Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

5 Tips Meningkatkan Motivasi Berwirausaha, Pebisnis Wajib Tahu

2 min read

Tips Meningkatkan Motivasi Berwirausaha

Untuk menjadi seorang wirausaha, tentunya tidak cukup hanya dengan bermodalkan niat semata. Diperlukan tekad yang kuat agar Anda tidak berhenti di tengah jalan. Saat ini banyak sekali orang yang ingin menjadi pengusaha, namun sayangnya banyak juga yang berhenti di tengah jalan. Untuk itu, kenali beberapa tips motivasi berwirausaha yang perlu anda ketahui

Cara Meningkatkan Motivasi Untuk Berwirausaha

Tips Meningkatkan Motivasi Berwirausaha

1. Bergabung dengan Komunitas Bisnis

Saat menjalani proses membangun bisnis, adakalanya motivasi menurun. Ini bisa terjadi karena banyak hal, misalnya eksekusi tidak sesuai rencana. Bukan hanya menurunkan motivasi, bahkan bisa saja Anda mengalami stress. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk bergabung dengan komunitas bisnis. Jika tidak ada, minimal Anda berteman dengan orang yang memiliki tujuan sama.

Saat Anda berada di lingkungan yang seperti itu, cukup mudah meningkatkan motivasi berwirausaha dengan melihat teman Anda yang sudah berhasil menjalankan bisnisnya. Dengan begitu Anda akan semangat lagi untuk menjalankan bisnis agar bisa sama dengan teman Anda tersebut. Selain itu Anda juga bisa sharing dengan mereka saat sedang mengalami kesulitan.

Ketika Anda mengalami kesulitan dan dukungan teman di komunitas tersebut akan membantu memberikan saran dan solusi, Anda tidak akan kebingungan lagi dan akan terhindar dari stress. Anda juga tidak akan merasa kehilangan motivasi dan tetap fokus pada eksekusi menyelesaikan masalah.

2. Tetapkan Goals

Setiap pengusaha pasti memiliki tujuan akhir yang berbeda-beda. Begitu juga dengan Anda. Ada yang ingin berwirausaha dengan tujuan materi saja, ada yang bertujuan agar bisa membantu banyak orang, atau bahkan hanya ingin meneruskan usaha orang tua. Semuanya tidak ada yang salah.

Jadi, Anda harus menemukan dulu apa goals yang ingin Anda capai. Jika goals sudah jelas, ini akan meningkatkan motivasi berwirausaha dalam diri Anda. Saat motivasi menurun, Anda akan ingat tujuan yang ingin dicapai. Kalau perlu, tuliskan goals Anda di sebuah notes dan tempelkan di tempat yang sering Anda lihat.

3. Breakdown Tujuan Anda Menjadi Langkah kecil

Di sisi lain, ada satu hal yang bisa menjadi masalah, yaitu ketika Anda sudah menentukan tujuan, tetapi Anda bingung bagaimana memulainya. Untuk mempermudah hal ini, setelah menentukan goals besar, paparkan (breakdown) tujuan tersebut menjadi langkah –langkah kecil yang bisa Anda lakukan, misalnya membaginya menjadi to do list tahunan, bulanan, sampai harian.

Ketika Anda breakdown tujuan menjadi to do list harian, akan memudahkan Anda menjalani hari yang lebih produktif karena Anda sudah tahu, apa yang harus Anda lakukan hari ini, di tanggal sekian. Anda juga akan merasakan kepuasan jika ada to do list yang sudah bisa diselesaikan dan di check list dan tentunya membuat motivasi Anda dalam berwirausaha akan terus meningkat.

4. Membaca Buku & Menonton Video Inspiratif

Biasanya, seseorang pasti memiliki seorang idola yang dijadikan panutan. Begitu juga ketika menjalankan bisnis, Anda memerlukan tokoh panutan yang bisa dijadikan inspirasi. Anda bisa membaca buku atau menonton video yang mereka buat. Dari pengalaman mereka, Anda akan memperoleh banyak gambaran dan perspektif sehingga Anda akan terbantu juga saat mengambil sebuah keputusan

Anda akan mengetahui cerita jatuh bangun yang mereka alami. Dari kisah tersebut, Anda akan mengerti bahwa untuk mencapai sebuah tujuan, terutama membangun bisnis, memang banyak halangan dan cobaan yang harus dilalui. Banyak hal yang juga harus dikorbankan. Dengan begitu, saat motivasi berwirausaha Anda sedang goyah, Anda bisa mengingat bagaimana cara mereka bangkit lagi dari kegagalan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar motivasi Anda untuk menjadi seorang wirausahawan bisa dipupuk terus menerus. Tidak mudah memang mempertahankan motivasi, tapi jika keinginan Anda yang kuat diiringi dengan tips tersebut, bukan tidak mungkin keinginan Anda akan terwujud.

0
Avatar
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *