Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Arti Resi dan Tracking Pada Jasa Pengiriman Barang

3 min read

arti resi dan tracking

Bisniskuy.com – Ada beberapa istilah yang sering Anda dengar dalam dunia jasa ekspedisi barang, contohnya adalah arti resi dan tracking. Istilah ini berguna untuk mengetahui lokasi barang atau progress yang telah dilakukan oleh pengirim barang maupun kurir. Berikut adalah penjelasan mengenai arti resi dan tracking bagi Anda yang belum familiar dengan kedua kata ini.

Pengertian Resi

Sebagian orang yang baru pertama kali melakukan online shopping dan menggunakan jasa ekspedisi tentu masih awam dengan arti resi dan tracking lalu timbul pertanyaan apa itu resi dan arti tracking. Arti resi adalah bukti pengiriman suatu barang melalui jasa pengiriman barang tersebut. Saat ini sudah banyak jasa pengiriman barang di Indonesia seperti JNE, TIKI, POS, J&T, Sicepat, dan Wahana.

Resi biasanya berupa selembar kertas yang berisikan identitas penerima dan pengirim, nomor resi, tujuan, jenis pengiriman, tanggal, dan ukuran barang yang dikirim. Informasi ini berguna untuk mengetahui lokasi barang, terutama nomor resi.

Nomor resi adalah kombinasi angka yang tertulis di resi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan tracking. Biasanya jasa pengiriman memiliki website dan aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui lokasi barang dengan cara memasukkan nomor resi di tempat yang disediakan.

Penggunaan online shopping saat ini sudah sangat menjamur baik di Indonesia maupun di luar negeri. Hal itu tentu berdampak pada jasa pengiriman barang yang semakin berkembang. Pengiriman barang dapat dilakukan tidak hanya dari dan ke dalam negeri tetapi juga lintas negara.

Pengertian Tracking

Tracking artinya adalah pemantauan, dengan kata lain, pada dunia pengiriman barang, arti tracking adalah kegiatan untuk melacak posisi dari barang yang sedang dikirim dan mengetahui progress barang tersebut. Ada beberapa kode yang sering ditampilkan pada website pengiriman barang untuk menggambarkan posisi barang yang sedang dikirim.

Kode tersebut adalah kode universal yang tidak jauh berbeda antar jasa ekspedisi. Contoh dari kode pengiriman barang JNE adalah sebagai berikut:

  1. AU

AU atau Antar Ulang berarti paket Anda tidak dapat terkirim di hari sebelumnya dan sedang diproses untuk diantar ulang pada hari ini.

  1. AU to OPS

AU to OPS berarti paket Anda sedang diserahkan ke bagian operasional untuk dilakukan pengantaran ulang.

  1. BA

BA atau Bad Address berarti pengirim menuliskan alamat yang kurang jelas atau tidak akurat sehingga kurir mengalami kesulitan saat mengantar barang.

  1. Box Delay

Box Delay adalah kondisi dimana paket Anda sedang berada di JNE dan belum dikirim karena alamat yang kurang jelas atau tidak tepat.

  1. Box Undelivered

Box Undelivered berarti paket Anda sudah sampai di alamat tujuan tetapi tidak ada penerima di lokasi Anda.

  1. CC

Criss Cross adalah kondisi dimana terdapat kemungkinan paket Anda tertukar dengan paket orang lain karena identitas penerima yang tertulis di nomor kiriman tidak sesuai dengan identitas penerima yang ada di paket.

  1. Closed Once Delivery Attempt

Closed Once Delivery adalah kondisi saat kurir sudah sampai di alamat Anda tetapi lokasi Anda sedang tutup.

  1. CNEEE Unknown

CNEEE atau Consignee Unknown adalah ketika kurir sudah mengirimkan paket di lokasi Anda tetapi tidak ada identitas yang sama dengan kondisi yang ada di lokasi.

  1. Delivered

Delivered berarti paket sudah dikirimkan oleh kurir dan sudah diterima.

  1. Delivery Time

Delivery Time adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan barang dari JNE pengirim sampai ke alamat penerima.

  1. Departed From Transit

Departed From Transit berarti paket Anda sedang berada di tempat transit dan akan segera dikirimkan.

  1. HO

Hand Over adalah kondisi ketika paket Anda dialih tangankan ke pihak lain untuk dikirimkan ke agen JNE terdekat dari lokasi Anda.

  1. HO to HVS

HO to HVS pada dasarnya sama dengan HO tetapi diurus oleh bagian khusus. Hal ini biasanya terjadi ketika paket Anda berisi barang-barang berharga.

  1. Hold

Hold berarti paket Anda sedang ditahan oleh JNE.

  1. Hold Rusak

Hold Rusak berarti paket Anda tertahan oleh JNE yang disebabkan oleh kondisi paket yang sudah rusak.

  1. Invalid Bag

Invalid Bag menunjukkan kondisi paket Anda menuju ke alamat yang salah karena berada di dalam tas yang tidak seharusnya.

  1. LBA

LBA atau Luar Batas Antar berarti lokasi Anda berada di luar batas pengiriman JNE.

  1. Manifest

Manifest berarti paket Anda sudah dimasukkan ke dalam daftar pengiriman JNE.

  1. MR

Misroute atau MR berarti kurir sedang berada di jalur pengiriman yang salah ketika sedang mengirimkan paket Anda.

  1. NTH

Not At Home sama kondisinya dengan Closed Once Delivery Attempt yaitu kurir sudah mencapai lokasi Anda tetapi tidak ada penerima.

  1. On-process

On-process menunjukkan kondisi paket Anda sedang dalam proses pengiriman.

  1. On-transit

On-transit yaitu paket Anda sedang dalam tempat transit karena lokasi pengiriman yang cukup jauh.

  1. POD

POD atau Process on Delivery Detail berarti paket akan segera diantar oleh kurir.

  1. Processed at Sorting Centre

PSC yaitu paket sudah selesai dilakukan sortasi dan akan segera dikirim.

  1. Received at Origin Gateway

Received at Origin Gateway berarti paket Anda sudah masuk ke dalam warehouse di terdekat dan akan segera dikirimkan.

  1. Received at Sorting Centre

Kode ini menunjukkan bahwa paket Anda sedang memasuki tempat sortasi dan akan segera dikirimkan setelah sortasi selesai.

  1. Received at Warehouse

Received at Warehouse sama halnya dengan Received at Origin Gateway dan akan segera dikirimkan oleh kurir ke kota tujuan.

  1. Received on Destination

Kode ini sebagai lanjutan dari Received at Warehouse yaitu paket sudah memasuki kota tujuan.

  1. Shipment Forwarded to Destination

Kode ini menunjukkan bahwa paket Anda sedang dikirimkan ke kantor JNE terdekat dari lokasi Anda.

  1. Shipment Received by JNE Counter Officer

Shipment Received by JNE Counter Officer menunjukkan bahwa paket Anda sudah diterima oleh JNE Pusat.

  1. Status Kosong

Status Kosong berarti terdapat kesalahan dari pihak JNE yang menyebabkan data paket Anda belum diinput kedalam sistem.

  1. With Delivery Courier

Kode ini menunjukkan bahwa paket Anda sedang bersama kurir untuk dikirimkan.

Jasa pengiriman barang saat ini sudah sangat berkembang dan Anda sebagai pengirim maupun penerima dapat melakukan tracking kapan saja dan dimana saja. Meskipun begitu, Anda perlu melakukan pengecekan barang saat menerima paket supaya barang yang Anda terima masih dalam kondisi baik.

Setelah mengetahui arti resi dan tracking, maka ketika Anda membeli barang dari online shop dan penjual menggunakan jasa pihak pengiriman barang, maka pastikan Anda mendapatkan resi untuk mengetahui status barang Anda.

Nomor resi yang dikeluarkan oleh jasa ekspedisi adalah kombinasi angka unik sehingga penggunaan resi saat belanja online juga berfungsi untuk mengetahui apakah penjual sudah benar-benar mengirimkan barang. Tidak jarang beberapa penipuan menggunakan nomor resi yang tidak terdaftar dan tidak dikeluarkan oleh jasa pengiriman barang yang menunjukkan bahwa barang tidak benar-benar dikirim.

0
Admin
Admin Seorang penulis di bisniskuy.com, sering berbagi tentang tips seputar bisnis online, peluang usaha, dan informasi bisnis lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *