Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

3 Tips Jitu Menjadi Supplier Sukses, Pemula Wajib Tahu

1 min read

3 Tips Jitu Menjadi Supplier Sukses, Pemula Wajib Tahu


Di era yang serba mudah dengan akses teknologi yang bisa dilakukan di mana saja, pemasaran produk melalui sosial media pun ikut berjamur di tengah persaingan bisnis yang luar biasa. Mungkin anda juga terlalu salah satu penjual produk secara online dan memanfaatkan kemudahan akses sosial media. Di sini akan dibahas tentang tips jitu dan cara menjadi supplier.


Tips-Tips yang Bisa Dilakukan Agar Menjadi Supplier yang Sukses

1. Membuat Produk Sendiri

Di dalam dunia jual beli online, tentunya anda sudah tidak asing dengan istilah reseller, dropshipper, dan supplier atau vendor. Jika anda sekarang berada di posisi reseller atau dropshipper, maka sudah saatnya bagi anda untuk meningkatkan posisi menjadi supplier. Dengan menjadi seorang supplier, bisnis anda akan bertambah maju dan berkembang, sehingga tidak hanya jalan di tempat.
Seorang supplier tentunya harus memiliki stok barang sendiri dengan jumlah yang banyak. Hal ini berbeda dengan sistem ketika anda masih menjadi reseller atau dropshipper yang menjualkan produk milik orang lain. Kini, anda harus mempunyai produk sendiri untuk dipasarkan ke para reseller, dropshipper, atau anda pasarkan sendiri.
Metode ini adalah cara menjadi supplier, terutama untuk anda yang memiliki keahlian khusus dan menghasilkan. Selain itu, dari segi finansial akan jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan melakukan kerja sama. Namun, anda harus memiliki modal yang besar karena harus menyediakan semua alat dan bahan yang akan digunakan untuk memproduksi barang anda.

2.Bekerja Sama dengan Pabrik Terdekat

Jika anda tidak memiliki keahlian dan modal yang cukup besar, maka bekerja sama dengan pihak ketiga adalah cara yang bisa dilakukan. Agar anda mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari harga pasar, usahakan pihak ketiga ini adalah pabrik yang memproduksi barang, sehingga harga yang anda dapatkan lebih rendah daripada dari distributor atau pedagang.
Bermitra langsung dengan pabriknya merupakan salah satu cara menjadi supplier yang akan menguntungkan anda. Bahkan, banyak internet marketer yang sukses dengan menerapkan cara ini. Namun, cara seperti ini memiliki kekurangan karena hanya bisa dilakukan oleh pihak-pihak tertentu saja yang lokasi tempat tinggalnya dekat dengan pabrik.

3. Mengimpor Produk dengan Harga Murah

Mengimpor produk dari luar negeri dengan harga murah bisa menjadi pilihan anda yang kesulitan untuk menjalankan cara pertama dan kedua. Jika anda merasa tidak memiliki cukup keahlian produksi dan modal yang disediakan terbatas, maka anda bisa mengambil barang dari luar negeri yang harga dan biaya pengirimannya murah.
Anda bisa memilih produk yang unik dan inovatif serta jarang atau bahkan tidak ada di Indonesia. Hal ini akan menjadikan produk anda tidak ada saingan, sehingga keuntungan yang anda peroleh juga lebih tinggi. Selain itu, bagi beberapa orang menggunakan produk dengan brand luar negeri adalah sebuah kesenangan tersendiri, terlebih produk yang dipakai tidak diproduksi di Indonesia.
Kebanyakan produsen di Indonesia memilih untuk memproduksi fashion, sehingga mengimpor produk yang unik dari luar negeri adalah cara menjadi supplier yang sangat berpeluang. Anda dapat berinovasi dengan menurunkan harga jual produk dan menonjolkan keunikan dari produk tersebut, sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk membeli.
Beberapa cara dan tips di atas dapat anda lakukan jika ingin menjadi seorang supplier yang sukses. Anda bisa menyesuaikan dengan keahlian dan modal yang dimiliki. Walaupun dengan modal kecil, anda tetap bisa menjadi supplier yang sukses dengan keuntungan yang berlipat.

0
Avatar
Aleena Mahasiswi yang suka menulis di sela-sela kesibukan kuliah. Suka berbagi tentang manajemen keuangan dan tips bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *