Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

5 Poin Penting Saat Membuat Surat Penawaran Harga

2 min read

Poin Penting Saat Membuat Surat Penawaran Harga

Dalam membuat negosiasi masalah produk atau jasa, adakalanya Anda perlu menggunakan penawaran atau quotation. Penawaran biasanya berisi tentang perjanjian atau penawaran antara client dengan produsen. Untuk itu, jangan asal melihat contoh surat penawaran harga di internet. Yuk, perhatikan poin pentingnya berikut ini!

Hal yang Wajib Kamu Cantumkan Saat Membuat Penawaran Harga

1. Deskripsi Suatu Produk atau Jasa

Mencantumkan deskripsi suatu produk atau jasa penting untuk dilakukan setelah menulis nama produk atau jasa. Anda cukup mencantumkan saja keterangan apa saja layanan atau material yang diberikan pada produk atau jasa Anda. Contohnya, jika Anda seorang weeding organizer, berikanlah rincian seperti bagaimana proses layanan desain weeding yang akan diberikan

Konsep apa yang cocok untuk dijadikan referensi, hingga rincian vendor atau fotografer yang cocok yang bisa menjadi referensi client untuk pernikahannya. Jika Anda seorang vendor, buatlah rincian mengenai material apa yang akan Anda gunakan untuk client, bunga seperti apa yang digunakan untuk dekorasi pernikahan.

2. Rincian Harga

Bukan hanya rincian produk atau deskripsi produk saja yang bisa Anda tampilkan dalam membuat contoh surat penawaran harga, akan tetapi juga rincian harga untuk detail seperti yang sudah dijelaskan pada poin diatas. Anda juga bisa menambahkan informasi jika harga yang dicantumkan sudah termasuk tambahan beberapa produk atau jasa yang ditawarkan.

Rincian lain yang mungkin perlu Anda cantumkan yaitu informasi mengenai waktu berlakunya harga dari jasa atau produk yang Anda berikan. Biasanya, para penyedia jasa berhak memberikan informasi bahwa harga yang ditawarkan akan berubah minimal 14 hari ke depan setelah penawaran yang dikeluarkan dengan client.

3. Skema Pembayaran

Informasi mengenai skema pembayaran juga penting untuk dicantumkan pada surat penawaran harga ya. Anda perlu memberikan keterangan soal ketentuan dari pembayaran, yaitu uang muka sera detail rekening bank Anda. Selain itu, Anda juga perlu untuk mencantumkan tanggal maksimal untuk pembayaran yang dicantumkan pada surat penawaran harga.

Biasanya, batas maksimal pembayaran ditetapkan minimal tiga hari setelah pengiriman cotoh surat penawaran harga kepada client yang bersangkutan. Anda juga wajib memberitahukan kepada client apakah harga yang Anda berikan sudah termasuk pajak atau belum, selain itu juga tunjukkanlah proses perhitungannya untuk setiap kebutuhan client.

4. Portofolio dan Detail Kontak

Poin Penting Saat Membuat Surat Penawaran Harga

Mencantumkan nama atau logo bisnis Anda sangatlah penting pada contoh surat penawaran harga. Jangan lupa juga untuk mencantumkan alamat, nomor telepon serta e-mail agar menunjukkan akreditasi yang baik terhadap client. Untuk meyakinkan client, Anda juga bisa menambahkan portofolio berupa dokumentasi hasil kerja yang sudah Anda kerjakan sebelumnya.

Nah, itu tadi merupakan poin dari surat penawaran harga yang harus Anda perhatikan, sebagai langkah untuk memulai penawaran suatu produk atau jasa usahamu bersama dengan client. Ada baiknya, perhatikan sejumlah poin diatas agar client yang menjalin bisnis dengan Anda merasa yakin dan usaha Anda tampak memiliki akreditasi yang bagus.

5. Contoh Membuat Surat Penawaran Harga

Berbicara tentang suatu produk atau jasa yang sudah Anda diskusikan dan negosiasikan bersama client saja mungkin tidaklah cukup. Karena, umumnya terdapat beberapa hal yang membuat harga yang ditawarkan di awal memiliki perbedaan dengan harga akhirnya. Untuk pembuatan penawaran harga bertujuan untuk membuat detail lengkap mengenai kebutuhan client.

Setelah ditulis secara rinci tentang detail kebutuhan dan keinginan client, kemudian, diciptakanlah kesepakatan atau perjanjian harga antara client dan produsen. Biasanya, suatu quotation atau surat penawaran harga diterbitkan sebelum invoice atau penagihan dikeluarkan. Dimana umumnya, penyedia jasa belum melakukan pekerjaan yang diminta oleh client.

Sesaat setelah client telah mengatakan tentang keinginan dan kebutuhan, barulah kamu bisa membuat contoh surat penawaran harga untuk client. Dalam pembuatan surat penawaran harga, Anda bisa mengirimkannya dalam bentuk surat elektronik serta masih bisa untuk direvisi jika dirasa client merasa belum sepakat dengan penawaran harga yang dibuat.

0
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.