Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

5 Teknik Funneling untuk Strategi Pengembangan Bisnis Digital Marketing

2 min read

Teknik Funneling untuk Strategi Pengembangan Bisnis

Dalam membangun usaha, tentunya perlu adanya strategi yang penting untuk menjalankan dan meningkatkan mutu atau kualitas dari suatu perusahaan. Teknik Funneling menjadi strategi yang sangat penting untuk pemasaran. Lantas, bagaimana strategi ini dalam digital marketing yang efektif supaya omzet yang kita dapatkan naik? Simak ulasannya di bawah ini!

Tahapan Funneling untuk Bisnis di Era Digital Marketing

1. Tahap Awareness

Di era modern yang mana penjualan lewat platform online menjadi salah satu media yang efektif, tentunya banyak sekali toko online seperti website, social media, hingga platform e-commerce atau marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya. Sebagai pengusaha harus melakukan promoting atau usaha terlebih dahulu kepada calon pembeli.

Usaha edukasi kepada pembeli atau biasa disebut dengan campaign dimaksud untuk mempromosikan agar toko atau perusahaan Anda dikenal oleh khalayak masyarakat. Promosi suatu usaha dalam Teknik Funneling tentunya diperlukan modal, baik itu campaign online yang dilakukan lewat sosial media seperti endorse pada instagram maupun campaign yang sifatnya offline.

2. Tahap Interest

Banyak diantara kita yang pernah mendatangi suatu toko lalu memutuskan untuk tidak membeli barang apapun di toko tersebut lalu akhirnya keluar dari toko. Bisa jadi, orang dengan sikap diatas beranggapan bahwa produk yang dijual kurang menarik, atau mungkin bisa juga karena suasana tokonya yang tidak menarik.

Sama juga di toko online. Untuk meyakinkan serta menarik perhatian pembeli, kita wajib untuk mampu meyakinkan dengan menjelaskan sejumlah kelebihan dari produk tersebut yang berbeda dengan produk lainnya. Selain itu, buat toko pada platform online Anda terlihat menarik dengan sajian konten visual menarik, seperti video tutorial dan desain grafis yang bagus.

3. Tahap Desire

Teknik Funneling untuk Strategi Pengembangan Bisnis

Jika dirasa seorang pelanggan sudah tertarik dengan produk yang sedang Anda jual, langkah selanjutnya yaitu melakukan follow up atau desire atau menindaklanjuti proses pembelian agar pembeli semakin mantap untuk membeli produk tersebut. Lantas, pada proses desire seperti ini, follow up seperti apa yang baik digunakan untuk pelanggan?

Anda bisa menerapkan follow up dalam Teknik Funneling dengan cara menawarkan promo yang menarik, contohnya memberikan potongan harga, atau memberikan pelayanan tertentu seperti gratis ongkos kirim. Testimoni pelanggan juga bisa Anda tambahkan, untuk menambah kepercayaan seller dan keyakinan pembeli untuk melakukan transaksi.

4. Tahap Action

Selanjutnya, apa yang harus dilakukan ketika visitor sudah membeli produk kita? Visitor yang sudah membeli produk kita, statusnya pun akan berubah dari yang mulanya calon pelanggan menjadi pelanggan. Pada tahap ini penting untuk Anda menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan, seperti contohnya menyimpan nomor pelanggan tersebut.

Cara ini cukup efektif, sehingga Anda akan selalu terhubung dengan pelanggan, alih-alih bisa melakukan promosi secara gratis, hanya dengan mengupload suatu postingan produk usaha Anda. Anda juga bisa membuat program berupa giveaway atau promo tertentu bagi pelanggan yang loyal. Program tersebut menjadi salah satu Teknik Funneling untuk meningkatkan ketertarikan.

5. Tahap Evaluasi

Kita tahu sendiri bahwa, setiap usaha atau strategi pemasaran, memiliki tujuan yang harus dicapai. Sehingga, pada akhirnya, kita bisa melakukan evaluasi suatu tujuan kita tersebut, sehingga kita bisa mengetahui hal strategi apa saja yang harus kita tingkatkan kinerjanya. Terdapat beberapa cara untuk mengevaluasi strategi bisnis Anda.

Anda bisa melakukan evaluasi berupa mengukur pertumbuhan audience, lead generation funnel, hingga engagement rate untuk usaha Anda. Dalam mengukur audience misalnya, Anda bisa membandingkan jumlah followers atau pengikut suatu toko online Anda, apakah mengalami kenaikan atau penurunan dari tahun sebelumnya.

Itu tadi tahapan dalam proses funneling yang penting untuk meningkatkan atau mengembangkan suatu bisnis yang sedang Anda geluti saat ini. Tahapan funneling menjadi salah satu proses yang harus Anda pelajari di era digital seperti ini, karena banyak manfaatnya dan caranya pun tidaklah sulit bukan? Yuk, mulai terapkan proses funneling untuk bisnis Anda.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.