi yang dikembangkan untuk membantu kehidupan kita sehari-hari. Smartphone yang telah menjadi bagian dari hidup kita tentu memerlukan aplikasi untuk menjalankan program tertentu. Anda bisa mengambil hal ini sebagai ladang bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan.

Ada berbagai aspek kehidupan yang dapat dikembangkan dalam bentuk aplikasi mulai dari aplikasi untuk home workout, aplikasi pengingat minum air putih, aplikasi pengatur penggunaan smartphone, hingga aplikasi untuk video editing.

Anda bisa menjadi app developer dari rumah atau dari mana saja. Hal ini disebabkan karena untuk menciptakan aplikasi, Anda tidak memerlukan tempat khusus. Anda hanya memerlukan ide yang matang dan perangkat yang mendukung untuk mengembangkan aplikasi.

  1. Menjadi web developer

Web developer sedikit berbeda dengan app developer. Pekerjaan utama web developer adalah mengembangkan website supaya lebih menarik dan mudah digunakan. Web developer juga tidak memerlukan tempat khusus untuk bekerja sehingga Anda bisa mengerjakannya dimana saja.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi konsultan untuk perusahaan yang berbeda dan tidak terikat hanya dengan satu perusahaan saja. Pekerjaan ini juga dapat dilakukan tanpa terikat waktu dan sangat fleksibel.

  1. Menjadi server provider

Seiring dengan perkembangan teknologi, beberapa website memerlukan server untuk menampung pengunjung yang datang. Semakin ramai suatu website, maka semakin besar server yang diperlukan. Jika Anda memiliki pengetahuan di bidang ini, maka Anda bisa saja mendirikan bisnis dengan menyediakan server untuk berbagai website.

  1. Menjadi desainer grafis

Bisnis jasa desainer grafis merupakan bisnis bidang IT teknologi yang cukup menguntungkan. Terlebih jika Anda memiliki pengalaman, reputasi, dan portofolio yang menarik. Hal-hal itu akan semakin meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan proyek dan meningkatkan daya jual Anda. Untuk memulai bisnis ini, Anda memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung.

  1. Menjadi konsultan sosial media

Penggunaan sosial media dalam kehidupan sehari-hari juga tidak dapat terpisahkan. Saat ini banyak iklan produk yang muncul di berbagai sosial media. Hal ini cukup menguntungkan bagi pelaku bisnis karena iklan yang diberikan sudah tepat sasaran.

Meningkatnya iklan pada sosial media berdampak pada munculnya profesi baru yaitu konsultan sosial media. Anda bisa menawarkan jasa analisis efisiensi iklan pada sosial media tertentu dan memberikan rekomendasi sosial media yang tepat bagi pelaku bisnis yang menggunakan jasa Anda.

  1. Menjadi konsultan IT

Menjadi konsultan IT adalah peluang usaha di bidang TKJ yang cakupannya luas. Anda bisa menjadi konsultan jasa pemasangan CCTV, jaringan dalam kantor, service perangkat, hingga alarm keamanan otomatis.

Anda juga dapat mengombinasikannya dengan jual beli perangkat yang berkaitan. Hal ini dapat menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa Anda sekaligus membeli produk yang Anda ditawarkan.

  1. Menjadi web designer

Berbeda dengan web developer yang berfokus pada pengembangan website, web designer berfokus pada desain website menjadi lebih menarik. Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan oleh pemilik website yang sudah cukup besar dan memerlukan desain yang sesuai dengan tema perusahaan.

Setiap perusahaan tentu memerlukan tampilan yang unik dan mempertontonkan kesan yang baik bagi pengunjung website. Oleh karena itu, peran web designer sangat diperlukan. Semakin menarik portofolio yang Anda miliki, maka semakin banyak value yang bisa Anda berikan kepada client Anda.

  1. Menjadi pengembang game android

Salah satu bentuk aplikasi yang paling sering digunakan pada smartphone adalah game. Jenis dan jumlah game yang ada saat ini juga semakin meningkat setiap waktunya. Berbagai game dari berbagai genre juga terus dihasilkan.

Anda bisa menggunakan momentum ini sebagai peluang bisnis berbasis aplikasi yang cukup menjanjikan. Hal ini karena mengembangkan game android tidak memerlukan modal yang sangat besar. Selain itu, Anda juga bisa berkreasi sendiri dengan game yang ingin Anda ciptakan termasuk genre yang akan diangkat.

  1. Menyediakan jasa printing 3D

Jasa printing 3D merupakan bisnis teknologi terbaru yang saat ini sangat diperlukan. Hal ini karena printing 3D dinilai lebih efisien dan lebih detail dalam menghasilkan suatu produk. Akan tetapi modal yang diperlukan juga cukup besar. Oleh karena itu, Anda perlu membangun jejaring sosial yang luas untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

  1. Menjadi professional gamer

Siapa sangka menjadi gamer profesional juga bisa mendatangkan rejeki. Anda bisa memilih beberapa game yang Anda minati kemudian Anda tekuni hingga menjadi seorang profesional. Ada berbagai turnamen game yang menawarkan hadiah dalam jumlah yang cukup besar.

Hal ini tentu sangat menarik jika Anda berminat dalam dunia gaming. Terlebih jika nama Anda sudah sangat terkenal, bukan tidak mungkin game developer akan membutuhkan jasa Anda untuk menilai game yang akan mereka luncurkan.

  1. Menjadi reviewer gadget

Berbagai gadget kembali dihasilkan setiap waktunya. Salah satu profesi yang muncul dengan versi baru adalah reviewer gadget. Dahulu reviewer gadget hanya bertugas menilai gadget dan mempublikasikan review dalam bentuk tulisan di majalah, namun saat ini reviewer gadget dapat menilai dalam bentuk video yang diunggah ke YouTube atau sosial media lainnya.

Uang yang dihasilkan reviewer gadget umumnya berasal dari hasil viewers dan iklan di kanal pribadi YouTube atau dari perusahaan produsen gadget. Akan tetapi, Anda harus memberikan penilaian seakurat mungkin supaya para pembaca dan penonton terbantu dengan review yang Anda berikan.

  1. Menjadi fotografer produk

Fotografer produk merupakan bisnis bidang IT Teknologi yang masih jarang diminati. Sebagai seorang fotografer produk, Anda dituntut untuk menghasilkan foto yang dapat menampilkan sisi menarik dari suatu produk dan meningkatkan minat konsumen untuk mendapatkan produk tersebut.

  1. Menjadi reviewer aplikasi

Selain gadget, Anda juga bisa melakukan review untuk aplikasi yang baru saja diluncurkan. Sebagai contoh adalah reviewer game. Anda bisa membuat video yang mempertontonkan Anda sedang bermain game baru tersebut. Sekaligus Anda juga bisa menilai hal apa yang menarik dari game tersebut.

  1. Menjadi hacker

Meskipun hacker sering diidentikan dengan pekerjaan kotor, tetapi ada beberapa hacker yang memang bekerja untuk menemukan celah dari suatu website dan aplikasi. Jika Anda berminat pada bidang peretasan, mungkin bisnis ini cocok untuk dikembangkan dalam kegiatan yang positif. Apabila celah dari suatu website ditemukan, maka data para pengguna juga menjadi lebih aman.

  1. Membuat aksesoris perangkat keras

Bisnis aksesoris perangkat keras seperti case laptop atau HP merupakan usaha kecil berbasis teknologi yang sangat menguntungkan. Anda bisa menggunakan platform jual beli online untuk membantu memasarkan produk Anda.

Ada berbagai contoh aksesoris yang bisa dikembangkan menjadi berbagai bentuk dan desain. Sebagai contoh adalah case handphone yang tersedia dalam berbagai model dan bahan. Selain itu, aksesoris ini juga cukup diminati karena menambah sisi estetik dari gadget konsumen.

  1. Mengembangkan robot

Jika Anda memiliki kemampuan programming dan elektronika, maka Anda bisa juga mengembangkan robot-robot sederhana. Beberapa perusahaan teknologi tentu memerlukan robot untuk melakukan hal-hal sederhana seperti membukakan pintu atau sebagai asisten pribadi.

  1. Menjadi data analyst

Data Analyst adalah salah satu bisnis yang cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan berpikir dan analitis yang kuat. Anda dapat bekerja untuk mengolah data dalam jumlah yang banyak dan menghasilkan kesimpulan yang mudah dimengerti oleh client Anda.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis data analyst, saat ini banyak tersedia online course yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kemampuan dalam menganalisa data baik menggunakan Excel, SPSS, atau software lainnya.

  1. Menjadi UI/UX Designer

UI dan UX designer adalah pekerjaan yang berguna untuk menghasilkan tampilan yang ramah bagi pengguna aplikasi dan website. Jika Anda memiliki ketertarikan di dunia desain grafis dan programming, maka bisnis ini cukup menguntungkan.

Anda bisa menawarkan client Anda konsep baru dalam aplikasi yang mempermudah pengguna dalam mengoperasikan aplikasi. Selain itu, aplikasi yang dihasilkan juga lebih menarik dari segi tampilan.

  1. Mendirikan Internet Café

Internet café merupakan tempat yang cocok bagi para freelancer atau pelaku bisnis yang ingin bekerja dan bertemu dengan client. Anda bisa menyediakan berbagai menu minuman dan makanan ringan bagi para konsumen. Hal yang terpenting adalah koneksi internet yang cepat karena semua konsumen yang datang memerlukan koneksi internet yang stabil untuk menunjang pekerjaan.

  1. Membuat podcast

Podcast saat ini semakin diminati oleh masyarakat. Hal ini karena seseorang dapat memahami isi buku sambil melakukan pekerjaan lain tanpa harus membukanya. Untuk menghasilkan podcast yang menarik, Anda memerlukan microphone yang berkualitas dan intonasi suara yang enak didengar. Hal tersebut berguna supaya pendengar tidak bosan mendengarkan podcast yang Anda hasilkan.

  1. Menjadi influencer

Menjadi influencer di dunia teknologi juga cukup menguntungkan. Anda bisa memanfaatkan sosial media Instagram untuk membagikan hasil karya Anda kepada para pengikut. Sebagai seorang influencer, Anda bisa menghasilkan uang dari hasil endorse atau sponsor yang diberikan dari perusahaan teknologi yang tertarik.

  1. Membuat Chatbot

Chatbot merupakan fitur chat yang dapat membalas pesan dari seseorang secara langsung. Biasanya fitur ini digunakan oleh online shop yang harus sedia 24 jam dalam sehari. Anda bisa menghasilkan chatbot yang kemudian dijual kepada para pelaku bisnis online. Chatbot juga berguna untuk mengurangi biaya operasional dan dapat membalas pesan secara cepat.

Banyak bisnis bidang IT Teknologi yang dapat dimanfaatkan dan cukup menguntungkan karena teknologi saat ini semakin berkembang. Anda bisa mulai belajar keterampilan tertentu dari kursus online yang banyak tersedia. Anda juga bisa bergabung dengan grup atau komunitas yang mempelajari hal yang sama sebagai tempat untuk saling berbagi.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *