Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Anda Investor Pemula? Berikut Cara Investasi Reksadana Online

1 min read

Anda Investor Pemula Berikut Cara Investasi Reksadana Online

Kemajuan teknologi memudahkan kita untuk melakukan berbagai kegiatan. Tidak terkecuali dengan berinvestasi. Jumlah investor di Indonesia semakin bertambah seiring dengan semakin canggihnya teknologi. Sangat mudah untuk berinvestasi secara online dimana saja dan kapan saja. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak cara investasi reksadana online berikut.

Bagaimana Memulai Investasi Reksadana?

Pahami Reksadana

Bagi anda calon investor, memahami reksadana secara mendalam adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Reksadana merupakan kumpulan dana yang dihimpun oleh manajer investasi dari beberapa investor yang berbentuk portofolio Efek. Biasanya manajer investasi didukung oleh tenaga profesional yang berpengalaman untuk mengurusi permodalan.

Singkatnya, tidak perlu banyak biaya untuk bermodal dengan reksadana, anda hanya perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli reksadana dan manajer investasi yang akan mengelola investasi anda. Saat ini, investasi dengan reksadana sangat mudah dilakukan karena dapat dilakukan secara online dengan minimum pembelian mulai 100 ribu saja.

Tentukan Jangka Waktu Yang Diinginkan

Keuntungan yang akan dihasilkan dari reksadana tidak tergantung pada besar kecilnya pembelian awal, namun cara investasi reksadana online yang baik adalah menentukan jangka waktu yang pas. Sebaiknya anda pilih reksadana berjenis pasar uang untuk investasi kurang dari satu tahun karena proses pencairan uangnya sangat cepat dan sangat mudah.

Namun untuk investasi 1-3 tahun, disarankan untuk anda memilih reksadana berjenis pendapatan tetap. Karena reksadana ini penempatan dananya pada efek hutang atau obligasi memiliki komposisi minimal 80%. Bagi anda yang berminat untuk investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun, anda bisa gunakan reksadana saham agar menguntungkan.

Pilih Platform Reksadana Online

Banyak sekali platform yang menyediakan jasa pembelian reksadana secara online. Meskipun begitu, anda tetap harus memperhatikan keamanannya. Berbagai platform yang menyediakan reksadana online seperti bareksa.com, ipotfund, bukalapak dan tokopedia. Anda bisa mengunduh aplikasi reksadana online atau melalui website platform reksadana.

Pelajari Prospektus Reksadana

Anda Investor Pemula Berikut Cara Investasi Reksadana Online

Cara investasi reksadana online selanjutnya adalah mengetahui cara membaca prospektus reksa dana. Bagi investor pemula, prospektus reksa dana mungkin adalah hal yang asing. Prospektus reksadana adalah semacam buku manual untuk berinvestasi dengan reksadana. Buku ini mencantumkan informasi yang dibutuhkan mengenai reksadana yang anda gunakan.

Dengan prospektus reksa dana, anda dapat mengetahui aturan investasi reksadana mulai dari perizinan, kebijakan investasi, biaya-biaya yang diperlukan, manajer investasi hingga tata cara pembelian dan penjualan reksadana. Investasi reksadana yang palsu tidak akan memiliki prospectus karena platform reksadana yang baik akan melakukan transparansi.

Mulai Investasi Secara Aman

Setelah menentukan platform dan menentukan jangka waktu, anda harus memperhatikan jejak manajer investasi dan jejak keuntungan yang ditampilkan pada reksadana pilihan anda. Pastikan keuntungannya konsisten selama tiga tahun terakhir. Karena reksadana yang jejek keuntungannya tidak konsisten sangat berpotensi menjadikan anda mengalami kerugian.

Reksadana yang aman juga harus dilakukan secara legal dan diakui oleh Negara. Pastikan platform reksadana online yang anda gunakan terdaftar secara resmi dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mengecek legalitas adalah cara investasi reksadana online yang tepat karena merupakan upaya preventif agar anda terhindar dari tindak penipuan.

Demikian beberapa hal yang harus anda lakukan untuk berinvestasi dengan reksadana secara online. Sangat mudah dan menyenangkan bukan? Jangan lupa untuk tetap berhati-hati pada penipuan. Terus update juga mengenai pasar modal untuk meningkatkan pengetahuan anda mengenai investasi. Investor pemula akan disambut dengan hangat dalam dunia investasi.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.