Bingung Memilih Investasi? Berikut 4 Tips Memilih Reksadana yang Bagus

1 min read

Tips Memilih Reksadana yang Bagus

Perencanaan masa depan menjadi salah satu fokus penting bagi generasi milenial. Salah satu upayanya adalah berinvestasi pada sebuah lembaga keuangan. Berkaitan dengan investasi, tentu istilah reksadana menjadi salah satu hal yang tidak asing. Lalu bagaimana tips memilih reksadana yang bagus? Simak ulasannya berikut.

Tips Memilih Reksadana yang Wajib Anda Tahu

Cermati Resiko dan Imbal Hasil

Reksadana adalah dana yang dikelola untuk melakukan sebuah transaksi berupa investasi seperti obligasi, membeli saham, atau instrumen keuangan lainnya. Walaupun menguntungkan namun kegiatan ini tetap beresiko. Anda harus memastikan reksadana yang anda pilih minim resiko dan anda harus mencermati bagaimana imbal hasil yang akan anda terima.

Hal yang harus anda pahami bahwa nilai reksadana atau uang yang anda investasikan tentu berfluktuasi sehingga nilainya tidak akan selalu naik. Namun berinvestasi melalui reksadana masih tergolong aman selama lembaga yang anda pilih memiliki kredibilitas yang baik. Selain itu anda juga dapat melakukan diversifikasi investasi untuk meminimalisir resiko kehilangan uang.

Jika anda merasa kesulitan maka jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan pada penyelenggara reksadana sebelum anda berinvestasi. Penyelenggara reksadana yang bagus akan dapat menjelaskan secara rinci terkait dengan produk yang mereka tawarkan. Oleh karena itu perkaya informasi sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi.

Menyesuaikan Produk Reksadana dengan Tujuan Investasi

Terdapat banyak sekali jenis reksadana, oleh karena itu anda harus menyesuaikan keperluan investasi yang anda inginkan dengan jenis produk yang mereka tawarkan. Jika anda berencana untuk berinvestasi jangka pendek maka tanyakan pada penyedia layanan reksadana terkait produk yang dapat memberikan manfaat walaupun dengan jarak investasi yang singkat.

Begitu pula sebaliknya, jika anda berniat melakukan investasi dalam jangka waktu yang panjang, maka konfirmasi lah segala jenis produk reksadana yang memiliki jangka waktu imbal hasil yang panjang. Jenis reksadana yang cocok jika anda berinvestasi jangka panjang adalah berupa saham sedangkan untuk investasi jangka pendek adalah berupa reksadana pasar uang.

Bagaimana dengan jangka menengah? Anda dapat melakukan investasi pada reksadana berupa pendapatan tetap atau campuran. Walaupun demikian setiap penyelenggara produk reksadana memiliki ketentuannya masing-masing, oleh karena itu untuk lebih lengkapnya anda dapat berkonsultasi langsung agar mendapat produk reksadana yang bagus dan sesuai kebutuhan.

Melakukan Riset Profil Manajer Reksadana

Anda tentu ingin keuangan anda dikelola oleh sumber daya manusia yang mumpuni. Oleh karena itu anda harus melakukan riset terlebih dahulu kepada manajer investasinya. Anda harus yakin bahwa tim pengelola reksadana tersebut memiliki rekam jejak atau track record yang baik. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan pengelolaan reksadana.

Sebagai contoh tim reksadana yang anda tuju adalah tim yang biasa menangani saham sedangkan produk yang anda butuhkan adalah reksadana pendapatan tetap sehingga mereka memiliki kemungkinan lebih handal dalam menangani produk reksadana saham. Oleh karena sangat penting untuk melakukan riset agar anda mendapat produk reksadana yang bagus.

Riset Track Record Reksadana

Bukan hanya tim dan managernya saja yang anda cermati, namun anda juga harus mengenal kinerja reksadana yang akan anda pilih. Pastikan lembaga reksadana yang anda pilih cenderung stabil dan tidak memiliki isu buruk. Selain itu anda juga dapat banyak berkonsultasi dengan salah satu nasabah reksadana yang melakukan investasi pada lembaga tujuan anda.

Itulah 4 tips yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan produk reksadana yang sesuai dengan kebutuhan. Intinya anda harus mengamati lebih dalam serta melakukan riset terkait dengan produk yang akan anda pilih. Berinvestasi memang sangat menguntungkan namun juga tetap menjadi pilihan yang memiliki resiko sehingga anda juga harus cermat dan teliti.

0
Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *