Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Aplikasi Belanja Online : Fitur Bayar di Tempat dan Faktanya

10 min read

aplikasi belanja online

Bisniskuy.com – Kegiatan belanja online di Indonesia telah menjadi tanda spesifik terhadap kemajuan teknologi informasi dalam aspek gaya hidup. Keberadaan aplikasi belanja online atau online shop adalah jawaban praktis untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Anda tidak harus keluar rumah dan berdesakan di tempat belanja. Kemudian dapat dilakukan dengan proses dan waktu yang lebih cepat.

Kegiatan serba online ini memang berbeda dengan kondisi 10 tahun yang lalu. Sebab saat ini telah diimbangi dengan keberadaan situs belanja online yang lebih mudah diakses. Selain tersedia aneka barang kebutuhan, Anda bisa memperoleh fasilitas lain seperti gratis ongkos kirim dan diskon belanja.

25 Aplikasi Belanja Online Terbaik di Indonesia

Jika Anda menjadi salah satu pelanggan setia online shop, maka setidaknya Anda akan mengetahui aplikasi belanja online yang kini tersedia di Indonesia. Selain menawarkan harga kompetitif, ternyata aplikasi tersebut memiliki karakter dan konsep penjualan yang berbeda-beda.

Terdapat 25 aplikasi atau situs belanja online terbaik di Indonesia berdasarkan data statistik pengunjung bulanan pada kuartal 4 tahun 2019. Anda bisa menemukan aplikasi belanja untuk beragam kebutuhan, buku, emas, produk lokal dan make-up. Daripada penasaran, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

  1. Tokopedia

Situs e-commerce Tokopedia telah dianggap sebagai unicorn start-up Indonesia. Kemudian mengizinkan Anda dan siapa saja untuk menjadi penjual dengan memiliki toko sendiri. Tersedia aneka barang kebutuhan harian mulai dari kategori pakaian hingga peralatan hobi. Adapun menurut data statistik pengunjung, Tokopedia memiliki jumlah pengunjung lebih dari 140 juta orang/bulan.

Tokopedia memiliki aneka promo dan pembayaran yang semakin mudah. Selain itu tersedia penjual yang menyediakan produk original atau official shop. Sehingga Anda seperti sedang berbelanja di sebuah toko fisik ternama. Nikmati diskon dan gratis ongkir dengan mengikuti persyaratan maupun ketentuan yang berlaku

  1. Shopee

Situs e-commerce yang telah berdiri sejak 2016 ini memiliki eksistensi sangat tinggi berkat para pengguna dan para pemilik toko online. Menurut data statistik pengunjung, Shopee memiliki jumlah kunjungan lebih dari 91 juta orang/bulan. Menawarkan aneka kebutuhan harian baik busana, makanan dan aneka peralatan rumah tangga.

Selain berbelanja kebutuhan, Shopee mengizinkan Anda untuk berperan sebagai pebisnis yaitu pemilik toko online dan melayani para konsumen. Keunggulan Shopee memang akrab dengan aneka promo, gratis ongkir, diskon toko, aneka permainan berhadiah dan fitur video streaming.

  1. Bukalapak

Bagi Anda yang menyukai aneka produk khas dari kelompok usaha kecil dan menengah (UKM) maka Bukalapak adalah jawaban paling tepat. Menurut data statistik pengunjung, Bukalapak telah berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 69 juta orang/bulan. Selain itu Anda akan memperoleh kesempatan untuk bergabung menjadi bagian dari Bukalapak dengan memiliki toko online.

  1. Lazada

Kesempatan menjadi bagian e-commerce ternama Lazada selalu terbuka lebar. Anda bisa ikut bergabung menjadi penjual dan memperoleh keuntungan. Selain itu terdapat beragam jenis kebutuhan dengan proses bayar yang mudah, baik pembayaran secara cash maupun cicilan. Menurut data statistik pengunjung, Lazada memiliki jumlah pengunjung lebih dari 38 juta orang/bulan.

  1. Blibli

Blibli.com telah berdiri sejak  tahun 2011 oleh perusahaan Djarum Grup. Dapatkan aneka barang kebutuhan sesuai kategori belanja. Anda juga bisa bergabung menjadi pemilik toko online dan mampu menjangkau area pengiriman hingga ke pelosok Indonesia. Kemudian menurut data statistik pengunjung, Blibli telah berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 30 juta orang/bulan.

  1. JD.ID

E-commerce yang didirikan pada tahun 2017 ini telah menyita banyak perhatian dari kalangan masyarakat. Terdapat aneka keperluan yang bisa Anda beli dalam berbagai kategori seperi anak-anak, dewasa, fashion, elektronik dan kebutuhan rumah tangga. Adapun Menurut data statistik pengunjung, JD.ID telah berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 10 juta orang/bulan.

  1. Orami

Situs dan aplikasi belanja online Orami memang sangat akrab di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Sebab produk yang disediakan di Orami adalah kebutuhan bagi ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita.

Anda bisa menemukan aneka kebutuhan buah hati dan ibu dengan koleksi yang lengkap. Sehingga tidak heran menurut data statistik pengunjung, Orami memiliki jumlah pengunjung lebih dari 8 juta orang/bulan.

  1. Bhinneka

Bhinneka dinobatkan sebagai pionir marketplace di Indonesia yang pada awalnya hanya menjual aneka barang elektronik. Kemudian saat ini ditambah dengan koleksi olahraga dan barang elektronik untuk kebutuhan rumah tangga, pekerjaan juga hobi. Selain itu Menurut data statistik pengunjung, Bhinneka telah berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 6 juta orang/bulan.

Selain melakukan transaksi dengan pembayaran cash atau cicilan yang ringan. Bhinneka juga melayani perbaikan alat elektronik baik secara konvensional maupun perbaikan barang yang masih berada pada masa garansi.

  1. Fabelio

Fabelio adalah perusahaan ternama yang telah berdiri sejak 2015 dan berfokus pada pembuatan aneka furniture. Kemudian kegiatan marketing produk diimbangi dengan membuka penjualan secara online.

Anda bisa memperoleh aneka furniture yang berkelas namun dengan harga middle class. Kemudian menurut data statistik pengunjung, Fabelio telah berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 5,9 juta orang/bulan.

  1. Sociolla

Jika Anda adalah seorang perempuan dan sedang membutuhkan aneka macam make-up. Maka Sociolla adalah online shop yang paling tepat. Aplikasi belanja online ini menyediakan make-up, skin care, body care dan body shop. Kemudian dilengkapi pula dengan alat-alat make up terkini seperti brush dan beauty blender.

Adapun menurut data statistik pengunjung, Sociolla telah berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 5 juta orang/bulan. Kemudian segera temukan beragam brand kosmetik lokal maupun brand dari luar negeri.

  1. Zalora

Zalora adalah marketplace yang menyediakan item fashion terkini dengan harga kompetitif. Start-up dan marketplace yang dibangun oleh perusahaan kenamaan Jerman ini telah memiliki pelanggan yang cukup banyak khususnya di Indonesia. Kemudian menurut data statistik pengunjung, Zalora memiliki jumlah pengunjung lebih dari 4,2 juta orang/bulan.

Selain item fashion berupa aneka busana kekinian yang trendi dengan harga variatif. Maka Anda juga bisa melengkapi setiap kegiatan transaksi dengan membeli aneka make up dan tools. Sehingga mampu memadukan tampilan yang menarik dengan make up terkini.

  1. Sorabel

Aplikasi belanja online Sorabel merupakan nama atau Rebranding online shop Salestock  yang telah mengisi jajaran marketplace Indonesia beberapa tahun lalu. Terdapat beberapa keunggulan yang bisa diperoleh ketika Anda berbelanja di Sorabel. Salah satunya seperti fitur “coba dulu baru bayar” dan garansi produk hingga 30 hari.

Aplikasi online shop yang didominasi warna merah muda ini memang diperuntukkan untuk para sista atau perempuan di Indonesia. Terdapat aneka item fashion wanita dengan kualitas terjamin dan harga kompetitif. Menurut data statistik pengunjung, Sorabel  telah berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 3 juta orang/bulan.

  1. Blanja

Situs online shop Blanja adalah tempat belanja yang dibentuk atas kerja sama antara Telkomsel Indonesia dan e-Bay. Menurut data statistik pengunjung, Blanja telah berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 2,8 juta orang/bulan.

Blanja menawarkan aneka kebutuhan baik peralatan rumah tangga hingga hobi. Kemudian Anda diperbolehkan untuk menjadi salah satu penjual dan memiliki toko online. Barang kebutuhan yang tersedia terdiri dari aneka produk domestik, produk UMKM dan produk afiliasi dari e-Bay.

  1. Shopie Paris

Brand ternama Sophie Paris juga menyediakan tempat belanja secara online yang khusus menjual brand sendiri. Berkat aneka desain dan pproduk yang khas maka Sophie Paris tetap eksis di tengah ramainya marketplace Indonesia. Adapun menurut data statistik pengunjung, Shopie Paris telah berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 1,6 juta orang/bulan.

  1. Matahari Mall

Matahari bertransformasi dengan membuka penjualan secara online. Sama halnya dengan toko fisiknya, Matahari Mall menyediakan aneka kebutuhan terutama koleksi busana dengan harga variatif. Kemudian dapatkan garansi pengembalian produk pada waktu tertentu. Menurut data statistik pengunjung, Matahari Mall memiliki jumlah pengunjung lebih dari 1,2 juta orang/bulan.

  1. Qoo10 Indonesia

Qoo10 Indonesia adalah situs belanja terkenal dan menyediakan aneka barang-barang import. Situs ini merupakan marketplace yang dibangun atas kerja sama antara e-Bay dan Korea Selatan Gmarket. Anda bisa memperoleh produk lokal maupun internasional. Kemudian menurut data statistik pengunjung Qoo10 Indonesia berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 400 ribu orang/bulan.

  1. Berrybenka

Situs Berrybenka adalah tempat belanja secara online yang menyediakan aneka koleksi para desainer ternama. Anda bisa menemukan koleksi pakaian terkini dengan tema beragam, mulai dari tampilan kekinian hingga aneka koleksi hijab dan baju muslim.

Selain merek lokal, Anda juga bisa menemukan brand internasional. Kemudian menurut data statistik pengunjung, Berrybenka telah berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 400 ribu orang/bulan.

  1. Hijup

Selain Sorabel Anda bisa berbelanja di situs online khusus wanita bernama Hijup. Akan tetapi selain situs belanja khusus perempuan, Hijup memiliki segmentasi khusus yang menyediakan aneka busana bagi wanita berhijab.

Hijup menjadi solusi terbaik bagi Anda yang kini sedang kesulitan mencari busana muslimah secara online. Kemudian menurut data statistik pengunjung, Hijup telah berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 300 ribu orang/bulan.

  1. Bobobobo

Aplikasi belanja online Bobobobo adalah tempat belanja bagi kalangan kelas eksklusif. Anda bisa menemukan aneka barang dan produk yang mewah. Mulai dari aneka busana dari butik ternama, kategori gaya hidup,  acara dan kegiatan wisata.

Bobobobo adalah perusahaan marketplace yang didirikan oleh anak perusahaan Emtek Group. Kemudian menurut data statistik pengunjung, Bobobobo memiliki jumlah pengunjung lebih dari 260 ribu orang/bulan.

  1. Sephora

Serupa dengan Sociolla, maka Sephora sebagai tempat belanja online khusus kosmetik. Sephora telah dikenal sebagai distributor resmi aneka produk kecantikan lokal dan internasional. Sehingga Anda bisa menemukan aneka produk dengan kualitas terpercaya. Menurut data statistik pengunjung, Sephora telah berhasil memiliki jumlah pengunjung online lebih dari 190 ribu orang/bulan.

  1. Tees

Jika Anda pecinta Local Pride maka situs marketplace Tees adalah situs belanja paling tepat. Anda bisa membeli aneka kebutuhan seperti pakaian, home decor, stationery, hijab dan lainnya. Salah satu keunikan dari situs online ini adalah tersedia menu costum T-Shirt. Kemudian Menurut data statistik pengunjung, Tees telah berhasil memiliki jumlah pengunjung lebih dari 115 ribu orang/bulan.

  1. Orori

Perkenalkan situs belanja Orori sebagai tempat belanja online emas dan logam mulia. Anda bisa menemukan aneka emas dalam bentuk perhiasan, emas Antam dan logam mulia. Jangan khawatir soal pembayaran, sebab tersedia pembayaran dengan cicilan yang ringan. Menurut data statistik pengunjung, Orori memiliki jumlah pengunjung lebih dari 95 ribu orang/bulan.

  1. Jakmall

Situs online Jakmall adalah tempat beli secara online untuk aneka macam barang. Menyediakan koleksi barang mulai dari gadget, barang elektronik, fotografi, fashion/pakaian, peralatan bayi, hingga makanan/minuman. Jakmall juga membuka peluang usaha berupa afiliasi bagi kalian yang menginginkan keuntungan dengan mudah.

  1. Maskoolin

Tidak kalah dengan marketplace yang menjual kebutuhan wanita, maka situs Maskoolin adalah tempat belanja online yang khusus untuk kaum pria. Terdapat aneka pakaian dengan desain dan koleksi yang lengkap untuk Anda kenakan dalam berbagai kegiatan. Menurut data statistik pengunjung, Maskoolin memiliki jumlah pengunjung lebih dari 62 ribu orang/bulan.

  1. Electronic City

Situs belanja online Electronic City adalah tempat jual beli aneka barang elektronik paling lengkap. Kebutuhan para konsumen terhadap peranti elektronik membuat situs ini tetap eksis hingga sekarang. Kemudian Menurut data statistik pengunjung, Electronic City memiliki jumlah pengunjung lebih dari 1500 orang/bulan.

Daftar Aplikasi Belanja Online dengan Fasilitas COD

Keunikan belanja online memang dapat dilihat mulai dari harga yang tertera untuk setiap item produk. Terkadang harga yang dibanderol terlalu tinggi atau terlalu murah. Selain itu terdapat produk serupa yang memiliki harga jual berbeda sehingga Anda bisa membandingkan keduanya. Dengan demikian Anda akan memperoleh harga terbaik untuk setiap transaksi.

Saat ini tersedia aplikasi belanja online termurah, baik karena sedang diadakan diskon atau promo menarik lainnya. Akan tetapi berbelanja online untuk memperoleh barang murah pun harus berdasarkan pertimbangan yang matang. Supaya Anda memperoleh barang yang berkualitas meski dijual dengan harga jauh lebih murah.

Setelah Anda melakukan pembelian pada kategori tertentu maka kini saatnya untuk melakukan pembayaran. Meskipun Anda bisa melakukan transfer pembelian ke rekening penjual atau aplikasi. Akan tetapi masih ada sebagian orang yang lebih suka membayar ketika produk sudah tiba. Kondisi dan kegiatan pembayaran ini disebut COD atau Cash On Delivery.

Terdapat beberapa alasan mengapa para pembeli di online shop memilih fitur pembayaran COD, di antaranya:

  1. Tidak memiliki rekening bank
  2. Tidak memiliki credit card
  3. Mengalami masalah dengan fitur e-banking
  4. Ingin memastikan kondisi produk dan melakukan retur jika memungkinkan
  5. Terdapat alasan lain sehingga pembeli tidak bisa melakukan transfer uang

Aplikasi belanja Online yang ada di Indonesia tidak seluruhnya melayani pembayaran COD. Dengan demikian Apabila Anda lebih menyukai fitur COD dibandingkan transfer. Maka inilah daftar situs belanja online yang menerima fasilitas COD atau bayar di tempat. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

  1. Shopee

Tepat pada akhir tahun 2018 Shopee secara resmi mengumumkan fitur bayar baru dengan cara COD. Kemudian jasa ekspedisi yang berafiliasi adalah J&T yang mampu menjangkau wilayah di Indonesia. Adapun syarat yang harus Anda penuhi agar memperoleh fasilitas COD adalah melakukan pembelian mulai dari Rp.120.000 hingga Rp.3.000.000.

  1. JD.ID

Marketplace dengan tagline “Pasti Ori” ini menyediakan fitur pengiriman bayar di tempat guna menjangkau pelanggan yang lebih luas. JD.ID berusaha menjangkau lebih dari 700 kota di Indonesia dengan cara cek kota yang menerima fasilitas COD. Adapun syarat yang harus Anda penuhi agar memperoleh fasilitas COD adalah melakukan pembelian maksimal hingga Rp.100 juta.

  1. Lazada

Aplikasi belanja online Lazada menyediakan aneka pembayaran termasuk COD. Akan tetapi belum semua produk dapat melakukan pembayaran di tempat. Sehingga cek terlebih dahulu toko dan item belanja yang bisa melakukan COD tepat ketika Anda hendak Check out. Adapun syarat yang harus Anda penuhi agar memperoleh fasilitas COD adalah melakukan pembelian maksimal Rp.5 juta.

  1. Blibli

Sebelum berniat melakukan pembayaran COD di Blibli. Maka cek terlebih dahulu barang yang akan dibeli. Jika tertulis menu “ Dikirim oleh Blibli.com” maka Anda bisa melakukan pembayaran di tempat. Adapun syarat yang harus Anda penuhi agar memperoleh fasilitas COD adalah melakukan pembelian maksimal Rp.3 juta.

  1. Bhinneka

Situs aplikasi online shop Bhinneka menyediakan fasilitas Cash On Delivery atau COD. Adapun syarat yang harus Anda penuhi agar memperoleh fasilitas COD adalah melakukan pembelian di kawasan Jabodetabek. Kemudian saat proses COD berlangsung Anda bisa gunakan cash, kartu kredit Mastercard/Visa dan kartu debit BCA atau Mandiri.

  1. Sorabel

Aplikasi belanja online di Sorabel juga menyediakan proses pembayaran secara COD. Akan tetapi cek terlebih dahulu kesediaan fitur COD pada toko online sebelum mengecek ongkos kirim.

Kemudian fitur lain yang bisa Anda dapatkan adalah fitur “coba dulu baru bayar.” Anda bisa memesan 2 ukuran baju yang berbeda dan bisa mencoba pakaian terlebih dahulu. Kurir akan membawa produk yang tidak cocok sembari melakukan pembayaran kiriman kepada kurir Sorabel.

  1. Zalora

Selain menu pembayaran transaksi menggunakan transfer dan kartu kredit. Maka Zalora dilengkapi dengan fasilitas COD.  Sebelum Anda melakukan proses pembayaran, maka lihatlah terlebih dahulu fasilitas COD telah tersedia di toko Zalora. Adapun syarat yang harus Anda penuhi untuk memperoleh fasilitas COD adalah melakukan pembelian maksimal Rp.2 juta.

  1. Orami

Sesuai permintaan pasar maka Orami menyediakan fitur pembayaran di tempat atau COD. Orami telah menjangkau wilayah di Indonesia baik secara COD maupun transfer langsung. Adapun syarat yang harus Anda penuhi agar bisa memperoleh fasilitas COD adalah melakukan pembelian maksimal Rp.3 juta. Kemudian hanya diperbolehkan pada produk domestik buka produk pembelian internasional.

  1. Berrybenka

Situs belanja Berrybenka juga menyediakan fitur pembayaran COD. Adapun syarat yang harus Anda penuhi agar bisa memperoleh fasilitas COD adalah membayar secara cash kepada kurir. Kemudian maksimal transaksi sebesar Rp.1 juta. Berrybenka hanya melayani pembelian di beberapa wilayah seperti Pulau Jawa, Bali, Banten, Pulau Sumatera, Kalimantan, Riau dan Papua.

Fakta Unik Belanja Online

Kegiatan belanja secara online telah membudaya di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak pihak yang merasa diuntungkan mulai dari orang-orang yang sibuk dengan urusan pekerjaan. Kemudian bagi Anda yang enggan keluar rumah karena cuaca panas. Di sisi lain para pemilik toko online dan pemilik situs belanja itu sendiri dapat memperoleh laba kemudian eksistensi yang semakin tinggi.

Terdapat fakta dan hal-hal unik yang selalu terjadi dibalik kegiatan belanja secara online, baik hal positif dan hal negatif. Daripada penasaran, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

  1. Tersedia Diskon dan Promo Menarik

Para penjual di toko online mengalami persaingan yang cukup tinggi. Sehingga memperoleh pembeli sebanyak mungkin adalah kewajiban bagi penjual. Salah satu cara efektif menarik minat pembeli adalah dengan diskon dan aneka promo menarik. Baik promo yang digelar pada akhir pekan atau ketika perayaan tertentu.

Promo dan diskon yang ditawarkan kadang tidak masuk akal dengan harga jual lebih murah dibandingkan toko konvensional. Kemudian potongan harga buy 1 get 1, belanja online bayar di tempat dan diskon jika Anda melakukan transaksi pada jumlah tertentu.

  1. Milenial Menjadi Konsumen Terbanyak

Eksistensi aplikasi belanja online secara umum telah diwakili oleh keberadaan kaum milenial. Sebab kalangan pemuda dan orang dewasa di kalangan usia milenial memiliki kecenderungan tinggi pada hal-hal yang bersifat praktis.

Sebagian kaum milenial juga menyukai perubahan dan tren gaya terbaru melalui situs belanja online. Kondisi tersebut cukup wajar terjadi, terutama posisi milenial yang dianggap sebagai kaum manusia yang paling melek teknologi.

  1. Iklan Media Cetak Jadi Melemah

Keberadaan internet dan iklan yang ditayangkan secara online menjadi kabar buruk bagi perusahaan media cetak. Salah satunya percetakan iklan di surat kabar yang kini jadi sepi peminat. Sehingga banyak perusahaan jasa media cetak harus gulung tikar karena tidak mampu bersaing dengan teknologi informasi yang bersifat online.

  1. Pasar Konvensional Minim Pembeli

Sama halnya dengan perusahaan media cetak, maka toko konvensional mulai perlahan kehilangan pelanggan. Kondisi melemahnya keinginan belanja di mall atau supermarket dipengaruhi oleh kebiasaan baru yakni belanja praktis secara online.

  1. Pasar Tradisional Tetap Ramai

Meskipun perkembangan teknologi dan cara belanja yang makin modern secara online. Akan tetapi hal itu tidak berlaku bagi pasar tradisional. Tidak ada perubahan signifikan terhadap keberadaan toko online pada pasar tradisional. Kondisi ini terjadi karena pasar tradisional menggunakan pembayaran tunai dan masih diperbolehkan untuk menawar harga.

  1. Awasi Penggunaan Kartu Kredit

Pelanggan setia toko online mulai menyadari kebiasaan menggunakan kartu kredit untuk kegiatan belanja. Rasa waspada mulai muncul karena penggunaan kartu kredit adalah sejumlah tagihan yang harus Anda bayar di kemudian hari.

  1. Kegiatan Belanja Online Terbanyak Lewat Smartphone

Aplikasi belanja online semakin digemari berkat keberadaan smartphone yang kian canggih. Anda tentu sangat setuju bahwa berbelanja menggunakan smartphone adalah cara yang paling efektif. Sehingga Anda akan semakin mudah bertransaksi di mana saja dan kapan saja lewat genggaman.

  1. Kejahatan Cyber Merajalela

Kegiatan belanja online berbeda dengan kegiatan belanja di toko konvensional atau toko fisik. Kondisi ini membuat pihak-pihak tidak bertanggung jawab melakukan aneka jenis modus kejahatan. Seperti kasus barang yang tidak pernah dikirim, spesifikasi barang tidak sesuai pesanan sehingga jauh dari ekspektasi. Kemudian yang terakhir adalah  kasus kriminal pembobolan kartu kredit pengguna.

  1. Kecanduan Belanja Online

Belanja online pada aplikasi tertentu membuat sebagian orang tidak bisa mengendalikan diri untuk terus membeli dalam jumlah banyak. Sebenarnya Anda tidak mengetahui mana barang kebutuhan dan keinginan. Dengan demikian jangan heran jika alih-alih diskon tinggi dan harga murah membuat Anda menumpuk banyak barang yang tidak pernah digunakan.

Aplikasi belanja online yang ada di Indonesia sejatinya untuk mempermudah Anda dalam memperoleh aneka kebutuhan. Sehingga Anda jadi hemat waktu dan tenaga untuk memperoleh barang impian. Gunakan promo dan penawaran menarik untuk memperoleh aneka barang kebutuhan secara bijak. Kemudian bisa bergabung menjadi bagian perusahaan sebagai pemilik toko online.

Dony Raditya Saya sekarang bekerja di posisi Digital Marketing. Di posisi ini saya belajar sihir, karena bisa menyihir bisnis kalian supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari dan seluruh sosial media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *