Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

30+ Ide Bisnis Industri Kreatif Inovatif di Bidang Pendidikan

7 min read

bisnis bidang pendidikan

Bisniskuy.com – Menjalankan sebuah bisnis bisa dilakukan di berbagai bidang. Satu di antaranya adalah bisnis bidang pendidikan. Tidak hanya lembaga bimbingan belajar saja, banyak sisi dari bidang pendidikan yang bisa dijadikan model bisnis menjanjikan. Mulai dari website edukatif, games, aplikasi, wisata pengetahuan, ataupun menjual keperluan sekolah, seperti alat tulis atau seragam.

Apakah Anda ingin menjadi seorang enterpreneur bidang pendidikan, namun masih bingung dalam menentukan model bisnis yang cocok untuk dikerjakan? Tidak perlu khawatir. Artikel ini akan membahas berbagai bisnis yang bisa Anda terapkan khususnya di bidang pendidikan. Di samping keuntungan bisnis yang akan didapat, Anda juga dapat berperan aktif dalam memajukan pendidikan.

30 Bisnis Bidang Pendidikan yang Bisa Anda Coba

Menjadi seorang pengusaha, selain dibutuhkan kemampuan membaca pasar juga diperlukan kemampuan dalam mendalami suatu bidang. Dengan kita mendalami bidang tersebut, kita dapat mengetahui ekosistem yang membentuknya. Di situlah pada akhirnya kita akan menemukan peluang usaha yang bisa dilakukan. Berikut adalah 30 bisnis bidang pendidikan yang bisa Anda coba:

  1. Lembaga Bimbingan Belajar

Bisnis pertama yang bisa Anda coba adalah membuka bisnis lembaga pendidikan. Anda bisa memulainya dengan membuka satu kelas mata pelajaran tertentu yang diajarkan di sekolah formal. Untuk tenaga pengajar, Anda bisa merekrut mahasiswa pendidikan tingkat akhir atau tenaga profesional (guru) untuk mengisi kelas yang Anda sediakan.

Pasanglah tarif yang bisa bersaing dengan lembaga bimbingan belajar lain. Anda bisa menentukannya berdasarkan jumlah mata pelajaran dan jumlah pertemuan yang diambil. Bisnis ini memerlukan modal yang tidak sedikit mengingat untuk membuka satu kelas membutuhkan satu ruangan dengan papan, alat tulis,  meja dan kursi di dalamnya

  1. Les Privat

Bisnis kedua ini memiliki konsep yang hampir sama dengan bisnis pertama. Hanya saja skalanya lebih kecil dan tidak membutuhkan satu ruangan khusus. Anda bisa mencoba membuka les privat yang mengajarkan mata pelajaran yang sering dibutuhkan oleh para siswa, seperti Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, bahasa Inggris, dll.

Kelas bisa diisi oleh 1-5 siswa dan bertempat di salah satu rumah peserta. Jika Anda memiliki kemampuan mengajar mata pelajaran yang disediakan, maka Anda bisa melakukannya sendiri. Jika tidak, Anda bisa merekrut tenaga pengajar dari kalangan mahasiswa ataupun profesional.

  1. Membuka Kursus Bahasa Asing

Selanjutnya Anda bisa membuka bisnis berupa kursus bahasa asing. Keunggulan dari bisnis ini dibanding dengan lembaga bimbingan belajar lain adalah lebih fokus. Artinya, kursus ini benar-benar fokus pada mata pelajaran bahasa asing saja dan materi yang diberikan biasanya lebih lengkap dan komprehensif.

Anda bisa membuka kursus bahasa Inggris, dengan beragam paket mulai dari Grammar, conversation, writing, reading, speaking, dll. Sediakan materi dengan bentuk paket dan berbagai konsep mengajar yang menarik sehingga akan membuat peminatnya tertarik untuk mengambil kelas yang Anda sediakan.

  1. Membuka Toko Alat Tulis

Jika Anda suka dengan kegiatan berdagang, membuka sebuah toko alat tulis bisa Anda lakukan. Sediakan berbagai kebutuhan sekolah, seperti buku tulis, pensil, penggaris, binder, dll. Bisnis ini biasanya akan berkembang jika sebuah toko mampu menyediakan alat tulis yang lengkap. Lakukan riset produk yang memiliki banyak peminat.

Jaga stok produk tersebut agar tetap ada di toko Anda. Selain itu, teruslah update kebutuhan alat tulis apa yang sedang banyak dicari oleh para siswa. Terkadang sebuah alat tulis memiliki trend di kalangan para siswa sekolah. Salah satunya penggunaan binder, pensil mekanik, dll. Untuk melakukan riset produk secara berkala juga diperlukan.

  1. Membuka Toko Seragam Sekolah

Salah satu bisnis yang selalu ramai saat akan memasuki tahun ajaran baru adalah toko seragam. Ya, bisnis ini sangat menjanjikan karena kebutuhan seragam sekolah akan selalu ada. Anda bisa menjual seragam mulai dari seragam SD, SMP, SMA hingga seragam Pramuka. Sediakan juga berbagai keperluan sekolah lain.

Biasanya yang sering diperlukan adalah peralatan pramuka, seperti tali pramuka, tongkat, hasduk, topi, dll. Semakin lengkap produk yang Anda sediakan, toko Anda bisa menjadi rujukan bagi para konsumen nantinya.

  1. Mendirikan PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini atau biasa disingkat PAUD merupakan sebuah wadah untuk memberikan pendidikan kepada anak sebelum masuk TK. Untuk membuka bisnis ini Anda bisa bermitra dengan beberapa pihak dan biasanya didirikan di lingkup desa. Bisnis bidang pendidikan ini termasuk minim persaingan dalam satu wilayah.

  1. Kursus Komputer

Seiring berkembangnya jaman, berbagai hal sudah terintegrasi dengan komputer. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis untuk Anda coba. Anda bisa mendirikan sebuah tempat kursus komputer yang mengajarkan ilmu komputer tingkat lanjut.

  1. Membangun Startup Pendidikan

Peran sebuah aplikasi dalam kehidupan di era digital seperti sekarang ini memang begitu besar. Berbagai aspek dalam kehidupan kini sudah terintegrasi dengan aplikasi di smartphone. Jika Anda memiliki minat dalam mengembangkan sebuah aplikasi, memulai startup bidang pendidikan bisa Anda coba lakukan.

Banyak hal bisa dilakukan dengan sebuah aplikasi, seperti membuat kursus online, aplikasi penyedia materi pelajaran, dll. Carilah model bisnis yang belum banyak dilakukan oleh pelaku bisnis lain.

  1. Les Membaca, Menulis dan Berhitung

Mengajar anak-anak di bawah 5 tahun, Anda bisa membuka tempat les menulis dan juga membaca. Usia tersebut merupakan usia yang ideal bagi seorang anak untuk mengenal sebuah bacaan dan hitungan. Tarif yang dikenakan biasanya berdasarkan jumlah peserta dan lama pertemuan yang dipilih.

  1. Bisnis Toko Buku

Lembaga pendidikan, sekolah formal, hingga tempat-temapt kursus pasti membutuhkan sebuah buku untuk melaksanakan kegiatan belajar. Anda bisa membuka sebuah toko buku yang menyediakan berbagai materi pelajaran yang dibutuhkan. Mulailah dengan menyediakan buku-buku terkenal dan tambah koleksi seiring berjalannya usaha.

  1. Membuat Website Pendidikan

Membangun sebuah website kini bisa memberikan hasil yang sangat menjanjikan. Hal itu lantaran jumlah akses ke sebuah website setiap harinya sangatlah tinggi. Anda bisa membuat sebuah website yang membahas tentang pendidikan. Usaha bisnis antara lain brainly, sebuah perusahaan pendidikan berbasis teknologi, yaitu website.

Situs ini memungkinkan para penggunannya untuk saling bertanya dan menjawab pertanyaan terkait bidang pendidikan.

  1. Membuat Usaha Penerbitan Buku

Bisnis bidang pendidikan selanjutnya adalah usaha penerbitan buku. Sumbangsih kepada dunia pendidikan salah satunya melalui media buku. Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan bekerja sama dengan banyak penulis atau akademisi seperti tokoh masyarakat, dosen, public figure, dll.

  1. Jasa Antar Jemput Sekolah

Kesibukan para orang tua terkadang menjadi kendala saat harus mengantarkan anaknya sekolah. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat bisnis jasa antar jemput siswa sekolah. Hanya bermodalkan motor, Anda bisa menjalankan bisnis ini sendiri atau merekrut beberapa driver. Pasanglah tarif yang bisa bersaing dengan driver ojek online.

Jika harga tidak bisa bersaing Anda juga masih bisa menambahkan value dengan pelayanan tambahan, seperti free makan siang untuk siswa, tarif gratis satu kali dalam seminggu, dll.

  1. Bisnis Perpustakaan

Meskipun banyak pemerintah daerah yang sudah menyediakan perpustakaan gratis, Anda tetap bisa membuka bisnis perpustakaan sendiri. Tentu saja Anda harus memiliki koleksi buku yang bagus dan lengkap. Anda bisa memberikan biaya sewa untuk setiap buku yang dipinjam. Selain itu beri fasilitas lain seperti food court atau area bermain.

  1. Wisata Bermain dan Belajar

Tempat wisata tidak selalu tentang pantai atau cagar budaya, Anda bisa membuka sebuah tempat wisata edukasi berupa miniatur bangunan bersejarah, pemutaran video edukasi, membuat diorama tentang sejarah suatu negara, dll. Bisnis bidang pendidikan semacam ini cocok untuk siswa TK hingga SMP.

  1. Jasa Menyusun Skripsi

Menjelang akhir masa studi di perguruan tinggi, para mahasiswa dipusingkan dengan tugas akhir atau skripsi yang diberikan. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat jasa penyusunan skripsi atau bimbingan skripsi bagi mahasiswa yang kesulitan. Penentuan tarif bisa dilakukan berdasarkan tingkat kesulitan topik atau banyaknya materi skripsi.

  1. Workshop dan Seminar Pendidikan

Jika Anda senang dengan public speaking, workshop atau seminar bisa Anda coba lakukan. Berfokus pada event seminar atau workshop bisa Anda lakukan dengan bekerjasama dengan banyak tokoh dari berbagai bidang. Anda bisa mempromosikan event ini di kampus-kampus, sekolah atau ruang publik lainnya. Keuntungan tentu saja didapat dari penjualan tiket.

  1. Membuat Konten Edukasi di Youtube

Youtube saat ini sudah menjadi platform pemutar video nomor satu di dunia. Tidak hanya penonton, kini banyak kreator mulai menggunakan platform ini untuk membuat sebuah konten yang menarik. Anda bisa memanfaatkan Youtube untuk berbagi konten edukasi seperti pembahasan materi pelajaran, video informasi, dll.

Pastikan konten Anda menarik dan berkelanjutan sehingga penonton akan tertarik untuk terus mengikuti konten yang Anda buat. Setelah mendapat cukup banyak subscriber dan jumlah penonton yang tinggi, Chanel youtube Anda sudah bisa menghasilkan uang melalui Google Adsense.

  1. Membuka Usaha Fotocopy

Usaha foto copy masih berkaitan dengan bidang pendidikan, khususnya lembaga pendidikan. Banyak siswa ataupun mahasiswa yang terbantu dengan adanya usaha fotocopy ini untuk keperluan tugas dan kesehariannya di sekolah atau kampus. Membangun usaha foto copy juga harus dilengkapi dengan barang pelengkapnya, seperti kertas, penggaris, pulpen, dll.

  1. Usaha Kado Wisuda

Selain diberikan pada saat ulang tahun, kado juga bisa diberikan pada teman yang telah diwisuda. Anda bisa membuat kado berupa bingkisan bunga, merchandise berisi ucapan selamat, dll. Selalu update jadwal wisuda yang diselenggarakan oleh sebuah universitas dan Anda bisa memasarkannya di sana ataupun melalui media online.

  1. Usaha Fotografi

Usaha pas foto bisa dikatakan sebagai usaha yang sudah lama ada dan tetap eksis hingga saat ini. Selain untuk keperluan dokumen seperti rapor  ataupun ijazah, bisnis jasa foto juga diperlukan untuk keperluan dokumentasi saat kelulusan ataupun wisuda.

  1. Usaha Buku Tahunan

Setelah lulus biasanya para siswa akan membuat buku tahunan sebagai kenang-kenangan untuk diri sendiri dan teman-teman satu angkatan. Jasa pembuatan buku tahunan diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut. Untuk itu, Anda bisa mencoba bisnis ini dan menawarkannya pada siswa SMP ataupun SMA.

  1. Usaha Konveksi Seragam

Selain menjual dalam bentuk jadi, Anda bisa membuka sebuah konveksi pembuatan seragam. Mulai dari seragam SD-SMA, baju batik untuk guru, baju olahraga, dll. Anda bisa kursus menjahit untuk mendalami keterampilan menjahit atau merekrut beberapa penjahit untuk menjalankan bisnis ini. Hasil yang memuaskan dapat membuat bisnis semakin besar.

  1. Mengadakan Webinar

Teknologi yang ada saat ini memungkinkan seorang pembicara menyampaikan materi secara online, salah satunya adalah model webinar atau seminar secara online. Anda bisa membuka webinar melalui Anda sendiri atau dengan bekerjasama dengan seorang tokoh. Pasanglah tarif yang tidak terlalu mahal karena versi ini berbeda dengan seminar secara offline.

  1. Bisnis Menulis Buku

Perusahaan penerbitan buku saat ini lebih sering mencari penulis buku untuk diterbitkan. Bayaran yang diberikan untuk satu buah buku bisa mencapai 2 juta hingga 3 juta rupiah tergantung dari jenis buku yang ditulis dan juga pengalaman si penulis. Jika Anda senang menulis buku, Anda bisa mencoba bisnis ini.

  1. Bimbel Online

Selain bisa dilakukan secara offline, kini bimbel bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi. Jika Anda ingin menjalankan bisnis ini, hal pertama yang harus Anda mulai adalah membuat konsep belajar di dalam sebuah aplikasi. Di sini dibutuhkan pengajar yang mampu menyampaikan materi dari sebuah video.

Selain itu berikan juga soal berikut pembahasannya agar siswa lebih memahami. Aplikasi semacam ini sudah ada sebelumnya baik di dalam maupun di luar negeri. Ide ini sedikit berbeda dengan ide bisnis terkait sosial. Tentu saja model bimbel online adalah salah satu jenis usaha masa depan karena telah memanfaatkan media digital dalam operasionalnya.

  1. Study Tour Travel

Usaha travel juga bisa dilakukan pada bidang pendidikan. Untuk menjalankan bisnis ini Anda harus menjalin kerjasama dengan objek-objek wisata yang berkaitan dengan pendidikan, seperti museum, cagar budaya, perusahaan, dll. Siapkan paket wisata edukasi yang ditujukan pada murid SD hingga SMA.

  1. Membuat Bank Soal

Siswa sering dibuat stres saat akan menghadapi ujian. Jika Anda jeli melihat ini, Anda bisa memulai bisnis dengan mengumpulkan soal-soal materi sekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Anda bisa mengumpulkan soal-soal ujian tahun sebelumnya dan dikumpulkan dalam bentuk salinan berupa buku. Anda bisa menjualnya kepada siswa-siswa di sekolah.

  1. Membuat Tabloid Pelajar

Meskipun kita sudah berada di era digital, membuat tabloid bisa saja dilakukan. Terlebih tabloid yang melibatkan sekolah-sekolah dalam satu kota. Misalkan Anda membuat tabloid yang berisi tentang seluruh kegiatan siswa SMA di Semarang, membuat poling siswa of the week, dan konten-konten seputar pelajar.

Dengan adanya tabloid ini akan membuat hubungan siswa dalam satu kota semakin dekat dan diharapkan mengurangi tawuran antar pelajar. Buat juga versi website agar lebih modern.

  1. Usaha Pengetikkan

Bisnis bidang pendidikan yang terakhir adalah bisnis pengetikkan. Target pelanggannya adalahb mahasiswa. Tugas yang banyak dan akan selalu ada membuat bisnis ini cukup menjanjikan untuk dijalankan. Selain itu, usaha pengetikkan juga memiliki peluang untuk kalangan umum dan profesional.

Menjalankan bisnis bidang pendidikan sangat banyak pilihannya. Selama instansi seperti sekolah atau perguruan tinggi masih tetap ada, bisnis semacam ini juga akan terus bertumbuh. Semua bisnis yang ada di atas bisa menjadi referensi untuk Anda memulai usaha di bidang pendidikan.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *